21+ Kesenian Jawa Barat, Seni Musik, Suara, dan Seni Tari Sunda

Kesenian Jawa Barat – Kesenian sunda merupakan salah satu bagian budaya yang harus terus kita lestarikan keberadaannya. Secara umum, pengertian dari kesenian itu sendiri merupakan sarana yang dapat digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan pada jiwa manusia.

Jawa Barat sendiri merupakan salah satu daérah yang kaya akan budaya kesenian, sumber daya alam, destinasi tempat wisata alam serta jumlah penduduk yang terbanyak di negara kita Indonesia ini.

Tanah Pasundan memiliki aneka macam seni kebudayaan mulai dari adat istiadat sehari-hari seperti kesenian seni musik, suara, tarian, lagu daerah, acara ritual, dan lain sebagainya. Hal ini membuktikan bahwa jawa barat adalah salah satu daérah yang kaya akan budaya dan kesenian daerahnya.

Kesenian Jawa Barat di Tanah Sunda

Kesenian Seni Musik dan Suara dari Jawa Barat

Dari sekian banyak kesenian yang dimiliki oleh jawa barat, berikut dibawah ini ada beberapa kesenian sunda yang akan disebutkan secara singkat diantaranya seperti Seni Musik, Suara, dan Seni Tarian, karena sebenarnya sangat banyak sekali apabila disebutkan semuanya.

Seni Musik dan Suara dari Jawa Barat

A. Alat Musik Angklung

Kesenian alat musik angklung

Angklung merupakan sebuah alat atau dalam bahasa sunda disebut dengan waditra kesenian yang terbuat dari bambu, Alat musik ini pertama kali ditemukan oleh Bapak Daeng Soetigna pada tahun 1938.

Daeng Soetigna beliau adalah bangsawan sunda yang lahir di garut. Ketika awal penggunaannya angklung hanya digunakan sebatas untuk kepentingan kesenian lokal atau tradisional oleh masyarakat sunda.

Baca: Fungsi Angklung di Jawa Barat Berdasarkan 8+ Jenis Jenisnya

B. Degung

Degung adalah salah satu kesenian sunda yang umumnya dimainkan dalam acara hajatan tradisional masyarakat sunda. Kesenian degung ini dimainkan sebagai alat musik pengiring atau pengantar lainnya. Degung adalah gabungan dari peralatan musik khas Jawa Barat lainnya seperti Rebab, Saron, Kempul, Kacapi, Bonang, Gendang, Goong, Suling, dan sebagainya.

Seni Musik Gamelan Sunda atau Degung

encyclopedia.jakarta-tourism.go.id

Degung termasuk ke dalam salah-satu alat kesenian musik yang populer di Jawa Barat, karena iringan musik degung hampir selalu digunakan pada setiap acara pertunjukan seni tradisional dan hajatan terutama masyarakat sunda yang masih menganut adat tradisional.

Degung biasanya dimainkan dan di iringi oleh seorang penyanyi yang membawakan tembang-tembang Sunda dengan nada dan alunan khas yang disebut dengan Sinden. Tidak semua orang bisa menyanyikan tembang sunda yang dibawakan oleh Sinden sebab nada dan ritmenya yang cukup sulit untuk ditiru.

Baca juga: 40+ Contoh Kawih Sunda Modern (Wanda Anyar) dan Klasik

C. Réngkong


Rengkong merupakan kesenian tradisional sunda yang diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat Sunda. Keberadaabnya sekitaran pada tahun 1964, tepatnya di daerah Kabupaten Cianjur.

Réngkong pertama kali dikenalkan sekaligus dipopulerkan oleh bapak H. Sopjan. Bentuk dari kesenian sunda rengkong ini sudah diambil dari tata cara orang sunda terdahulu ketika mereka akan menanam padi hingga sampai dengan memanennya.

D. Alat Musik Rampak Gendang

Rampak Gendang adalah alat kesenian khas sunda yang dimainkan dengan cara ditabuh secara bersama-sama dengan menggunakan irama atau nada tertentu, serta menggunakan tekhnik dengan cara-cara tertentu untuk memainkannya.

Rampak gendang secara umum dimainkan oleh lebih dari 4 orang yang sudah memiliki keahlian yang khusus dalam menabuh atau memainkan gendang. Rampak gendang biasanya dimainkan oleh masyarakat sunda saat ada acara besar atau acara ritual.

E. Kacapi Suling

@Cianjur Bersemi – WordPress.com

Kacapi Suling merupakan kesenian khas dari daerah Jawa Barat, kecapi suling termasuk kedalam salah satu permainan musik tradisional yang memadukan alunan suara dari suara Suling dengan Kacapi, irama yang dihasilkan sangatlah merdu.

Iringan suara ini umumnya di iringi pula dengan lagu-lagu atau tembang Sunda yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi perempuan, dalam bahasa sunda disebut Sinden yang memiliki suara atau cengkok suara yang khas.

F. Calung

@Portal jabar

Calung merupakan alat musik khas masyarakat Sunda yang merupakan purwarupa dari angklung. Cara memainkan alat musik tradisional calung yaitu dengan cara memukul batang (wilahan) pada ruas-ruas bambu tersebut yang tersusun menurut tangga nadapentatonik.

Alat musik calung umumnya terbuat dari jenis bambu hitam atau dalam bahasa sundanya awi wulung. Calung biasa dimainkan dalam seni pertunjukan masyarakat sunda, beberapa jenis calung yang terkenal adalah seperti calung jinjing dancalung rantay.

Baca juga: Ciri Ciri Lagu Daerah atau Musik Tradisional dan Pengertiannya

Kesenian Tarian dari Jawa Barat

Kesenian jawa barat sunda

A. Kesenian Kuda Renggong


Kuda Renggong adalah salah satu jenis ke senian yang biasanya banyak ditemui di daerah Karawang, Kabupaten Sumedang, dan Majalengka. Kuda renggong mirip dengan sisingaan.

Cara memainkannya yaitu dengan cara seekor kuda atau lebih dihias warna-warni, setelah itu ada seorang anak yang akan disunat yang akan dinaikkan ke atas punggung kuda tersebut seperti seorang Raja atau Satria.

Baca juga: 30+ Adat Istiadat Sunda Ciri Khas Rupa-Rupa Tradisi di Pilemburan

B. Tari Jaipong

Tari Jaipongan adalah salah satu seni budaya yang sudah terkenal di jawa barat. Tari Jaipongan pun sudah semakin modern, karena sudah di modifikasi atau dikembangkan dari tari tradisional khas Sunda seperti dari Ketuk Tilu dan sebagainya.

Jaipongan sering dipentaskan dalam acara-acara-acara hiburan, seperti selamatan atau pesta pernikahan adat sunda. Tari Jaipong dibawakan menggunakan iringan musik seperti Degung.

Degung ini merupakan rangkaian beragam alat musik seperti Go’ong, Kendang, Saron, Kacapi, dan lain-lain. Degung diibaratkan seperti ‘Orkestra’ apabila dalam musik Eropa atau Amerika.

Baca juga: Pengertian Karawitan Fungsi dan Contoh Alat Musiknya

Ciri khas tarian yang satu ini adalah pada alunan musiknya yang menghentak, yaitu suara kendang yang terdengar sangat mendominasi ketika sedang mengiringi tarian dari jaipongan ini. Jaipongan dapat dibawakan baik itu oleh satu orang, berpasangan ataupun berkelompok.

C. Tari Ketuk tilu

Ketuk Tilu merupakan seni tarian dan hiburan yang biasanya dibawakan dalam acara perkawinan, acara hiburan penutup kegiatan oleh masyarakat sunda di jawa barat.

Kesenian dari tarian ini tidak di kaitakan dengan adat tertentu atau upacara yang sakral, akan tetapi dibawakan sebagai pertunjukan hiburan. Sehingga tari Ketuk Tilu ini banyak diminati oleh masyarakat sunda, terutama di desa-desa yang jarang ada kegiatan hiburan.

D. Kesenian Tarian Merak

Tari merak merupakan salah satu tradisi tarian dari masyarakat sunda, tarian merak ini menggambarkan mencerminkan seolah burung-burung merak yang sedang menari dengan gembira, tarian merak ini biasanya dibawakan oleh penari wanita.

E. Kesenian Tari Topeng

Kesenian tarian topeng dapat dibawakan oleh sekelompok penari wanita ataupun pria dengan cara menggenakan topeng diwajahnya. Tari topeng biasanya dibawakan untuk menyambut tamu yang datang berkunjung, dan sebagai pementasan dalam acara-acara seperti pernikahan, khitanan, dan lain sebagainya.

F. Kesenian Kuda Lumping

Kuda Lumping adalah kesenian sunda yang sedikit lebih berbeda dari kesenian pada umumnya, karena dalam pertunjukan kuda lumping ini para permainan biasanya akan mengundang roh halus sehingga orang yang menunggangi kuda tersebut seolah sedang kesurupan.

Keanehan lainya dari kesenian yang satu ini adalah orang yang memainkannya akan mampu memakan kaca dan rumput. Selain itu juga, penunggang kuda tersebut akan dicambuk-cambuk seperti halnya menyambuk kuda. Dalam pertunjukannya, Biasanya dalam kesenian kuda lumping ini akan dipimpin oleh seorang pawang.

G. Reog
Kesenian Reog sunda jawa barat
Kesenian Reog pada dasarnya ditampilkan dengan canda tawa hiburan (Bodoran), dalam kesenian reog juga diiringi dengan alunan musik tradisional seperti misalnya Calung, kendang, dan sebagainya.

Kesenian Reog ini dimainkan oleh beberapa orang pria maupun wanita yang mempunyai kemampuan dalam melawak di depan umum dengan membawakan cerita-cerita lucu atau lelucon dalam bahasa sunda.

Kesenian Reog ini ditampilkan

H. Tari Wayang

disparbud.jabarprov.go.id

Tari wayang termasuk kedalam salah satu kelompok atawa genre tarian Sunda yang dilatar belakangi oleh Cerita wayang. Tari wayang adalah tarian yang mengambil dasar gerak intipada penokohan wayang, dalam tarian wayang ini biasanya menggambarkan penokohan dan jabatan cerita wayang.

I. Ibing Pencak Silat dan Tari Pencak Silat

Dalam pertunjukan Ibing Pencak Silat terdapat unsur keindahan gerak silat yang ada di dalamnya serta mempunyai tujuan akhir yaitu menjatuhkan lawan, sehingga dalam pertunjukan ibing pencak silat ini unsur beladirinya lebih menonjol.

Sedangkan pada tarian pencak silat adalah kesenian yang lebih ditekankan kepada unsur dari keindahannya gerakan silat saja seperti tari-tarian yang sering kita lihat.

J. Kesenian Mamaos

Tembang Sunda Cianjuran Mamaos

Kesenian Mamaos dapat dilakukan baik oleh para pria ataupun wanita. Mamaos berasal dari bebetapa macam seni suara Sunda seperti degung, beluk, pantun dan tembang. Kesenian Mamaos sendiri terbentuk pada masa pemerintahan Bupati Cianjur pada tahun 1834-1864 bernama R.A.A Kusumaningrat.

Kesenian dari Jawa Barat Lainnya

Diantara sekian banyak kebudayaan yang dimiliki jawa barat, dibawah ini beberapa kebudayaan lainya yang populer, yang akan dibahas menggunakan bahasa sunda :

Artikel terkait: Kumpulan Contoh Artikel Bahasa Sunda Tentang Kesenian Pilihan!

Penutup:

Sebagai orang sunda tentunya kita merasa bangga dengan kesenian dan kebudayaan sunda yang beraneka ragam yang di antaranya seperti seni tari jaipong, wayang golek, bahkan seni dalam permainan anak-anaknya seperti perepet jengkol, enggrang dan lain sebagainya.

Baca juga: Kaulinan Barudak Sunda Beserta Fungsi dan Manfaatnya

Selain itupula budaya sunda kaya dengan alat musik tradisional khasnya seperti kecapi, suling, angklung, calung dan goong, semua itu tentunya yang harus terus dilestarikan bersama-sama, dan jangan sampai terkalahkan dengan seni kebudayaan luar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *