√ Contoh Kata Kata Undangan Pernikahan Bahasa Sunda Untuk Teman

Undangan pernikahan bahasa sunda – Orang sunda tentu saja tidak akan pernah lupa dengan adat budayanya, terutama saat akan melangsungkan acara pernikahan, ada beberapa tahap yang mereka harus lakukan baik itu saat upacara pernikahan, lamaran, seserahan, maupun saat akad nikahnya.

Namun, dalam artikel kali ini kita tidak akan membahas mengenai budaya tersebut, melainkan memberikan masukan untuk beberapa kata kata dalam undangan dengan menggunakan bahasa sunda. Karena siapa tahu kamu memiliki rencana untuk membuat undangan pernikahan dengan kata kata dalam bahasa sunda sendiri, jadi ini untuk sekedar bahan referensi kamu.

Baca Juga: Adat Budaya Kawinan atau Pernikahan Urang Sunda

Dalam membuat undangan maupun merangkai kata-kata dalam surat undangan dengan bahasa sunda tentu ada satu hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu harus penggunaan ragam bahasa sunda yang halus atau lemes dan juga kata-kata yang cocok atau saluyu pada setiap baris kalimatnya.

Undangan Pernikahan Bahasa Sunda

Undangan Pernikahan Bahasa Sunda

Kata Kata Undangan Pernikahan Bahasa Sunda

Membuat undangan pernikahan menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi para calon pasangan yang ingin melangsungkan acara pernikahannya. Karena tujuan dari undangan pernikahan tentu saja untuk mengajak maupun mengundang orang-orang yang diinginkan untuk hadir dalam perayaan acara pernikahan tersebut.

Bagi beberapa orang, kadang memilih untuk membuat kata kata undangan sendiri dalam urusan acara pernikahan mereka. Ada juga yang beralasan mengapa mereka itu lebih memilih mengurusnya sendiri, karena agar undangan tersebut lebih sesuai dengan yang mereka inginkan dan berbeda dan lebih unik dari pada biasanya.

Baca Juga: Pernikahan Adat Sunda Tradisional dan Prosési Akadnya

Maka tidak heran sebagian orang membutuhkan cara membuat undangan pernikahan dalam bahasa sunda yang baik. Tanpa mengurangi esensi acara, tidak ada salahnya untuk membuat undangan pernikahan itu sendiri. Berikut ini saya telah merangkum beberapa kata kata surat undangan pernikahan bahasa sunda yang mudah-mudahan cocok untuk mu, berikut adalah contoh kata kata undangannya.

Contoh Kata Kata Undangan Pernikahan dalam Bahasa Sunda

Contoh Kata Kata Undangan Pernikahan dalam Bahasa Sunda

Undangan Pernikahan Basa Sunda Untuk Teman

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tatandang anu bakal midang, balebat mangsana miang, cunduk waktu nu rahayu nitih wanci mustari ninggang mangsana waluya malati ligarna ati, kembang tanjung nu gumulung pameungkeut cangreud kadeudeuh, pakait patali asih pasini rintih ngahiji subaya nyata geugeut layeut laki rabi sareng pamugi dianti-anti nyakseni “Walimatul Nikah” pun anak, anu Insya Allah bade dilaksanakan dina :

Dinten : Sabtu
Kaping : 7 Maret 2021
Waktos : Tabuh 08.00 WIB (dugi ka rengse)
Tempat : Rorompok Pun Istri, Ds. Ambit RT.02 RW.03 Kec. Situraja Kab. Sumedang

Mugia dina waktosna Bapa/Ibu/Saderek tiasa ngersakeun rurumpaheun sumping ka rorompok riung mungpulung ngedalkeun katresna manah sasarengan jajap du’a pamugi ginanjar kawilujengan ginuluran rakhmat Allah kalayan aya dina karidoan manten-Na.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Baca Juga: Rekaman Audio Visual Adat Upacara Panganten Sunda

Kata Kata Undangan Selamatan Acara Pernikahan Bahasa Sunda

Bismillahirrahmanirrahim…

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Niti wanci takdir Gusti, ninggang mangsa qodho Allah, cunduk wuku panjurung nu Maha Agung, pasini mugi ngajadi, subaya geusan laksana. Malati ligar na ati, tarate mekar na hate, mawar mangkak kembangan. Beber layar tarik jangkar, seja mungkas mangsa lalagasan, dilajeng niat suci ngawujudkeun laki rabi.

Sateuacan Walimatul al-Nikah pun anak “ARDI WIGUNA sareng PUTRIYANA” Sim kuring seja neda du’a ti sadayana dina riungan nu insya Alloh bade dilaksanakan dina :

Dinten/Ping : Minggu, 4 Januari 2021
Waktos : 19.30 WIB (Bada Isya)
Tempat : Rorompok Bapa H. Nasyif RT.02 RW.03 Kec. Tenjo Laya Kab. Bandung

Neda nu dipihatur, mugia dina waktosna Bapa/Ibu/Saderek kersa sumping kanggo jajap du’a pamugi ginanjar kawilujengan ginuluran rahmat Alloh, kalayan aya dina karidoan manten-Na.

Dianti ku asta kalih, bagja kalingga murda, hatur sewu nuhun kana du’a sareng kasumpinganana. Sakitu nu kapihatur, mugia ulah kirang sihapuntenna bilih kirang tata kirang basa, jembar manah nu diteda, rumaos tuna ku elmu.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Baca Juga: Contoh Teks Ceramah Lucu Tentang Pernikahan Bahasa Sunda

Kata Kata Undangan Pernikahan Untuk Teman B. Indonesia

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Maha Suci Allah Y.M.E yang sudah menciptakan makhluk-Nya, berpasang-pasangan. Ya Allah sekiranya engkau memperkenankan putra-putri kami untuk mengikuti sunah Rasul-Nya dalam membentuk Keluarga yang Sakinah, Mawadah, dan Warahmah.

Dengan penuh ucap rasa syukur dan memohon akan keberkahan serta ridho-Nya, maka izinkanlah kami untuk berbagi kebahagiaan dalam menghantarkan putra putri kami dalam meniti lembaran kehidupan baru.

Saat berbahagia ini Insya Allah akan diselenggarakan pada :

Hari : Minggu 8 Agustus 2021
Pukul : 08.00 WIB s/d Selesai.
Tempat : Kediaman Rumah Mempelai Wanita, Bapa Hassan RT.02 RW.03 Kec. Asri Makmur Kab. Tanggerang

Merupakan suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami apabila Bapak/Ibu/Saudara/I berkenan hadir untuk memberikan do’a restu kepada kedua mempelai.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Artiekel Terkait; Contoh Teks Pembawa Acara MC Pernikahan Bahasa Sunda!

Menyusun kata-kata tentu saja merupakan salah satu hal yang paling mendasar dalam membuat surat undangan pernikahan. Membuat undangan umumnya baru dilakukan setelah kita sudah merencanakan acara pernikahan. Sedangkan untuk tampilan undangannya sendiri yang paling baik, dapat menggunakan warna-warna yang sesuai dengan dekorasi acara pernikahan kamu secara keseluruhan.

Selain itu, sebaiknya kamu harus membatasi warna dalam undangan pernikahan agar tidak lebih dari tiga, ini bertujuan agar undangan pernikahan yang kita buat tidak menjadi tampak berlebihan. Cukup gunakan saja warna dasar atau warna netral. Misalnya, kamu dapat memilih warna krem ataupun putih untuk desain dasar pada undangan pernikahan.

Setelah itu, pilihlah beberapa warna cerah lainya satu atau dua warna untuk melengkapi warna undangan tersebut. Pastikan kamu memilih warna yang kontras antara tulisan dengan latar belakang pada undangan, agar undangan tersebut lebih mudah untuk dibaca.

Baca Juga: Rumah Adat Sunda di Jawa Barat Keunikan, Gambar, dan Sketsa


Penutup:

Pernikahan merupakan salah satu ibadah yang sudah disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Bahkan ada pada salah satu hadis sahih, Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan seperti berikut ini:

إِذَا تَزَوَّجَ الْعَبْدُ، فَقَدِ اسْـتَكْمَلَ نِصْفَ الدِّيْـنِ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِيْمَـا بَقِيَ

(Jika ada seorang hamba yang menikah, maka dia sudah menyempurnakan dari separuh agamanya)

Jadi oleh karena itulah mereka hendaklah bertakwa kepada Allah untuk separuh yang tersisa. Selain untuk tujuan dalam menyempurnakan agama, menikah juga mendatangnya banyak kebaikan dan merupakan jalan untuk masuk ke syurga, karena menikah untuk menghindari sumber dosa, yaitu apa yang ada di antara kedua kaki (kemaluan) selain apa yang ada di antara tulang dagu (mulut).

Adapun 4 hikmah dalam menikah antara lain adalah:

  • Menikah itu menyempurnakan ½ agama sehingga ada keutamaan di dalamnya seperti pahala ibadah, berkah, kemudahan rezeki, dan lain sebagainya.
  • Menikah adalah anjuran sunnah dari Rasulullah SAW
  • Menikah merupakan jalan untuk menghasilkan generasi islam yang shaleh dan shalehah
  • Menikah juga untuk menghindari dari perbuatan yang tercela karena nafsu syahwat, dan lain sebagainya

Demikian beberapa contoh kata kata undangan pernikahan dalam bahasa sunda jika ingin membuatnya sendiri, baik itu untuk teman, sahabat, orang lain, maupun untuk pribadi. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas waktunya, wassalam..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *