3+ Contoh Karangan Narasi Bahasa Sunda Singkat & Artinya

Karangan narasi bahasa sunda – Karangan merupakan bentuk tulisan yang menggungkapkan fikiran dan perasaan sipenulis kedalam kesatuan tema yang utuh. Karangan juga diartikan sebagai rangkaian pemikiran atau ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk tulisan yang teratur.

Baca juga: Contoh Karangan Deskripsi Tentang Sekolah Bahasa Sunda

Karangan Narasi dalam Bahasa Sunda

Karangan narasi sendiri adalah salah satu jenis karangan yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian yang didalamnya terdapat penjelasan secara berurutan dari waktu ke waktu tertentu.

Tujuan dari karangan narasi ini sebenarnya agar orang yang membaca seolah-olah memahami kejadian yang diceritakan. Karangan narasi ini bisa berupa novel, cerita pendek atau bahkan tentang pengalaman pribadi seperti tentang liburan, pendidikan, kebersihan lingkungan dan lain sebagainya.

Karangan narasi ini merupakan sebuah tulisan yang isinya menceritakan tentang terjadinya suatu peristiwa atau kejadian, baik itu rekaan maupun kejadian yang nyata.

Biasanya dalam penyampaikan karangan narasi misalnya dalam bahasa sunda seperti ini bertujuan untuk memberikan artian kepada rangkaian kejadian yang ada, sehingga para pembaca bisa memetik pelajaran maupun hikmah pada cerita tersebut.

Ciri Karangan Narasi

a. Ngagaduhan eusi dina wangun carios atawa kajadian

b. Karangan nepikeun eusi anu jero wangun carios sacara kronologis atawa urutan

c. Eusi karangan narasi ngawangun konflik

d. Ngagaduhan unsur sepertos tema, setting, kasang, inohong sarta nusanesna.

Contoh Karangan Narasi Bahasa Sunda Singkat

Setelah kita memahami sedikit pengertian mengenai karangan narasi ini, berikut dibawah ini akan saya tuliskan beberapa contoh dari karangan narasi dalam bahasa sunda yang singkat dan juga sudah dilengkapi dengan artinya.

Contoh Karangan Narasi Bahasa Sunda

Karangan Narasi Tentang Belajar Di Sekolah Bahasa Sunda

[asap_note color_bg=”#ffffc1″ color_text=”#181818″ position=”left”] Yudi téh budak bageur, di sakolana ogé manehna pinter. Yudi dipikaresep ku batur-baturna. Atuh sobat-sobatna ogé réa pisan. Salain kitu rék ka sasaha ogé Yudi mah soméah.Tara pipilih babaturan.

Isuk-isuk Yudi geus indit ka sakola. Yudi tara pernah kabeurangan. Da hudangna ogé sok isuk kéneh pisan. Subuh-subuh Yudi mah geus mandi. Tara poho disabun jeung ngosok huntu. Mun geus mandi, sok dielap ku anduk. Ku kituna, Yudi mah séhat tur berséka.

Réngsé mandi Yudi tuluy asup ka jero kamar keur maké baju jeung sarung. Tuluy ngamparkeun sajadah. Cong Yudi solat subuh. Geus réngsé solat mah, sajadahna ditilepan deui. Teu pohoeun deuih, sarung ogé ditilepan. Yudi ngaganti sarung ku calan saragam sakola jeung siap-siap.

Ceuk pikirna, bisi aya nu kaliwat jeung teu rapih. Dasina nu ngagantung dina beuheungna tuluy dibenerkeun. Kitu deui kancing bajuna nu pangluhurna diomékeun. Topina ogé tara poho dipaké dina sirahna. Méméh sakola, Yudi sasarap heula.

Diwurukan ku mamahna sangkan teu salatri. Sasarap isuk-isuk téh alus keur kaséhatan. Tangtu waé mekelan tanagana keur diajar di sakola. Diajar di sakola ogé jadi getol lantaran teu lapar. Kana mikir jeung narima pangajaran jadi sayaga. Saméméh diajar diasakola Yudi jeng babaturana kudu ngadu’a heula. [/asap_note]

Artinya:

Yudi itu anak yang baik, disekolahnya juga ia pintar. Yudi disukai oleh teman-temannya. Sehingga tannya banyak sekali, selain itu mau kesiapa juga Yudi selalu menyapa. Tidak pernah membeda-bedakan temannya.

Pagi-pagi Yudi sudah berangkat kesekolah, ia tidak pernah kesiangan, karena bangunnya juga ia pagi-pagi sekali. Subuh Yudi sudah mandi. Tidak pernah lupa menggunakan sabun dan menggosok gigi. Apbila sudah mandi, ia mengelapnya dengan handuk. Oleh karena itu Yudi selalu sehat

Setelah mandi Yudi kemudian masuk kedalam kamar, lalu memakai baju dan sarung. Kemudian mengamparkan sajadah. Lalu Yudi sholat subuh. Setelah selesai sholat, sajadah di lipat, begitu juga dengan sarungnya. Lalu yudi menggantinya dengan seragam sekolah dan bersiap-siap.

Ia berfikir, takut nanti ada yang terlupa dan tidak rapi. Dasi yang menggantung di lehernya lalu di benarkan. Begitu juga dengan kancing baju yangnpaling atas di betulkan. Topinya juga tidak pernah ia lupakan untuk digunakan dikepalanua. Sebelum berangkat sekolah, Yudi sarapan terlebih dahulu

Ibunya memberitahukan bahwa sarapan pagi itu sangat bagus untuk kesehatan. Tentu saja sebagai bekal tenaga untuk belajar disekolah. Berfikir dan menerima pelajaran juga menjadi mudah karena tidak lapar. Sebelum belajar di sekolah Yudi dan teman-temannya harus berdo’a terlebih dahulu.

Karangan Narasi Tentang Menjaga Kebersihan lingkungan Bahasa Sunda

[asap_note color_bg=”#ffffc1″ color_text=”#181818″ position=”left”] Lingkungan nu beresih mangrupikeun salah sahiji faktor anu paling penting dina kahirupan manusa anu kedah dijaga kalayan saé. Contona, salah sahiji kabutuhan penting dina kaséhatan lingkungan sorangan nyaéta masalah cai bersih.

Urang kudu mastikeun yén cai bersih salawasna kudu dijaga, sapertos memerhatikeun sistem pamiceunan cai limbah ulah nepi kadipiveun ka walungan. Sabab, ieu bakal nyababkeun polusi, salain kitu mun usum hujan datang upami masalah sapertos kieu terus teu dipalire, mangka bencana banjir sareng virus panyakit bahaya tiasa muncul di lingkungan urang.

Sabenerna, anu ngabalukarkeun polusi lingkungan lolobana disababkeun ku leungeun manusa. Upami ieu terus teu dipaliré, hawa anu dihirupan manusa bakal terus kacemar. Pikeun ngantisipasi lumangsungna masalah lingkungan kawas kieu, urang kudu merhatikeun kabersihan lingkungan sabudeureun,

Sabab lingkungan mangrupa sumber napas manusa. Jadi, lamun kabersihan lingkungan salawasna dijaga, mangka kaséhatan manusa ogé bakal salawasna ka jaga. [/asap_note]


Baca juga: Contoh Karangan Bahasa Sunda Tentang Kesehatan 3 dan 4 Paragraf

Artinya:

Lingkungan yang bersih adalah salah satu faktor yang paling penting dalam kehidupan manusia yang perlu dijaga dengan baik. Contoh salah satu kebutuhan pentong dalam kesehatan lingkungan yaitu masalah air bersih

Kita harus memastikan bahwa air bersih ini harus terjaga, seperti memeperhatikan sistem pembuangan air limbah jangan sampai dibuang ke sungai. Sebab ini akan menyebabkan polusi, selain itu apabila musim hujan datang kalau masalah ini tidak dihiraukan maka bencana banjir dan virus penyakit berbahaya dpaat muncul dilingkungan kita

Sabenarnya yang menyebabkan polusi lingkungan banyak disebabkan oleh tangan manusia. Apabila tidak diperhatikan maka udara uangnkita hirup akan terus tercemar. Untuk mengantisipasi masalah seperti ini, kita harus memeperhatikan kebersihan lingkunhan sekitar kita, sebab lingkungan merupakan sumber nagas manusia. Jadi kalau kebersihan lingkungan ini kita jaga maka kesehatan manusia juga bisa terjaga.

Karangan Narasi Tentang Liburan Bahasa Sunda Singkat 3 Palagraf dan Artinya

[asap_note color_bg=”#ffffc1″ color_text=”#181818″ position=”left”] Sabot liburan sakola dina poé minggu kamari, abdi sareng keluarga angkat jalan-jalan ka Kebon Binatang Ragunan nu aya dijakarta. Basa dina poé éta téh Abdi sabenerna teu sabar pisan keur liburan sareng kulawarga sarta dulur abdi.

Jam 04.00 enjing Abdi tos hudang pikeun ngabantosan pun indung nyiapkeun sadaya pangabutuh anu kedah di bawa. Sanggeus nyiapkeun sagalana nu kudu dibawa, Abdi jeung kulawarga teu langsung mangkat kaditu, tapi Abdi sadaya sasarap heula béh beuteung teu kosong teuing lamun indit liburan engkena.

Jam nunjukeun tabuh 07.00 WIB, Abdi sakulawarga mangkat naék mobil pribadi. Bapa calik dina bangku supir, sarta pun indung calik dibelahna di bangku hareup. Samentara éta, Abdi jeung saderek milih diuk dina korsi panumpang di tukang, sabab ceuk Abdi mah leuwih tumaninah mun calik didinya téh. [/asap_note]

Artinya:

Saat liburan sekolah pada hari minggu kemarin aku dan keluarga pergi jalan-jalan ke kebun binatang yang ada dijakarta. Saat hari itu aku sebenarnya tidak sabar sekali untuk pergi liburan bersama dengan keluarga serta saudaraku ku.

Jam 04.00 pagi aku sudah terbangun untuk membantu ibuku menyiapkan segala kebutuhan yang harus dibawa. Sesudah menyiapkan segalanya yang harus dibawa, Aku dan keluargaku tidak langsung berangkat kesana, tapi kami semuanya sarapan terlebih dahulu agar perut tidak terlalu kosong ketika berangkat liburan nantinya.)

Jam menunjukkan pukul 07.00 WIB, Aku sekeluarga berangkat menaki mobil pribadi. Ayahku duduk di bangku supir, dan ibuku duduk disebelahnya dibangku depan. Sementara aku dan saudaraku memilih duduk di kursi penumpang di belakang, sebab menurutku lebih nyaman kalau duduk disana.

Baca juga: 7+ Karangan Eksposisi Bahasa Sunda Tentang Lingkungan, Alam, Makanan Dll

Bagaimana mudah bukan cara membuatnya? Nah, itulah beberapa contoh karangan narasi bahasa sunda yang singkat dengan beberapa tema seperti tentang kebersihan lingkungan, pelajaran, dan tentang liburan. Semoga bisa bermanfaat untuk referensi tugas kamu dalam membuat karangan narasi dirumah atau disekolah.

Populer

Flashnews