Lirik Lagu Tokecang Dan Manfaatnya Untuk Perkembangan Anak

Lirik Lagu Tokecang Serta Manfaat Untuk Membentuk Karakter Anak

Lirik lagu tokecang sering dibawakan atau dinyanyikan sebagai lagu untuk pengiring dalam permainan tradisional anak, bahkan sempat juga lagu ini dijadikan sebagai soundtrack dalam sinetron film anak. Selain itu lagu ini sering diajarkan di berbagai sekolah di Jawa Barat.

Lagu Tokecang merupakan salah satu lagu daerah khas dari Jawa Barat, Lagu ini juga termasuk kedalam jenis lagu tradisional di Indonesia yang cukup terkenal, hal ini terlihat karena sudah ada beberapa kali pergantian arasemen pada lagunya, seperti pendekatan dengan genree musik pop agar lebih mudah diterima masyarakat luas.

Baca juga: 5 Lirik Lagu Sunda Anak Anak Untuk Mengajak Kebaikan

Lirik lagu tokecang memiliki nada yang menyenangkan untuk didengarkan oleh setiap orang, baik dikalangan anak-anak maupun orang dewasa, karena lagu tokecang ini berirama gembira atau riang, dengan tempo yang sedikit cepat serta disertai dengan lirik yang jenaka. Berikut adalah lirik lagu beserta artinya:

Lirik Lagu Tokecang

Informasi

Judul lagu : Tokecang
Asal daerah : Jawa Barat
Pencipta lagu :
Genre : Lagu daerah

Lirik Lagu Tokecang

Tokecang, tokecang bala gendir tosblong
Angeun kacang, Angeun kacang sapependil kosong

Aya listrik di masigit meuni caang katingalna
Aya istri jangkung alit karangan dinapipina

Tokecang, tokecang bala gendir tosblong
Angeun kacang, angeun kacang sapependil kosong

Arti Kata

Tokecang, tokecang bala gendir bolong. Sayur kacang, sayur kacang satu periuk kosong. Ada listrik di mesjid, sampai silau kelihatannya. Ada istri tinggi kurus ada tahi lalat di pipinya. Tokecang, tokecang bala gendir bolong. Sayur kacang, sayur kacang satu periuk kosong.

Chord:

Lirik Lagu Tokecang

Pesan Atau Makna Yang Terkandung Dalam Lagu Tokecang

Pesan Makna Yang terkandung Dalam Lirik Lagu Tokecang

Lagu yang berbahasa sunda ini setelah ditelusuri, saya tidak menemukan informasi yang pasti terkait mengenai penciptanya siapa. Merajuk dari ciri ciri dari lagu daerah, salah satunya memang kalau lagu daerah itu jarang diketahui nama penggarangnya. Namun ada pula yang menyebutkan penciptanya adalah R.C. Hardjosubroto.


Makna lagu Tokecang

Makna dari lirik lagu ini berpesan bahwa sebagai manusia kita janganlah terlalu serakah, rakus atau terlalu berlebihan dalam hal makanan. Alangkanh baiknya kita berbagi kepada orang lain yang membutuhkan, dalam lirik lagu ini juga disampaikan bahwa kita harus peduli serta berbagi dengan orang lain jangan memikirkan diri sendiri saja.

Baca juga: Fungsi Lagu Daerah Dalam Pembentukan Karakter Anak

Ceuk istilah orang sunda mah: “Ulah mikirkeun ka beuteung sorangan wae, Urang kudu mikirkeun beuteung batur oge.”

Pembentukan Karakter Anak Pada Lagu Daerah Tokecang

Bagaimana pembentukan karakter anak-anak pada lagu daerah Tokecang? Lagu tokecang merupakan lagu dari jawa barat, dalam lirik lagu tersebut menceritakan tentang seseorang yang terlalu banyak makan, rakus atau serakah. Pesan ini penting bagi anak-anak apabila memahami lirik lagu tokecang atau syair pada lagu ini.

Dari arti pada lirik lagu tokecang tersebut menceritakan tentang seseorang yang senang makan secara berlebihan atau makan sampai melampaui batas. Tokecang sendiri merupakan sebuah singkatan dari Tokek Makan Kacang yang terkandung di dalamnya mengingatkan bahwa:

“Makan banyak atau makan berlebihan tidak baik, sebab hal ini melambangkan kerakusan atau keserakahan sehingga tidak memiliki kepedulian terhadap orang lain dan hanya memikirkan tentang dirinya sendiri.”


Arti Dari Lirik Lagu Tokecang:

Pada bait pertama dari lirik lagu ini menjelaskan tokek makan kacang, kemudian makan kembali sayur kacang sampai kosong atau habis. Selanjutnya dilirik atau syair kedua sebuah pantun jenaka menyebutkan ada listrik atau cahaya di mesjid sangat terang sekali, kemudian ada wanita cantik yang memiliki tahi lalat di pipinya.

Meskipun lagu ini menggunakan tempo yang cepat, namun lirik yang sederhana dan mudah dihapal serta dialek mudah diucapkan membuat lagu ini cocok dinyanyikan oleh anak-anak. Lagu Tokecang ini juga sering dinyanyikan oleh anak anak kecil untuk mengisi waktu luang mereka dan membuang rasa bosan karena teman-temannya belum datang.

Kesimpulan

Lagu-lagu daerah memang penting sekali diberikan untuk anak-anak, karena lagu-lagu daerah tersebut mengandung nilai-nilai arti kehidupan, unsur-unsur kebersamaan sosial, serta keserasian dengan lingkungan hidup disekitarnya.

Termasuk pada lirik atau syair tembang lagu Tokecang yang iramanya sangat menyenangkan dan sederhana. Lagu tersebut jika ditelusuri dapat membentuk karakter anak-anak dengan menumbuhkan sikap kasih sayang serta kepedulian antar manusia.

Populer

Flashnews