Contoh Warta Bahasa Sunda Pilihan, Paling Lengkap!

By | Oktober 17, 2016

Basasunda.comWarta bahasa sunda atau yang biasa kita kenal dengan berita, merupakan sebuah artikel dengan tajuk berita atau news. Jadi, warta bahasa sunda adalah wacana berupa berita yang menggunakan bahasa sunda. Berikut beberapa hal pokok yang perlu diperhatikan sebelum kita ke materi contoh warta atau berita dalam bahasa sunda ini.

Sebelum menuliskan artikel warta, misalnya kedalam bentuk bahasa sunda sendiri, temen-temen tentunya sudah mengenal beberapa elemen seperti unsur 5W+1H ini.

Ya, memang unsur-unsur ini menjadi rumus standar yang biasanya banyak digunakan ketika kita menulis warta atau berita baik itu dalam bahasa indonesia ataupun bahasa sunda sendiri.

Tips Menulis Warta Berita Dalam Bahasa Sunda

Kumpulan Contoh Warta Atau Berita Bahasa Sunda
warta berita sunda

Berikut penjabaran berdasarkan elemen atau unsur berita 5W+1H yang disebutkan diatas yang berarti (Who, What, When, Where, Why, How) atau Siapa, Apa, Kapan, Di Mana. Sehingga dalam warta ini, kita perlu memperhatikan hal berikut ini:

1# Who atau SIAPA yang terlibat dalam peristiwa tersebut baik itu pelakunya, korban, pemeran, figuran, orang lain, lembaga, organisasi, atau sebagainya.

2# What atau APA yang terjadi, kejadian apa, peristiwa apa, acara apa, dan lain-lain.

3# WHEN atau KAPAN kejadiannya, atau sundanya iraha kajadianana, kapan waktuna. Atau biasa juga ditulis misalnya, Senin (22/4). Dan sebagainya.

4# WHERE atau DI MANA kejadiannya, dimana tempat acaranya, dimana tempatya. Misalnya dapat ditulis juga seperti ini “kejadiannya di depan pasar jln. merdeka” atau “saat di dalam kelas sekolah” dan lain sebagainya.

5# WHY atau KENAPA terjadi demikian, apa penyebabnya, apa latar belakangnya, apa tujuannya, atau mengapa itu dilakukan, dan lain-lain.

6# HOW atau BAGAIMANA proses kejadiannya, apa saja acaranya, siapa saja pembicaranya, dan hal-hal lainya yang terjadi dalam kejadian tersebut.


Di sekolah, yang memuat pelajaran muatan lokal bahasa sunda khususnya dijawa barat, mungkin kita akan menemuinya tugas membuat warta bahasa sunda seperti ini, yakni tugas untuk membuat contoh artikel yang berhubungan dengan berita.

Nah, oleh karena itulah dibawah ini saya sudah siapkan beberapa contoh artikel tentang contoh warta bahasa sunda tersebut, yang sebenarnya sudah di update menjadi beberapa rangkuman berita sunda, agar kamu lebih leluasa dalam memilih warta yang sesuai dengan tema tugas di sekolah.

Untuk mempersingkat waktu, berikut langsung saja disimak contoh warta bahasa sundanya. Silahkan dipilih sesuai dengan judul atau tema berita yang sesuai dengan tema tugas kamu disekolah nantinya.

Contoh Warta Bahasa Sunda

contoh-contoh judul warta berita bahasa sunda

JUDUL WARTA/BERITA:

Label: Warta Berita Sunda

Demikianlah mungkin itu saja contoh warta bahasa sunda atau artikel dengan tajuk berita atau dalam bahasa sundanya. Mudah-mudah dapat bermanfaat sebagai bahan referensi pembelajaran di sekolah. Silahkan di edit atau di ubah sesuai dengan kebutuhan.

Saya rasa cukup banyak Kumpulan contoh artikel tentang warta atau berita bahasa sunda yang sudah saya berikan, dan semoga saja dapat bermanfaat untuk bahan pembelajaran dalam tugas bahasa sunda kamu disekolah. Good luck!

2 thoughts on “Contoh Warta Bahasa Sunda Pilihan, Paling Lengkap!

  1. Anonymous

    It's an awesome paragraph in support of all the internet users; they will get benefit from it I am sure.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *