7+ Jenis Jenis Dongeng Sunda yang Perlu Kamu Ketahui!

Dongeng merupakan cerita tradisional yang bersifat khayalan yang menceritakan tentang suatu peristiwa, sehingga dalam cerita dongeng jarang diketahui nama pengarangnya. Jenis -jenis dongeng sunda sendiri ada beberapa macam, seperti misalnya dongeng fabel, dongeng mite, sasakala dan lain sebagainya.

Cerita dongeng memang sudah menjadi bacaan ataupun cerita yang sering kita dengar dan termasuk kedalam materi pelajaran disekolah, karena didalam cerita dongeng memiliki makna dan pesan moral yang baik bagi pembacanya terutama bagi anak-anak.

Jenis jenis dongeng bahasa sunda

Jenis jenis dongeng sunda

Dibawah ini akan disebutkan beberapa jenis-jenis cerita dongeng dalam bahasa sunda yang sudah ada, dilengkapi beserta dengan contoh-contoh dongeng dan penjelasannya.

Jenis dongeng sunda

    • Dongeng Sasatoan (Fabel).
    • Dongeng Babad (Sage).
    • Dongeng Kahirupan Jalma Biasa (Parabel)
    • Dongeng Mite (Mitos)
    • Dongeng Pieunteungeun
    • Dongeng Pamuk
    • Dongeng Sasakala (Legenda)

1. Dongeng Sasatoan

Dongeng tentang sasatoan atau dalam bahasa indonesia disebut dengan dongeng fabel merupakan dongeng yang isina menceritakan tentang hewan atau binatang yang berplilaku seperti layaknya manusia, seolah dia dapat berbicara, bercerita dan menggunakan fikiran. Contohnya seperti dongeng sakadang kuya, sakadang monyet, dan sebagainya

Baca: Kumpulan 9 Contoh Cerita Dongeng Fabel (Sasatoan) Bahasa Sunda!

2. Dongeng Babad

Dongeng babad sunda atau juga disebut dengan dongeng sage merupakan dongeng yang isinya menceritakan tentang suatu kejadian atau kisah seseorang yang mengandung unsur sejarah, seperti seseorang yang memiliki sikap kepahlawanan, keberanian, atau memiliki kekuatan tertentu. Contohnya seperti dongeng kean santang, prabu siliwangi, sangkuriang, dan lain sebagainya.

Baca: Contoh Cerita Babad Sunda Sejarah Tempat di Jawa Barat

3. Dongeng Parabel

Dongeng parabel adalah dongeng yang isinya menceritakan tentang kehidupan orang biasa, contohnya seperti dongeng-dongeng si kabayan.

“Dongeng parabel nyaeta dongeng nu nyaritakeun kahirupan jalma biasa”

Baca: Contoh Dongeng Parabel Sunda si Kabayan Jeung Nyi Iteung

4. Dongeng Mite

Dongeng mite atau mitos adalah dongeng yang isinya berhubungan dengan kepercayaan masyarakat, dongeng ini isinya menceritakan tentang latar belakang sejarah, hal gaib, roh atau dewa-dewi yang dipercaya memiliki kekuatan. Contohnya seperti Dongeng Nyi Roro Kidul, Dewi Sri dan lain sebagainya.

Baaca: Contoh Dongeng MITE Bahasa Sunda Lengkap!

5. Dongeng Pieunteungeun

Yang dimaksud dengan dongeng pieunteungeun yaitu dongeng yang isi cerita didalamnya terdapat pesan moral atau dalam istilah sunda “aya atikan” yang dapat dijadikan sebagai pesan moral untuk anak, contohnya dongengnya banyak sekali seperti mialnya Sakadang kuda nu ngedul, Dongeng sakadang hayam, dan lain sebagainya.

6. Dongeng Pamuk

Dalam bahasa sunda dongeng pamuk sebenarnya hampir sama seperti halnya dongeng babad, dongeng pamuk ini menceritakan tentang kesaktian atau kegagahan seseorang yang ada hubungannya dengan tokoh atau kejadian dalam sejarah, seperti dongeng prabu siliwangi, Weasan Aki Sayang Hawu, dan sebagainya.

7. Dongeng Sasakala

Dongeng sasakala atau juga disebut dengan dongeng legenda merupakan dongeng yang isinya menceritakan tentang asal muasal kejadian suatu tempat, bahkan ada juga yang berkeyakinan dongeng tersebut benar-benar terjadi. Contohnya dongeng sasakala yang terkenal di jawa barat seperti malin kundang, tangkuban parahu, dan lain sebagainya.

Baaca: Contoh Dongeng Sunda Legenda Sasakala Jawa Barat

Nah mungkin itu saja beberapa jenis jenis dongeng atau rupa rupa dongeng sunda yang biasa digunakan dalam istilah mendongeng di masyarakat sunda yang sudah dilengkapi juga beserta dengan contoh-contohnya. Semoga bermanfaat!

Populer

Flashnews