Contoh Cerita Babad sunda Adalah salah satu jenis cerita yang isinya mengandung unsur sejarah, biasanya cerita ini berhubungan dengan suatu tempat yang dipercayai oleh masyarakat di jawa barat memiliki sebuah sejarah pada jaman dahulunya.
Naon ari carita babad téh? “Carita Babad nyaéta carita nu aya patalina jeung hiji petempatan nu dipercaya ku masyarakat ngarupakeun sajarah”.
Baca juga: Kumpulan Dongeng Sunda Legenda Sasakala Jawa Barat
Cerita babad adalah bentuk cerita yang mengandung nilai sejarah atau sebuah cerita yang kental sekali hubungannya dengan sejarah. Dalam pustaka budaya sunda sendiri sebenarnya dulu tidak ada istilah dari kata babad, hanya disebut sebagai cerita sejarah saja misalnya carita Parahiyangan, carita Ratu Pakuan dan sebagainya, istilah babad ini berasal dari daerah jawa.
Isi dalam Cerita Babad
Isi cerita babad umumnya berupa cerita yang ada hubungannya dengan suatu tempat-tempat serta dipercaya sebagai sejarah. Kebanyakan cerita babad ditulis dalam bentuk wawacan beberapa contohnya misalnya seperti pada contoh cerita Babad Banten, Babad Cerbon, Babad Galuh, Babad Pajajaran, dan lain sebagainya.
Carita babad termasuk kedalam salah satu bentuk dari cerita dongeng atau karya sastra dalam bentuk prosa lama atau lancaran. Seperti yang kita ketahui, bahwa ada beberapa jenis dongeng yang diantaranya adalah dongeng fabel, parabel, mite, legenda dan juga dongeng babad atau sage.
Ciri Ciri Cerita Babad
Cerita babad biasanya menceritakan mengenai suatu tempat yang memiki sejarah, atau tentang peperangan dijaman dahulu, tentang kepahlawanan, keberanian, kesaktian, keajaiban seseorang dan tentang orang yang tersohor yang legendaris. Di dalam isi cerita babad atau sage ini juga biasanya panjang tapi banyak juga yang ceritanya pendek.
Baca juga: Contoh Carita Wawacan Bahasa Sunda dan Unsur Instrinsik Panji Wulung
Unsur Cerita Babad
Apasaja yang struktur yang ada dalam cerita babad itu? Nah, unsur yang ada dalam cerita babad sendiri umumnya memiliki unsur seperti di bawah ini:
- Jejer (Ide pokok carita)
- Latar (Tempat, Waktu, jeung suasana dina carita)
- Galur (Galur atawa alur carita)
- Galur maju (Merélé)
- Galur mundur
- Galur maju – mundur
- Amanat atawa pesan dina carita
- Tokoh atawa palaku
Naskah pada cerita babad pada umumnya biasanya sangat panjang sekali bisa ditulis sampai beberapa halaman bahkan hingga ratusan, untuk itu perlu sekali untuk diringkas supaya lebih mudah memahami isi ceritanya. Cerita babad sunda yang ada di jawa barat memang jumlahnya terbilang banyak.
Baca Juga : Situs Komunitas Ngontel dan Update Harga Sepeda
Bahkan bisa terdapat puluhan judul cerita dalam satu tempatbahkan bisa lebih, ada yang mudah di temukan dan ada juga yang sulit. Nah, dibawah ini adalah beberapa contoh cerita babad sunda pendek yang menceritakan bebepa sejarah tempat-tempat dijawa barat.
Conto Teks Babad Sunda:
Babad Limbangan Dina Basa Sunda
Fakta:
Dijaman baheula, kacaturkeun Karajaan Pajajaran, rajana Prabu Siliwangi. Ieu raja téh kongas kagagahanana. Anjeunna boga pangiring nu kacida satiana, katelahna Aki Haruman. Unggal poé, Aki Haruman ku Prabu Siliwangi sok diparéntahkeun pikeun moro maké sumpit atawa jamparing.
Hiji poé, Aki Haruman indit ka belah wétan pikeun moro. Tapi nepi ka panon poé manceran téh manéhna tacan beubeunangan baé, sanajan geus turun unggah gunung. Sato héwan siga tilem, teu kapanggih sahulu-hulu acan.
Jog, Aki Haruman nepi ka puncak hiji gunung. Ti dinya katempo ku manéhna aya cahya nu moncorong ti sisi Walungan Cipancar. Puguh baé anjeunna hémengeun. Barang disampeurkeun, singhoréng éta cahya téh kaluar ti awak hiji putri nu keur mandi. Barang ditanya, éta putri ngaku anakna Sunan Rumenggong, nu ngawasa di wéwéngkon Limbangan.
Patepungna Aki Haruman jeung putri ti Limbangan éta téh ditepikeun ka Prabu Siliwangi. Dumasar kana éta kajadian, gunung tempat Aki Haruman ningali putri nu moncorong cahyaan éta téh dingaranan Gunung Haruman.
Barang ngadéngé carita ti Aki Haruman, dina haté Prabu Siliwangi bet jorojoy aya niat pikeun mileuleuheungkeun éta putri keur pipamajikanna. Enya gé teu kungsi patepung, tapi Prabu Siliwangi geus bisa nyipta-nyiptakeun kumaha kageulisan éta putri.
Keur ngalaksanakeun niatna, Prabu Siliwangi ngutus Gajah Manggala jeung Arya Gajah, dua-nana gé pangagung ti Pajajaran, pikeun ngalamar putri ti Limbangan éta. Inditna dibarengan ku Aki Haruman jeung para pangiring anu samagréng ku pakarang. Prabu Siliwangi ngawawadian yén éta utusan téh teu meunang balik deui saméméh hasil ngalamar Nyi Putri.
Teu kacaturkeun di jalanna. Sanepina ka hareupeun Sunan Rumenggong Gajah Manggala nepikeun maksudna, yén manéhna diutus ku Prabu Siliwangi pikeun ngalamar putri Limbangan. Ku Sunan Rumenggong éta kahayang Prabu Siliwangi téh ditepikeun deui ka Nyi Putri.
Barang nguping pamaksudan utusan Prabu Siliwangi, Nyi Putri téh katingal henteu bérag. Pokna, “Ama, hapunten anu kasuhun, abdi teu tiasa nampi panglamar ti Prabu Siliwangi.” Sunan Rumenggong teu kurang-kurang kagétna. Pokna, “Naha?” “Ama nyalira uninga, apan Sang Prabu téh tos kagungan istri langkung ti 100 jalmi…” Saur nyi Putri.
Sanajan dipapaksa ku ramana, carékna embung dikawin téh keukeuh embung. Ari utusan tetep pageuh nyekel timbalan Prabu Siliwangi yén maranéhna kudu hasil ngalamar Nyi Putri. Tungtungna, ku habén dipapaksa, Nyi Putri téh ngaleungit, leungit tanpa karana.
Bur-ber ditétéangan ogé weléh teu kapanggih, ngan seungitna baé nu ka angseu ngahiliwir. Tempat Nyi Putri ka angseu seungitna téh katelah “Lembur Buni Wangi”.
Sunan Rumenggong henteu cicing baé, bur-ber néangan putrina anu ngaleungit téa. Ber ka hilir, ber ka girang, ngalér ngidul ngétan ngulon. Lantaran nempo kolotna sakitu susahna, Nyi Putri ahirna némbongan deui di hiji imah anu nyempil. Manéhna teu tégaeun ningali kolot dirungrum ku kabingung jeung kanalangsa anu pohara. Lembur tempat Nyi Putri némbongan di imah anu nyempil téh dingaranan “Kampung Sempil”.
Ku Sunan Rumenggong Nyi Putri dipapatahan sangkan daék dikawin ku Prabu Siliwangi, sabab lamun henteu, bakal terus dipapaksa. Bari ngagelendut putrina, Sunan Rumenggong ogé nepikeun naséhat, “Aya lima jalma nu ku urang wajib dihormat jeung dijungjung, nyaéta guru, raja, kolot, mitoha, jeung lanceuk nu cikal.” Lian ti éta hungkul, Sunan Rumenggong ogé nepikeun harepanana, sugan baé jadi anak-anak Nyi Putri téh jadi turunan raja.
Ahirna, Nyi Putri daék dikawin ku Prabu Siliwangi. Sapuluh taun ti harita, Nyi Putri dipaparinan dua putra pameget, nyaéta Basudéwa jeung Liman Sanjaya. Éta dua putrana ti Prabu Siliwangi téh dibawa ka Limbangan ku Sunan Rumenggong sarta tuluy dijenengkeun jadi prabu di dua tempat anu béda, luyu jeung amanat Prabu Siliwangi.
Prabu Basudéwa ngawasa di wéwéngkon Limbangan, sarta Prabu Liman Sanjaya ngawasa di wéwéngkon Dayeuh Luhur di kiduleun-nana.
Versi Bahasa Indonesia
Ringkasan cerita
Dijaman dahulu Prabu Siliwangi sebagai Raja Pajajaran, mempunyai seorang pengawal setia yang bernama Aki Haruman. Setiap hari Aki Haruman diberi tugas berburu binatang dengan menggunakan alat sumpit (panah) dan busur.
Pada suatu hari, Aki Haruman pergi berburu ke arah timur. Sampai tengah hari ia belum juga mendapatkan hasil buruan, padahal sudah banyak bukit dan gunung yang dia daki.
Sesampainya di puncak salah satu gunung, ia melihat sesuatu yang bersinar disebelah utara di Sungai Cipancar. Ternyata sinar itu keluar dari badan seorang putri yang sedang mandi, yang mengaku putra Sunan Rumenggong, penguasa di daerah Limbangan.
Peristiwa pertemuan dengan Nyi Putri dari Limbangan tersebut diceritakan oleh Aki Haruman kepada Prabu Siliwangi. Berdasarkan peristiwa tersebut, Prabu Siliwangi menamai gunung itu dengan nama Gunung Haruman. Kemudian, Prabu Siliwangi bermaksud memperistri putri dari Limbangan tersebut.
Ia mengutus Gajah Manggala dan Arya Gajah (keduanya pembesar Pajajaran). Beserta Aki Haruman serta sejumlah pengiring bersenjata lengkap untuk meminang sang putri, dengan pesan lamaran itu harus berhasil dan jangan kembali sebelum berhasil.
Gajah Manggala menyampaikan lamaran dari Raja Pajajaran kepada Sunan Rumenggong secara lisan dan tertulis untuk meminang putrinya. Lamaran itu pun disampaikan kepada putrinya, akan tetapi Nyi Putri menolaknya dengan alasan bahwa Prabu Siliwangi sudag mempunyai istri lebih dari 100 orang.
Nyi Putri kemudian menghilang begitu saja dari pandangan manusia. Meskipun sudah dicari kemana-mana, tetapi tidak seorangpun yang mampu menemukannya, hanya bau harum saja yang tercium. Karena peristiwa itu, timbul nama sebuah kampung yang bernama Buniwangi.
Pencarian Nyi Putri kemudian dilanjutkan ke berbagai tempat. Di sebuah kampung, Nyi Putri memperlihatkan diri kepada orang tuanya, karena tak sampai hati orang tuanya menanggung kesedihan yang tiada terkira. Ia menampakan diri di sebuah rumah sempit dan kecil, sehingga dinamailah Kampung Sempil.
Nyi Putri diberi nasehat oleh ayahnya agar mau menerima kehendak Raja Pajajaran, sebab kalau tidak ia akan memaksanya. Guna memperkuat nasihatnya itu, dikatakan pula ada lima pihak yang wajib dijunjung tinggi, yaitu guru, raja, orang tua, mertua, dan saudara kandung yang sulung.
Pernikahan dengan Raja Pajajaran tersebutpun diharapkan oleh orang tuanya dapat melahirkan keturunan raja. Akhirnya, Nyi Putri bersedia menerima lamaran Prabu Siliwangi.
Selang 10 tahun lamanya, Nyi Putri mempunyai dua orang putra dari Raja Pajajaran, yang bernama Basudewa dan Liman Sanjaya. Kedua anak tersebut dibawa ke Limbangan oleh Sunan Rumenggong, dan kemudian dijadikan sebagai prabu disana sesuai dengan amanat Raja Pajajaran di dua tempat yang berbeda.
Basudewa menjadi penguasa Limbangan dengan gelar Prabu Basudewa sedangkan Liman Sanjaya menguasai daerah Dayeuh luhur disebelah selatan dengan gelar Prabu Liman Sanjaya.
Amanat:
“Aya lima jalma nu ku urang wajib dihormat jeung dijungjung luhur nyaéta guru, raja, kolot, mitoha, jeung lanceuk nu cikal.”
Penutup:
Dina artikel nu ngeunaan kana Babad Limbangan diluhur, mudah-mudahan bisa dijadikeun salaku kagiatan diajar mengajar ngeunaan kana carita sajarah atawa babad sunda boh tina nganalisis isi, struktur, unsur teks babad jeung memperhatikeun unsur kabahasaan-nana.
Kumpulan Contoh Cerita Babad Sunda
Dibawah ini adalah beberapa contoh-contoh cerita babad yang ditulis dalam basa sunda yang sudah berhasil dikumpulkan, Silahkan pilih judul cerita yang di inginkan dibawah ini.
Babad Sumedang Bahasa Sunda dan Unsur Intrisiknya
Pohon hanjuang yang berada di Kutamaya (Sekarang jadi Desa Padasuka) Kacamatan Sumedang utara merpakan lambang dari kerajaan sumedang larang. Eyang jaya Perkosa Menjadi Senopati terakhir setelah berhasil Mahkota kerajaan.
MAJA KIDUL DALEM SUKAHURANG Babad Cirebon, Jawa Barat
Dulu sekitar abad ke-16 M di Wilayah Maja Kidul, ada sebuah desa di dekat sungai Cilongkrang. Saat ini, sungai Cilongkrang menjadi tempat wisata dan berkumpulnya orang banyak, karena selain airnya yang jernih dan bersih, juga terkenal dengan banyak ikannya, seperti ikan mujair, tawes, dan ikan lainnya yang paling melimpah.
Cerita Cadas Pangeran dan Prabu Kéan Santang
Kisah Babad Cadas Pangeran menceritakan tentang Peristiwa yang terjadi di Kabupaten Sumedang tepatnya pada saat berlangsungnya pembangunan Jalan Raya Pos Deandels. Cerita ini menceritakan tentang perlawanan simbolik dari pemimpin Kabupaten Sumedang Kusumadinata IX atau yang terkenal dengan sebutan Pangeran Kornel. Sedangkan pada Babad Kean santang menceritakan putra Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran.
Dahulu banyak orang-orang tua yang mulai melakukan pembukaan hutan, misalnya R. Indradiredja yang bergelar R. Adipati Wiranatakusumah, Dalem Bandung yang memimpin Kabupaten Bandung dari tahun 1794 sampai 1829.
Ringkasan Carita di Kabupaten Jeung Kota Tasikmalaya Pendek
Pada abad ke-8 hingga abad ke-12, di Tasikmalaya terdapat pemerintahan dalam bentuk Kabataraan, pusat pemerintahan ini di Tawang atau Galunggung. Yang menjadi batara pada waktu itu adalah Sang Batara Sempak Waja, Batara Kuncung Putih, Batara Kawindu, Wastu Hayu, Hyang Ratu Galunggung.
Kalau Aki dan Nini Gedé yang berperan dalam “Sejarah Cijulang”, kakak tertuanya adalah Jang Langas, orang Kedung randu, sekarang tempat itu masih ada, yang kini menjadi nama sebuah desa di Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas.
Sebelum tahun 1740, Cipanas merupakan Cantilan dari kota Cigadung. Cipanas yang merupakan Cantilan dari Cigadung memiliki keinginan untuk mengatur pemerintahannya sendiri. Pasalnya, pengetahuan yang dimiliki oleh tokoh masyarakat di kota Cigadung sama dengan yang dimiliki di daerah Cantilan.
Penutup:
Nah, itulah beberapa cerita dari beberapa tempat dan tokoh yang dipercayai masyarakat sunda sebagai sejarah babad yang dapat dituliskan, dan sekilas materi mengenai carita babad tentang ciri-ciri, unsur cerita, dan juga beberapa contoh cerita babad sunda yang ada di jawa barat.
Sebenarnya banyak sekali contoh cerita babad yang ada di jawa barat, namun tidak mungkin dituliskan semuanya, jadi ini hanya beberapa saja sebagai contoh, mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan artikel diatas, semoga bermanfaat.