150+ Contoh Kalimat Bahasa Sunda dan Artinya Lengkap!

Contoh Kalimat Bahasa Sunda

Jika menurut bentuknya, kalimat bahasa Sunda itu bisa dibedakan atas kalimat tunggal atau kalimah asal atau salancar dan kalimah majemuk atau kalimat ngantet. Kalimat tunggal sendiri dapat dibedakan atas kalimat sederhana atau kalimah basajan dan kalimah jembar.

Dalam membuat kalimat bahasa sunda, sebenarnya dalam penggunaan strukturnya sama saja dengan bahasa Indonesia, baik itu dalam kalimat aktif, fasif, perintah, maupun dalam kalimat pertanyaan. Namun yang membedakan hanyalah penggunaan ragam bahasa saja, sebab dalam bahasa sunda ada penggunakan tatakrama yaitu bahasa halus dan loma.

Contoh Kalimat Aktif, Pasif, Tanya, dan Perintah Dalam Bahasa Sunda
Contoh Kalimat Bahasa Sunda
Contoh Kalimat Aktif, Pasif, Tanya, dan Perintah Dalam Bahasa Sunda

Contohnya, untuk membuat kalimat aktif dalam bahasa sunda kita memerlukan sebuah Subjek, Predikat, dan Objek serta bisa juga ditambahkan dengan Keterangan waktu dan tempat (Atau disingkat: S+P+O). Begitupula dengan membuat kalimat lainnya, seperti kalimat pasif, kalimat tanya atau pertanyaan, dan kalimat perintah. Berikut dibawah ini adalah contoh dalam penerapannya.

Baca juga: Kumpulan contoh kalimat tanya dalam bahasa sunda

+ Kalimat Aktif:

Udin keur maca koran di jero imahna (Udin sedang membaca koran di dalam rumahnya)

Kalimat Pasif

Koran keur dibaca ku si Udin di jero imahna (Koran sedang dibaca oleh si Udin di dalam rumahnya)

Kalimat Pertanyaan

Saha nu keur maca koran di jero imahna tèh? (Siapa yang sedang membaca koran di dalam rumahnya itu?)

Kalimat Perintah

Udin, baca yeuh Koran ieu ! (Udin baca koran ini!)

Nah, seperti itulah jika dibuat dalam beberapa jenis kalimat. Namun, di artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan tentang cara membuat berbagai jenis atau struktur dalam penggunaan kalimat basa sunda tersebut. Di artikel ini hanya akan dituliskan beberapa contoh-contoh kalimat dalam bahasa sunda beserta dengan artinya saja, baik itu kalimat ragam bahasa halus maupun dalam bahasa loma untuk dijadikan sebagai bahan referensi tugas.

Baca juga: Contoh Kalimah Parentah Lengkap Jeung Jenis-Jenisna

Contoh Kalimat Bahasa Sunda dan Artinya

Kumpulan Contoh Kalimat Bahasa Sunda dan Artinya
Kalimat Bahasa Sunda

Contoh Kalimat:

1. Barudak garetol diajar disakola (Anak-anak giat belajar disekolah)
2. Udin resep pisan kana mancing di kulah (Udin senang sekali memancing di kolam)
3. Mang Asep keur ngala daun hui di kebon (Mang Asep sedang mengambil daun singkong di kebun)
4. Ceu Ijah nuju masak di dapur (Bu ijah sedang memasak di dapur)
5. Abdi nuju neda di bumi (Aku sedang makan di rumah)
6. Sepatu si Andi warnana hideung (Sepatu si Andi warnanya hitam)
7. Baju abdi nuju di seuseuh (Baju ku sedang di cuci)
8. Bu’uk aki abdi seueur huisan (Rambut kakek ku banyak huisnya)
9. Buku keur dibaca ku Rina di jero kelas (Buku sedang di baca oleh rina di dalam kelas)
10. Bapa nuju damel di jakarta (Ayah sedang bekerja dijakarta)
11. Ua teh dipangjualkeun sawahna ku Ardi (Ua sawahnya dijualkan oleh Ardi)
12. Sardi mangmeulikeun buku keur adina – (Sardi membelikan adiknya buku)
13. Barudak mangmeulikeun papakean keur Emang (Anak-anak membelikan Paman pakaian)
14. Hayam diparaban ku kuring (Ayam diberi makan oleh saya)
15. Kemana wae atuh tara kapanggih – Kemana saja tidak ketemu
16. Toto digegel ucing (Toto digigit kucing)
17. Manehna ngajul gedang (Dia menjolok pepaya)
18. Ulah paraséa didieu – jangan berkelahi di sini
19. Abdi keur teu damang – saya sedang sakit
20. Ceu Wati Keur dangdan – (Ibu Wati sedang berdandan)
21. Bapa tani meiak sampeu – (Pak tani menanam ketela)
22. Eta hayam paraban Karunya – itu ayam beri makan kasihan
23. Bapa abdi bageur – Ayah saya baik
24. Hayam ker Kongkorongok – (Ayam sedang berkokok)
25. Maneh mah beuki heureuy – Kamu suka bercanda
26. Ulah lila teuing atuh – Jangan lama-lama dong
27. Maneh mah ngabohong wae – Kamu bohong saja
28. Lanceuk urang éta lalaki – Kakak saya itu laki-laki
29. Tong tarik teuing atuh mun ngomong – Jangan terlalu kencang kalau berbicara
30. Abdi hayang nginum – Saya mau minum
31. Sorangan wae mangkatna – Sendiri saja berangkatnya
32. Bapa ti peuting keneh can balik – Bapa dari malam belum pulang
33. Nini tos lami pupus – Nenek sudah lama meninggal
34. Geura mangkat ka sakola – Cepat berangkat ke sekolah
35. Abdi teu gaduh acis – Aku tidak punya uang
36. Ema keur nuju beberesih – Ibu sedang bersih-bersih
37. Manehna tara mandi – Dia jarang mandi
38. Teu kadenge (kadangu”halus”) ulah laun teuing – Tidak kedengaran jangan pelan-pelan
39. Abdi bogoh kasalira – Saya suka kamu
40. Ulah loba gaya bisi dicabok – Jangan banyak gaya nanti gue pukul
41. Eta baju tilepan – Itu bajunya rapihin (lipatin)
42. Ulah kadieu ngebul – jangan kesini, berdebu
43. Kin antosan sakedap deui – Tar tungguin sebentar lagi
44. Meuli (meser”halus”) sangu timana – Beli nasi dimana
45. Mani keueung peuting tadi – Malam tadi begitu sunyi (takut)
46. Abdi sieun ku dosa – Saya takut sama dosa
47. Keur ngorong – Lagi Ngupil
48. Maen bola jeung si eta mah di tengkasan wae – Main bola sama dia tuh di sleding melulu
49. Ulin (ameng”halus”) atuh tong cicing wae – Main dong jangan diam terus
50. Arateul awak – Badanku gatal
51. Kamari kamana teu katempo – kemarin ke mana tidak terlihat
52. Alit keneh Abdi mah – aku masih kecil
53. Guera seuseuh geus kalotor – Cepat cuci sudah pada kotor
54. Beungeut maneh jiga jurig – Muka kamu kaya hantu
55. Paingan atuh loba duit – pantesan aja banyak uang
56. Lewehna (ceurik”halus”) mani tarik – Nangisnya sangat kencang
57. Kabita ningali batur – Ingin (kepingin) seperti orang lain (mereka)
58. Sok we ti heula – Duluan aja – Silahkan saja duluan
59. Tiris pisan di dieu mah – Disini dingin sekali
60. Andi keur miceun runtah – Andi sedang membuang sampah
61. Karak nyaho abdi mah – Aku baru tahu
62. Si Anton keur nguseup di susukan – Si Anton sedang memancing di selokan
63. Tuluykeun (teraskeun”halus) lah kagok – Lanjutin aja tanggung
64. Ganeng teuing – terlalu keras (suara kencang)
65. Memeh dahar (emam”halus) biasakeun kukumbah heula – biasakan sebelum makan cuci tangan dulu
66. Tiasa kirang teu – Bisa kurang gak
67. Kulah maneh aya laukan teu – Kolam kamu ada ikannya gak
68. Pangaosna baraha – harganya berapa
69. Ieu aya babaturan (rerencangan”halus”) – ini ada temen
70. Maneh bisa ngojay teu – kamu bisa berenang nggak
71. Paling oge titeuleum – Paling juga tenggelam
72. Di imah maneh aya saha – Di rumah kamu ada siapa
73. Sorana alus pisan – Suaranya bagus banget
74. Maneh leumpang (mapah”halus”) kadieu – kamu ke sini jalan kaki
75. Sing sabar da hirup mah peurih – Sabar ya hidup ini pedih
76. Ti isuk pareum lampu – dari pagi mati lampu
77. Kabiasaan sok nyeker maneh mah – Kebiasaan kamu tidak pakai sendal
78. Naon deui nya lieur – apa lagi yah pusing
79. Lamun beunghar bagja jigana – Andai kaya bahagia kayaknya
80. Lalaki jeung awewe – laki-laki dan perempuan
81. Salaki pamajikan – suami istri
82. Ku urang dagoan (antosan”halus”) dihareup – aku tungguin di depan
83. Hitutna ni bau – Kentutnya bau
84. Diudag jurig – dikejar hantu
85. Dibaledog kubatu – lempar batu
86. Geura poekeun geus beurang – Cepet jemurin sudah siang
87. Teu kuat nyeri huntu (waos “halus) – gak kuat sakit gigi
88. Licik maenateh – curang mainnya
89. Ni geugeut budak maneh – lucunya anak kamu
90. Teu karasa mani gancang waktu teh – tidak terasa waktu begitu cepat berlalu
91. Geus lila teu papanggih – Sudah lama tidak bertemu
92. Ulah poho pang salamkeun ka si Rini – Jangan lupa titip salam sama Rini
93. Maneh kurang naon deui –  Kamukurang apa lagi
94. Kuring nginjeum duit  – Aku meminjam uang
95. Kuring hoream kamana-mana – Aku malas kemana-mana
96. Keur peuting abdi ngendong – Kemarin malam aku menginap
97. Andi keur sasarean di imahna – Andi sedang tiduran di rumahnya
98. Jalma koret matak di pikasebeleun ku batur – Orang pelit akan di benci orang lain
99. Kadieu loba dahareun – ke sini banyak makanan
100. Ulin teh ulah jaih-jauh – Bermain itu jangan jauh-jauh

Belajar Menyusun Kalimat Dalam Bahasa Sunda

(Diajar Nyusun Kalimah) Dihandap ieu ku hidep susun kekecapan nepi ka jadi kalimah nu bener.

1. Karyawisata – aya – ka dufan – di – sakola

Jawaban: Di sakola aya karyawisata ka dufan. (Disekolah ada karyawisata ke dufan)

2. lila – geus – budak – eta – pahatu lalis – jadi

Jawaban: Geus lila eta budak jadi pahatu lalis (Sudah lama anak itu menjadi yatim piatu)

3. Ulangan – basa Sunda – isuk – aya – di sakola

Jawaban: Isuk aya ulangan basa sunda di sakola. (Besok ada ulangan bahasa sunda di sekolah)

4. Baju – hayang – kuring – tapi – meuli – boga – duit – teu

Jawaban: Kuring hayang meuli baju tapi teu boga duit (Aku ingin membeli baju tetapi tidak punya uang)

5. Indit – Amin – sakola – ka– sabada – sarapan

Jawaban: Sabada sarapan Amin indit ka sakola (Setelah sarapan amin pergi ke sekolah)

6. Lini – aya – lantaran – ka luar – lalumpatan – masarakat – didinya

Jawaban: Lantaran aya lini masyarakat didinya lalumpatan ka luar (Karena ada gempa masyarakat disana berlarian ke luar)

7. Naek – ambeh– kelas – ngapalkeun – sing – garetol

Jawaban: Ambeh naek kelas ngapalkeun sing garetol (Supaya naik kelas hapalkan dengan rajin)

8. Angkat – ibu – sareng – abdi – ka pasar

Jawaban: Abdi sareng ibu angkat ka pasar (Aku dan ibu berangkat ke pasar)

9. Sapatu – bapa – kuring – di pangmeulikeun – ku – di pasar

Jawaban: Sapatu di pangmeulikeun bapa di pasar (Sepatu amsaya dibelikan ayah di pasar)

10. Abdi – kamari– di bumi –sasarengan – diajar – Ani

Jawaban: Kamari Abdi diajar sasarengan di bumi Ani (Kemarin saya belajar bersama di rumah Ani)

Membuat Kalimat Dalam Ragam Bahasa Halus dan Loma

Contoh Kalimat ragam bahasa halus dan lomaSeperti yang sudah kita ketahui ada 2 jenis ragam bahasa yang dapat digunakan dalam bahasa Sunda, yaitu ragam bahasa hormat, lemes atau halus dan juga ragam basa Loma, akrab atau kasar, yang sekarang ketentuan penggunaan ragam bahasa ini disebut dengan nama tata krama bahasa Sunda.

Baca juga: Contoh Kecap Panganteur Atau Kecap Anteuran Jeung Contoh Kalimahna

Dulu, dalam ragam bahasa Sunda sendiri sebenarnya pernah dijumpai 8 ragam bahasa, ada sebanyak 6 ragam bahasa halus atau lemes dan 2 yang lainnya ragam bahasa akrab, loma atau kasar. Sebelumnya, ketentuan ini dalam penggunaan ragam bahasa dikenal dengan sebutan undak usuk bahasa.

Contoh Kalimat Bahasa Sunda Halus

11. Sim kuring badé angkat ka kota jakarta (Aku akan berangkat ke kota jakarta)
12. Mang Dayat nuju maos alqur’an di masigit (Mang dayat sedang membaca al’quran di masjid)
13. Bapa abdi nuju angkat damel ka Sumedang (Ayah ku sedang berangkat kerja ke Sumedang)
14. Abdi nuju ngabantosan pun Rai ngadamel PR di bumi (Aku sedang membantu adikku mengerjakan PR di rumah)
15. Pun adi parantos ngalajengkeun sakolana ka SMP (Adik ku sudah melanjutkan sekolahnya ke SMP)
16. Lanceuk abdi, enjing-enjing pisan atos angkat ka sakola (Kakak ku pagi pagi sekali sudah berangkat ke sekolah)
17. Di bumi abdi seueur pisan ka emamaman (Di rumahku banyak sekali makanan)
18. Abdi dipasihan acis ku pun bapa tadi enjing (Aku diberi uang oleh ayah tadi pagi)
19. Sakola abdi lebetna tabuh satengah dalapan (Sekolah ku masuknya jam setengah delapan)
20. Mun pasosoré biasana abdi ameng sareng teteh di payuneun bumi (Kalau sore biasanya aku bermain dengan kakak di depan rumah)
21. Mang Udin nuju meser buah salak di pasar (Mang udin sedang membeli buah salak di pasar)
22. Sim kuring nuju maca buku majalah di rorompok (Aku sedang membaca buku majalah di rumah)
23. Mang Dadi nuju maca koran di bumina (Mang Dadi nuju maca koran di bumina)
24. Pa guru parantos nuju angkat ka sakola tadi enjing (Pak guru sudah berangkat ke sekolah tadi pagi)
25. Pun bapa abdi nuju tuang sareng pun biang di pungkur (Ayah ku sedang makan dengan ibu di belakang)
26. Sim kuring nuju neda sareng rerencangan di bumi (Aku sedang makan dengan teman di rumah)
27. Bu guru nyandak buku ka perpustakaan (Ibu duru sedang membawa buku ke perpustakaan)
28. Téh Ririn nuju ngadamel PR di rohang tamu payun (Kak Ririn sedang mengerjakan PR di ruang tamu depan)
29. Tétéh abdi nembe pisan wangsul ti sakolana (Kakak ku baru saja pulang dari sekolahnya)

Contoh Kalimat Bahasa Sunda Loma (Kasar)

30. Kuring keur ulin jeung babaturan di imah (Aku sedang bermain dengan teman di rumah)
31. Mang Udin karak indit ka pasar rek meuli sayur (Mang udin baru pergi ke pasar mau membeli sayur)
32. Adi kuring kakarak pisan balik ti sakola keur beurang (Adikku baru saja pulang dari sekolah tadi siang)
33. Si Udin keur dahar somay jeung babaturannana. (Si udin sedang makan somay dengan temannya)
34. Téh Susi keur maca buku di perpustakaan. (Kak Susi sedsng membaca buku di perpustakaan)
35. Kuring nginjeum buku pangajaran ka babaturan (Aku meminjam buku pelajaran kepada teman)
36. Mang Didi keur mindahkeun korsi ti ruang tamu. (Mang Didi sedang memindahkan kursi di ruang tamu)
37. Kuring kakarak pisan datang ti pasar (Aku baru saja datang dari pasar)
38. Isuk ayeuna mang Andi rek indit ka Bandung (Pagi sekarang mang Andi akan pergi ke Bandung)
39. Kuring keur ngarobrol jeung babaturan di hareup teras imah (Aku sedang mengobrol dengan teman di depan teras rumah)

Contoh Kalimat Tanya Bahasa Sunda

Kalimat tanya adalah kalimat yang memiliki makna sebuah pertanyaan, kalimat dalam bahasa sunda ini mengandung kalimat pertanyaan yang ditunjukan kepada orang lain untuk memperoleh suatu jawaban.

40. Saha ari nami ajeun téh?
41. Dimana alamat bumi ajeun?
42. Kumaha damang?
43. Irahan ajeun angkat ka ka Sukabumi?
44. Kunaon maneh ceurik?
45. Sabahara yuswa ajeun ayeuna?
46. saha ngaran indung jeung bapak anjeun?
47. Aya sabahara anggota kaluarga ajeun?
48. Dimana sakola anjeun ayeuna?
49. Naha kamari anjeun teu lebet ka sakola?
50. Naon nu salira lakukeun saparantos uih sakola?
51. Kumaha carana ngomean éta sapedah?
52. Iraha si Andi rek indit ka bandung?

Baca juga: 10+ Contoh Kalimat Tanya, Bagaimana, Kapan, Mengapa, Dsb

Contoh Kalimat Sebab Akibat dalam Bahasa Sunda dan Artinya

Contoh Kalimat Sebab Akibat dalam Bahasa Sunda

Kalimat sebab dan akibat dalam bahasa sunda ini terdiri dari kalimat umum dan khusus, khusus disini artinya kalimat yang di dalamnya berisi fakta atau sebab dan akibat, yang biasanya di sambungkan dengan kata yang disebut konjungsi.

Contoh:

53. Abdi teu jadi meser baju anyar téh, sabab hargana mahal teuing (Aku tidak jadi membeli baju baru, karena harganya yang terlalu mahal)

54. Balik ti warung indung abdi téh pohoeun meser uyah, jadi wéh balik deui. (Pulang dari warung ibuku lupa membeli garam, jadi dia balik lagi)

55. Basa kuring laleumpangan jeung babaturan keur sore, keur kitu breg wéh hujan. Jadi wéh baju kuring baraseuh. (Saat aku sedang berjalan dengan teman saat sore, kemudian hujan. jadi bajuku basah semua)

56. Atuh bubuhan embe hadé piara, atuh puguh waé mani lintuh. (Lantaran kambing dipelihara dengan bagus, tentu saja gemuk sekali)

57. Keur mejeuhna ramé dijalan, si Andi kalah ti soledat nincak cangkang cau, atuh puguh wéh loba anu seuseurian. (Saat sedang ramainya dijalan, si Andi malah terpeleset menginjak kulit pisang, tentu saja banyak yang tertawa)

58. Geus ampir aya 5 taun teu kapanggih jeung si Rudi, keur kitu aya ulin ka imah, atuh puguh wéh mani pangling. (Sudah hampir ada 2 tahun tidak bertemu dengan si Andi, saat itu ada main kerumah, tentu saja hampir tidak kenal lagi)

59. Keur anteng jeung husu ngadamel tugas sakola keur peuting, ari pek téh lampuna pareum, atuh puguh wé mani poék kacida. (Saat sedang tenang dan khusu mengerjakan tugas sekolah semalam, ketika itu mati lampu, tentu saja sangat gelap sekali)

60. Lantaran kamari abdi teu asup sakola, jadi weh teu nyaho ayeuna teh rek aya ulangan (Oleh karena kemarin aku tidak masuk sekolah, jadi aku tidak tahu bahwa sekarang akan ada ulangan)

Nah, mungkin itu saja beberapa contoh dalam penggunaan kalimat bahasa sunda baik itu dalam bahasa halus maupun loma, seperti dalam membuat kalimat aktif, kalimat tanya atau pertanyaan, serta kalimat sebab akibat dalam basa sunda yang sudah dilengkapi beserta dengan artinya, semoga bermanfaat.

Populer

Flashnews