Contoh Karangan Kegiatan Sehari-hari (Kagiatan Sapopoe) Bahasa Sunda

Dibawah ini adalah contoh cerita kegiatan sehari hari dalam bahasa sunda atau karangan kagiatan sapopoe yang bertemakan tentang kegiatan disekolah (kagiatan disakola) beserta dengan terjemahannya. Berikut adalah contoh karangan yang diambil dari buku siswa bahasa sunda.

Contoh Karangan Kagiatan Sapopoe ka Sakola Singkat

Contoh Karangan Kagiatan Sapopoe ka Sakola Singkat

Isuk-isuk Yudi indit ka sakola. Saméméh indit sok uluk salam heula ka mamahna.Ka sakolana sok bareng jeung sobat-sobatna. Yudi sok nyoréndang kantong buku. Laleumpangna sok sisi jalan belah kénca.Tara ngaréndéng lobaan laleumpangna téh.Ari sababna, mun leumpang ngaréndéng, sok ngahalangan jalan batur.

Datang ka sakola tara langsung asup ka kelas. Sok ngarariung heula hareupeun kelas. Lamun bu guruna datang, barudak sok baris. Barisna hareupeun lawang kelas. Saméméh asup ka kelas, dipariksa kuku heula. Unggal budak dipariksa kukuna saurang-saurang. Anu kukuna beresih disina asup ka kelas.

Di kelas barudak diuk dina korsi bari sidakep. Saméméh dialajar, barudak ngadu’a heula. Ngadu’a ditungtun ku ibu atawa bapa guru. Barudak ngabandungan guru saregep pisan. Tara ieuh hareureuy. Balageur barudak téh. Sagala piwuruk guru diperhatikeun enya-enya.

Sangkan sagala rupa pangajaran babari katarimana. Diajar téh tugas jeung kawajiban urang sapopoé. Ku kituna, urang kudu diajar sing suhud jeung rajin. Ulah sok melid komo bari jeung diajar lalawora. Ari sababna, diajar téh gedé gunana keur urang. Mun teu diajar soson-soson bakal kaduhung ahirna. Engké urang jadi sedih lantaran goréng niléyna. Ari babaturan jaligrah lantaran aralus niléyna.


Yudi berangkat ke sekolah pada pagi hari. Sebelum berangkat, ia selalu menyapa ibunya terlebih dahulu, ia selalu berangkat ke sekolah bersama teman-temannya. Yudi selalu membawa tas buku. Ia selalu berjalan di sisi kiri jalan, Tara banyak diam jika berjalan, makanya jika ia berjalan dengan tenang, ia sering menghalangi jalan orang lain.

Sesampainya disekolah langsung masuk ke dalam kelas. Selalu berkumpul terlebih dahulu di depan kelas. Saat guru datang, anak-anak selalu berbaris. Antriannya ada di depan pintu masuk kelas. Sebelum masuk kelas, periksa dulu kuku Anda. Setiap anak diperiksa satu per satu. Mereka yang kukunya bersih masuk ke kelas.

Di dalam kelas, anak-anak duduk di kursi sambil berdiri. Sebelum belajar, anak mengeluh terlebih dahulu. Mengeluh dipimpin oleh ibu atau ayah guru. Anak-anak sangat rajin memeluk gurunya. Tara gugup. Anak-anak senang. Semua nasehat guru dipatuhi ya-ya.

Sehingga segala macam ajaran diterima. Belajar adalah tugas dan kewajiban kita sehari-hari. Oleh karena itu, kita harus belajar berdoa dan tekun. Jangan selalu rajin meski belajar ceroboh. Oleh karena itu, belajar sangat bermanfaat bagi kita. Jika tidak belajar, pada akhirnya Anda akan menyesal. Belakangan kami menjadi sedih karena nilainya yang buruk. Teman-teman senang karena nilainya bagus-bagus semuanya.

Baca juga: Contoh Karangan Bahasa Sunda Kebersihan Lingkungan Sekolah

Salah satu kegiatan sehari-hari yang umum dilakukan adalah menjaga kebersihan diri. Mandi, sikat gigi, dan merapikan diri adalah contoh rutinitas harian yang penting untuk menjaga kesehatan dan memulai hari dengan segar. Selain itu, mengatur pola makan juga termasuk dalam kegiatan sehari-hari yang perlu diperhatikan. Selain itu, aktivitas kerja atau belajar juga merupakan bagian dari kegiatan sehari-hari kita.

Secara keseluruhan, setiap bagian dari kegiatan sehari-hari memiliki peranan penting dalam membentuk kehidupan yang seimbang dan berkualitas. Dengan melakukan kegiatan sehari-hari dengan disiplin dan kesadaran, kita dapat memaksimalkan potensi diri, menjaga kesehatan, serta mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan waktu luang.

Populer

Flashnews