Lirik Lagu Bubuy Bulan, Arti dan Makna yang Terkandung

Lirik Lagu Bubuy Bulan – Di dalam pelajaran basa sunda tentang kawih, ini sebenarnya bertujuan agar siswa dapat memahami dan menanggapi rumpaka kawih atau tembang, seperti misalnya menuliskan pesan atau makna yang terkandung dalam suatu lirik lagu dan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari, menela’ah unsur-unsur keindahan kawih dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, dalam artikel ini akan di bahas mengenai makna suatu lirik lagu atau kawih sunda yang berjudul bubuy bulan. Sebenarnya apa sih makna dan arti dari lagu ini sendiri? Karena liriknya yang tidak lazim membuat banyak orang bertanya-tanya tentang maksud yang sebenarnya dan menimbulkan banyak interpretasi atas pemahaman dari lagu ini.

Arti lagu bubuy bulan bahasa indonesia

Jika kita perhatikan dari lirik lagu atau kawih bubuy bulan ini sebenarnya lebih menggambarkan suasana hati seseorang yang sedang jatuh cinta yang sedang merindukan kekasihnya. Disisi lain, kekasihnya tersebut jauh dan sangat susah dijumpai  sehingga membuatnya mencari-cari di setiap bulan bahkan hari dengan harapan dapat bertemu dengan orang yang dia cintai tersebut.

Di dalam teriknya matahari hingga dinginnya malam yang berbintang ia tetap mencarinya, namun orang yang ia cintai itu sangat sulit di cari layaknya situ ci buruy yang ikannya sulit untuk dipancing, sehingga ia merasakan hatinya yang selalu rindu akan kekasihnya.

Di setiap pagi hari, dia selalu bertatapan dengan seseorang yang melintas didepannya dan seakan merasakan getaran hati karena sorot matanya ketika bertatapan dengannya sehingga mebuatnya semakin jatuh cinta kepadanya.

Secara tidak langsung, dalam lirik lagu bubuy bulan ini juga menyelipkan suatu makna yaitu memperkenalkan suatu tempat dari jawa barat situ ciburuy yakni yang terletak di kabupaten Bandung Barat, Padalarang.

Yang konon situ ini dulunya merupakan peninggalan Prabu Siliwangi, dan tempat ini awalnya digunakan sebagai arena pertarungan para jawara di pulau Jawa. Kini situ Ciburuy dijadikan salah satu destinasi wisata Jawa Barat.

Namun meskipun demikian, lagu yang bernuansa melankolis ini tetap melekat di hati banyak orang dan disukai karena gerak melodinya yang indah.

Arti Lirik Lagu Bubuy Bulan dan Makna yang Terkandung dalam Bahasa Sunda

Lirik Lagu Bubuy Bulan

Lagu yang berbahasa sunda ini diciptakan oleh Benny Corda, Benny corda merupakan seorang pencipta lagu, penyanyi dan juga gitaris yang terkenal pada tahun 50-an. Lagu ciptaannya yang terkenal adalah lagu bubuy bulan dan kini menjadi lagu rakyat daerah sunda.


Informasi

Judul lagu : Bubuy bulan
Asal daerah : Jawa Barat
Pencipta lagu : Benny corda
Dipopulerkan oleh: Nining Meida
Genre : Lagu daerah

Lirik Lagu Bubuy Bulan

Bubuy bulan, bubuy bulan sangrai béntang
Panon poé, panon poé di sasaté

Unggal bulan, unggal bulan abdi téang
Unggal poé, unggal poé ogé hadé

Situ ci buruy. laukna hésé di pancing
Nyérédét haté. ningali ngeplak caina

Tuh itu saha, nu ngalangkung unggal énjing
Nyérédét haté, ningali sorot socana

Arti Kata

Bubuy bulan, bubuy bulan sanggrai bintang
Matahari matahari di sasate

Tiap bulan, tiap bulan jemput aku
Tiap hari, tiap hari juga baik

Situ Ci buruy, ikannya susah di pancing
Bergetar hati, melihat jernih airnya

Duh itu siapa, yang lewat tiap pagi
Bergetar hati, melihat sorot matanya

Makna lagu bubuy bulan pake bahasa sunda

Lirik lagu ieu ngagambarkeun suasana haté jalmi anu keur mikacinta, nanging jalmi anu dipikacinta kasebat sesah pisan dipanggihan, anjeunna milarian di unggal bulan sareng dinten dina pangarepan tiasa tepung ka jalmi nu dipikacinta.

Panasna panon poé dugi ka wengi anu dibéntangan anjeunna teras neangan, tapi teu ka panggih sapertos setu ciburuy nu sesah dipancingan. Di unggal enjing, anjeunna sok ningali jalmi anu ngalangkung dina sorotan socana anu ngemutkeun anjeuna ka jalmi nu dipikacinta kasebat.

Dina lirik lagu Bubuy bulan ieu ogé nyayogikeun makna anu ngenalkeun tempat ti Jawa Barat nyaéta sétu Ciburuy nu aya di kabupatén Bandung Kulon, Padalarang. Disebutkeun yén tempat ieu téh baheulana pernah janten patilasan prabu siliwangi, nu ayeuna mangrupa janten sahiji tujuan wisata di Jawa Barat.

Baca juga: Arti Lirik atau Syair Lagu Cing Cangkeling Bahasa Sunda

Chord

Lirik Bubuy BulanNah, mungkin itu saja informasi mengenai lirik lagu bubuy bulan, makna dan pesan yang terkandung didalamnya, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel diatas, semoga dapat membantu menambah wawasan kamu terhadap lagu atau kawih di daerah sunda ini, terimakasih atas waktunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *