Ciri Ciri Lagu Daerah Sunda Dalam Mendidik Karakter Yang Positif

By | Agustus 26, 2022

Lagu daerah adalah lagu yang berasal dari daerah tertentu dengan ide gagasan penciptaannya yang berdasarkan dengan budaya serta adat istiadat di suatu daerah tertentu.

Ciri utama dalam lagu daerah tersebut biasanya akan terkandung suatu pesan ataupun makna bagi masyarakat serta keadaan ataupun suasana di masyarakat setempat, dan bahasa yang digunakan hanya menggunakan bahasa yang terdapat di daerah itu sendiri.

Awalnya, kebanyakan dari lagu daerah itu hanya dipakai sebagai sarana untuk hiburan masyarakat yang dekat dengan rakyat biasa, Oleh karena itulah lagu-lagu daerah juga sering disebut dengan lagu rakyat.

Ciri Ciri Pada Lagu Daerah

Ciri Ciri Lagu Daerah

Lagu daerah sebenarnya memiliki ciri-ciri serta karakteristiknya tersendiri, dialek atau gaya bahasa yang digunakan pun sesuai dengan bahasa di daerah masing-masing tempat. Lagu daerah biasanya memiliki nada atau irama yang kha yang merajuk kepada sebuah lagu disetiap tempat.

Dikutip dari buku Ali. M (2010) yang bertajuk “Guru dalam Proses Belajar Mengajar”, dari sana dijelaskan bahwa ada beberapa ciri ciri yang khas yang dimiliki oleh lagu daerah, diantaranya adalah sebagai berikut:

Ciri Ciri Yang Terdapat Dalam Lagu Daerah:

1. Lagu daerah biasanya bersifat sederhana sehingga untuk mempelajari lagu daerah tersebut tidak membutuhkan pengetahuan musik yang cukup mendalam, seperti membaca dan menulis not balok.
2. Pada lagu daerah biasanya akan menceritakan mengenai keadaan lingkungan maupun budaya di masyarakat setempat yang sangat dipengaruhi oleh adat istiadat tempat terebut.
3. Lagu daerah biasanya jarang diketahui nama pengarangnya
4. Mengandung unsur-unsur sosial kebersamaan nilai-nilai kehidupan serta keserasian dengan lingkungan hidup di sekitar.
5. Mengandung nilai-nilai kehidupan yang unik dan khas dari daerah tersebut
6. Lagu daerah sulit dinyanyikan oleh seseorang yang berasal dari daerah lain karena kurangnya penguasaan bahasa maupun dialek yang digunakan sehingga dalam penghayatannya akan menjadi kurang maksimal.

Dari ciri-ciri lagu daerah tersebut, dapat disimpulkan bahwa:

“Lagu lagu daerah adalah lagu yang berasal dari daerah tertentu dengan ide penciptaan yang berdasarkan atas budaya serta adat istiadat di suatu daerah setempat.

Di dalam lirik lagu daerah mengandung suatu pesan maupun makna untuk masyarakat, serta biasanya menceritakan suasana ataupun keadaan masyarakat setempat, dan bahasa yang digunakan pun adalah bahasa dari daerah tersebut.”

Baca juga: Fungsi Lagu Daerah Untuk Pembentukan Karakter Anak

Pesan moral dan makna Lagu daerah yang harus diterapkan agar dapat dipahami





Sebenarnya sangat disayangkan, apabila anak-anak Indonesia yang saat ini sudah mulai melupakan lagu-lagu daerahnya masing-masing. Karena seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa lagu-lagu daerah ini mempunyai makna serta pesan moral yang baik untuk kehidupan sehari-hari maupun dalam berperilaku yang positif yang dapat diterapkan agar dapat dipahami oleh anak dengan bimbingan dari orang tua serta guru di sekolahnya.

Karena pada kenyataannya, dengan perkembangan zaman yang serba canggih serta akses internet yang semakin meluas di tiap-tiap daerah sengga ini menjadi salah satu penyebab yang membuat anak-anak semakin leluasa dalam memilih lagu-lagu yang mereka suka, tidak heran apabila bayak di antara mereka yang menyanyikan lagu-lagu dewasa seperti lagu-lagu tentang percintaan, perselingkuhan, kesedihan dan sejenisnya.

Ciri Pesan moral dan makna Lagu daerah

Source: kids.niehs.nih.gov

Drs Ubun Kubarsah R yang merupakan salah seorang penggagas lagu anak-anak di daerah Sunda pernah menerangkan bahwa “Lagu-lagu daerah itu sangat dahsyat! Sebab mereka bisa bernyanyi sekaligus bergembira dengan isi lagu yang isinya mendidik dan itu akan menjadi bagian penting dari pembentukan karakter mereka nanti.”

Baca juga: Contoh Alat Musik Tradisional Daerah dan Pengertiannya

Kesimpulan: 

Peran-peran guru disekolah serta keluarga juga ikut adil dalam menerapkan lagu-lagu daerah untuk mendidik karakter-karakter mereka agar lebih positif. Untuk itu, disetiap masing-masing daerah harus dapat menyerap lagu-lagu daerah mereka sendiri yang isinya memiliki makna atau pesan moral yang baik untuk dijadikan sebagai media pendidikan.

Karena, di tengah masyarakat yang semakin modern dan lemahnya fungsi kekeluargaan saat ini, lagu daerah bisa menjadi sumber kekuatan dalam pembentukan karakter anak, sebab “lagu jika dibawakan secara benar, maka pengaruhnya akan sangat mendalam.”