Dongeng Sunda si Kabayan Jeung Nyi Iteung 10 Judul Cerita!

Dongeng sunda si kabayan – Dalam artikel ini saya akan merangkum beberapa cerita kumpulan dongeng si kabayan beserta juga dengan jeung nyi iteung nya. Hmm.. Kira-kira ada sekitar 10 judul cerita yang sudah dikumpulkan, ini agar memudahkan kamu dalam mencari beberapa referensi judul cerita yang di inginkan nantinya.

Struktur cerita Si Kabayan

Dalam cerita si kabayan umumnya berbentuk sederhana baik dari segi alur, tokoh, maupun setting latarnya. Cerita Si Kabayan termasuk kedalam jenis cerita lucu, cerita humor atau cerita jenaka, sebagai cerita yang menghibur dan mengandung kelucuan, perbandingan atau sindiran.

Dongeng si kabayan mangrupakeun carita jenis parabel.

Struktur pada cerita Si Kabayan

Beberapa cerita dari si kabayan memang merupakan cerita dongeng dengan jenis parabel. Misal contohnya seperti pada dongeng si kabayan ngala nangka, si kabayan tumpak kapal, si kabayan maling kadu, si kabayan ngingu entog, si kabayan dagang kacang, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian Lengkap Tentang Ciri Dan Unsur Dari Cerita Dongeng


Dongen parabel sendiri merupakan dongeng yang isi ceritanya mengandung nilai-nilai pendidikan, atau sebuah cerita pendek sederhana yang mengandung ibarat atau hikmah sebagai pedoman hidup.

Seperti misalnya menggunakan perbandingan atau pengibaratan, dalam dongeng parabel ini biasanya menceritakan orang yang memiliki karakter berbeda (ékséntrik) dengan orang pada umumnya.

“Carita si kabayan kaasup kana dongeng farabel nyaéta nu eusina nyaritakeun lalampahan hiji jalma biasa anu dianggap mahiwal ti batur. Eusi carita dongeng parabel biasana sok pikaseurieun jeung ngandung atikan, picontoeun, atawa pieunteungeun.”

Baca juga: Pengertian Dongeng Dalam Bahasa Sunda

Fungsi Dongeng si Kabayan Sebagai Alat Pendidikan

Fungsi Dongeng si Kabayan sebagai sarana Pendidikan
Fungsi cerita Si Kabayan yang paling menonjol adalah sebagai alat pendidikan dan sebagai hiburan. Bisa dipahami, fungsi pendidikan ini menonjol karena terutama dalam konteks penuturan cerita Si Kabayan selalu dikaitkan dalam situasi pendidikan atau dalam konteks pendidikan.

Selain itu, cerita si Kabayan sering diceritakan oleh guru, ustad, ataupun para orang tua, untuk “mengajarkan” tentang sesuatu. Nah, untuk kepentingan inilah cerita-cerita si Kabayan sering di ceritakan kepada anak-anak.

Fungsi lainnya dari dongeng ini adalah sebagai hiburan. Tidak bisa dipungkiri siapapun yang mendengar ataupun membaca cerita Si Kabayan pasti bisa terhibur. Fungsi hiburan ini sesungguhnya adalah fungsi yang mendasar pada dongeng Si Kabayan.

Asal Dongeng Si Kabayan?

si kabayan

@image source: twiter.com

Tentunya kamu sendiri sudah tidak asing lagi bukan dengan cerita yang satu ini? Ya, memang dongeng si kabayan ini merupakan dongeng yang berasal dari jawa barat, banyak orang yang mengatakan bahwa dongeng si kabayan ini berasal dari daerah banten.

Dalam cerita dongengnya, sosok si kabayan selalu digambarkan dengan karakter yang pintar-pintar tapi bodoh, dan berasal dari suatu kampung atau pedesaan.

Keunikan karakter dari cerita si kabayan berbahasa sunda ini banyak mengalami transformasi saat ini. Teks cerita Si Kabayan yang awalnya hanya sekedar sastra lisan atau tradisi lisan. Akan tetapi, kini sudah mengalami banyak perubahan seperti drama, televisi, dan film layar lebar.

Cerita-cerita lucu yang ada di Indonesia pada umumnya tidak mengalami transformasi sekaya seperti pada cerita si Kabayan ini.


Baca juga: Cerita Lucu Si Kabayan, Sayembara Lomba 17 Agustusan!

Banyaknya cerita si kabayan?

Dahulu para orientalis di zaman kolonial Belanda, sedikitnya sudah mengumpulkan kurang lebih sebanyak 120 buah cerita si kabayan yang ada di jawa barat, bahkan Coster-Wijsman dapat mengumpulkan sedikitnya 80 cerita tentang si kabayan untuk di daerah Banten saja.

Cerita-cerita dongeng si Kabayan rupanya berasal dari berbagai tarekat sufi di Jawa Barat, khususnya daerah Banten. Berbagai nama tokoh muncul dalam cerita-cerita semacam itu, seperti Si Kidul, Si Bapa Leco, Nujum Sengsara, Si Buta Tuli, Bapak Lucung, dan Si Kabayan.

Kumpulan Dongeng Sunda si Kabayan

Dongeng Bahasa Sunda si Kabayan

@webtoon

Nah, berikut ini adalah beberapa kumpulan cerita dongeng si kabayan berbahasa sunda yang sudah saya kumpulkan dari berbagai sumber di internet sebelumnya untuk mempercepat penyebaran informasi, mungkin ada beberapa perbedaan dalam segi cerita antara satu dengan yang lainnya.

Diantaranya berjudul si kabayan ngalamun, si kabayan ngala tutut, si kabayan hitut, si kabayan ngala nangka, si kabayan indit ka kota, si kabayan jadi dukun, si kabayan ngala roay, si kabayan ka puskesmas, si kabayan hayang nyusu, si kabayan gede bohong, si kabayan gede ambek, si kabayan pasea, dan dongeng si kabayan moro uncal.

Daftar Nama Judul:

Kesimpulannya, struktur dari cerita si Kabayan pada umumnya memang berbentuk cerita pendek dan sangat sederhana. Semua peristiwa difokuskan pada apa yang dilakukan, dialami dan diucapkan oleh si Kabayan.

Yang dipentingkan dalam cerita ini adalah makna dan gagasan dibalik peristiwa, perilaku, serta ucapan si Kabayan dan tokoh lainnya. Nah, demikianlah beberapa kumpulan judul cerita dongeng sunda tentang si kabayan jeun nyi iteung yang dapat di tuliskan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *