Arti Lirik atau Syair Lagu Cing Cangkeling Bahasa Sunda

Lagu cing cangkeling – Sebagai masyarakat yang tinggal di tatar sunda tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan judul lagu yang satu ini. Ya, karena memang hampir sebagian besar masyarakat di jawa barat sudah mengenalnya.

Lagu ini biasanya atau sering dinyanyikan oleh anak-anak pada umumnya. Nah, sebagai seni pelajaran dalam upaya melestarikan kebudayaan sunda, tentunya kita perlu mengenal lebih dalam lagu-lagu di daerah jawa barat ini, mungkin juga untuk bahan referensi untuk tugas muatan lokal di sekolah.

Dan lagu cing cangkeling ini merupakan salah satu lagu kakawihan yang cukup populer di jawa barat, di artikel ini mari kita ulas mengenai kesan atau makna arti lirik syair lagu cingcangkeling, seperti kesan yang didapatkan pada saat mendengarkan lagu cing cangkeling ini, dikengkapi juga not angka lagu berupa file pdfnya.

Rincian lagu:

Judul Lagu : Cing Cangkeling
Asal daerah : Jawa barat
Pencipta lagu : Sanghyang Mughni Pancaniti

Lirik atau Syair Lagu Cing Cangkeling

Kleung dengklek buah kopi rarang geuyan
Keun anu dewek ulah pati diheureuyan

Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten
Plos kakolong bapak satar buleneng

Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan
Layarna bodas jeung celak kasurung kaombak ombak

Lirik yang ada dalam lagu cing cangkeling biasanya sering ditulis dengan kalimat yang pendek, seperti kalimat yang sudah di beri tanda merah diatas, Kedua kalimat di atas memang sudah tidak asing lagi bagi orang sunda karena sering dinyanyikan dari dulu.

Arti Lirik atau Syair Lagu Cing Cangkeling

Arti Lirik atau Syair Lagu Cing Cangkeling Bahasa Sunda

Arti lirik atau syair dari lagu diartikan berbeda-beda tergantung dari orang yang mengartikannya. Nah dibawah ini pengartian dari lirik lagu ini dalam bahasa sunda dan sekaligus penjelasan dengan menggunakan bahasa indonesianya.makna yang terkandung di dalamnya.

Berikut kesan atau makna arti lirik syair lagu cingcangkeling, Kesan atau makna arti lirik syair lagu cingcangkeling, kesan yang didapatkan pada saat mendengarkan lagu cing cangkeling dalam basa sunda.

Baca juga: Kumpulan contoh kakawihan bahasa sunda

MAKNA TINA SYAIR LAGU CING CANGKELING


“Cing cangkeling” hartina: Cing Gera Éling..

“Manuk Cingkleung Cindeten” hartina: Mun ibaratkeun manusa téh hirup ngan ukur sorangan (nyaéta indit ka alam nu bakal ka sorang teh ngan sorangan)…

“Plos Ka Kolong” hartina: Plos ka liang kubur…

“Bapak Satar Buleneng” hartina: Di bulen saeneng-eneng.. bangun na si pencipta lagu nyilibkeun maksad dina kecap Bapak Satar téh jigana pan ari ngaran-ngaran Bapak téh panggero keur nu dipihormat..

Jadi maksudna, sanajan jelema kahormat, kapandang, wibawa, angger tos pupus mah di bulen saeneng-eneng ku boéh tur dirurub kai sareng padung.

Nah, itulah arti dari syair atau lirik lagu cing cangkeling yang dituturkan dari orang tua sunda dahulu, yang sekaligus untuk mengingatkan kita semua selaku generasi muda bahwasanya dalam hidupan kita harus mengutamakan ibadah karena harta atau segala sesuatunya tidak akan dibawa mati, seperti pribahasa Mulih ka jati, mulang ka asal.

Not Angka Lagu Cingcangkeling
Lagu cing cangkeling Arti Lirik dan Syair Lagu
Sebagai penutup dibawah ini saya sertakan not angka dari lagu cing cangkeling yang bisa kamu download langsung yang sudah tersimpan di google drive. Semoga bermanfaat, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel diatas dan terimakasih atas waktunya.

Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *