2+ Karangan Bahasa Sunda Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Menulis karangan merupakan salah satu kegiatan dasar untuk mengasah kreatifitas anak, contohnya dengan membuat tulisan karangan tentang lingkungan sekolah dengan bahasa sunda misalnya. Selain melatih penggunaan bahasa yang baik dan benar siswa juga akan belajar melatih kreatifitas dengan menggembangkan ide gagasan yang ada difikarannya kedalam bentuk tulisan.

Baca juga: Contoh Karangan Tentang Pertama Kali Masuk Sekolah Bahasa Sunda

Dibawah ini ada salah satu contoh karangan yang isinya berupa karangan tentang cara memelihara lingkungan dengan menggunakan bahasa sunda yang singkat dan mudah untuk dipahami khususnya untuk anak.

Contoh Karangan Bahasa Sunda Tentang Cara Memelihara Lingkungan Sekolah Singkat dan Artinya

Contoh Karangan Bahasa Sunda Tentang Cara Memelihara Lingkungan Sekolah Singkat dan Artinya

Lingkungan sakola abdi

Abdi sakola di SDN Guna Dharma, langkung tepatna di Jalan Cipaganti, Bandung. Buruan sakola Abdi ogé lega pisan. Rerencangan sakola Abdi sok arulin di buruan sakola. Kaulinan antara barudak awéwé jeung lalaki tara campur, tapi sok misah. Barudak awéwé sok arulin ucing-ucingan, sedengkeun ari barudak lalaki mah sok maé bal ku bal pelastik.

Poé sabtu Abdi jeung réréncangam aya kagiatan dialajar beberesih di buruan sakola. Aya siswa nu sasapu di kelas aya ogé nu di luar kelas. Aya nu ngelapan kaca, aya ogé budak nu keur ngahapus papan bor. Mun aya runtah kudu dicokot kana wadah runtahkeun. Sabab lamun kaayaan lingkungan sakolana beresih atuh tempat diajarna ogé matak jadi genaheun, jadi bahan pangajaran ogé babari katarimana.

Salain ku ayana kagiatan bebersih lingkungan sakola éta, disakola abdi oge murid-muridna geus dilatih dibéré tanggung jawab, ku cara méré tugas pikét. Saban poé tugas pikétna béda-béda. Lamun aya tuhas piket, bararudak téh pikétna soson-soson pisan tara males. Da rumasa geus dibéré tanggung jawab ku guruna éta. Mémang tanggung jawab téh kudu dilaksanakeun enya-enya.

Sabab, pagawéan téh ari digarap babarengan mah karasana hampang. Saméméh prak digawé ngalaksanakeun tugas piket, teu poho barudak sok ngadu’a heula.

Terjemahan:

Karangan tentang lingkungan yang sehat


Aku bersekolah di SDN Guna Dharma, lebih tepatnya di jalan Cipaganti, bandung. Teman-teman sekolahku suka bermain dilingkungan sekolah. Permainan antara anak lelaki dan perempuan tidak bersama, akan tetapi berpisah. Anak perempuan biasanya suka bermain kucing-kucinhan, sedangkan kalau anak lelaki suka bermain bola pelastik.

Hari sabtu aku dan teman-teman sudah belajar bersih-bersih dilingkungan sekolah, ada anak yang bebersih dikelas dan diluar kelas, ada yang membersihkan kaca dan ada juga anak yang memebersihkan papan tulis. Apabila ada sampah harus dibuang ketempat sampah. Sebab kalau keadaan lingkungan sudah bersih itu akan membuat suasana belajarnya menjadi enak, sehingga bahan pelajaran akan mudah diterima.

Selain adanya kegiatan bersih-bersih dilingkungan sekolah, disekolahku juga murid-muridnya sudah dilatih diberikan tanggung jawabdengan cara memberikan tugas piket kepada mereka. Setiap hari tugas piket berbeda-beda. Ketika ada tugas piket, anak anak rajin sekali tidak males-malesan, karena mungkin merasa sudah diberi tanggung jawab oleh gurunya tersebut. Memang kalau tanggung jawab itu harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Sebab, pekerjaan apabila dikerjakan secara bersama-sama akan terasa ringan, sebelum melaksanakan tugas piket, tidak lupa anak-anak juga berdo’a terlebih dahulu.

Contoh Karangan Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah Bahasa Sunda

Contoh Karangan Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah Bahasa Sunda

Kelas :  X
Pelajaran : Bahasa Sunda
Tugas : Kelompok/Perorangan
Tema : Karya Tulis Karangan

Anu ngabogaan tanggung jawab pikeun ngajaga kaberesihan lingkungan sakola teh nyaeta urang sarerea. Urang sadaya kedah mibogaan kasadaran pikeun ngajaga kaberesihan, boh di sakitaran lingkungan imah boh di sakitaran lingkungan sakola.

Kaberesihan lingkungan sakola teh kudu dijaga, ulah ngan saukur mun dititah wungkul ku guru. Ku ayana lingkungan anu beresih tangtu tiasa ngabantu urang kahindar tina sagala rupa panyakit. Janten, kabersihan di lingkungan sakitar urang teh wajib dijaga ku hal-hal anu positif supados bersih jeung lestari lingkungan sakola éta, sabab kabersihan teh mangrupakeun sabagian tina iman.

Ayeuna, tos seueur pisan sagala macem panyakit anu disababkeun ku teu apikna jalma-jalma kana lingkungan. Loba jalma nu ngahaja ngarusak lingkungan pikeun kapentinganna sorangan. Aktivitas anu négatif ieu teh pasti bakal ngajieun masalah di waktos mangsa kahareupna.

Dimana urang ayena tos terang kiwari loba pisan masalah nu ditimbulkeun gara-gara lingkungan anu kotor di lingkungan urang. Janten, urang sadaya kedah emut kana ngajagi lingkungan dimana wae ayana.


Salah sahiji masalah tina teu bersihna lingkungan nyaéta datangna panyakit, kusabab loba jalma nu teu ngajagi kabersihan lingkungana. Lamun hiji lingkungan tos kotor, loba sampah dimana-mana, geus pasti panyakit moal tiasa urang hindaran.

Kusabab eta, urang kedah ngajaga kabersihan lingkungan sapertos di lingkungan sakola. Kalakuan anu sakirana ngarusak atawa ngotoran lingkungan sakola, kedah urang carek. Sabab, sagala perkawis kedah di mimitian ku urang sadaya terutami pikeun ngajaga kabersihan di lingkungan sakola.

Artinya:

Setiap orang bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kita semua harus memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekolah. Kebersihan lingkungan sekolah harus dijaga, tidak hanya jika diperintahkan oleh guru.

Memiliki lingkungan yang bersih tentunya dapat membantu kita terhindar dari segala macam penyakit. Maka kebersihan di lingkungan sekitar kita harus dijaga dengan hal-hal yang positif agar lingkungan sekolah bersih dan lestari, karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

Saat ini banyak penyakit yang disebabkan oleh sikap buruk masyarakat terhadap lingkungan. Banyak orang dengan sengaja merusak lingkungan untuk keuntungan mereka sendiri. Kegiatan negatif ini pasti akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Dimana kita sekarang sudah tahu, belakangan ini banyak sekali masalah yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor di lingkungan kita. Jadi, kita semua harus ingat untuk menjaga lingkungan dimanapun kita berada.

Salah satu masalah lingkungan yang tidak bersih adalah datangnya penyakit, karena banyak orang yang tidak menjaga kebersihan lingkungan. Jika lingkungan kotor, banyak sampah dimana-mana, sudah pasti penyakit tidak bisa dihindari.

Oleh karena itu, kita harus menjaga kebersihan lingkungan seperti di lingkungan sekolah. Perbuatan yang merusak atau mencemari lingkungan sekolah harus kita marahi. Sebab, segala urusan harus dimulai dari kita semua, terutama menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.

Baca juga: Karangan Bahasa Sunda Tentang Kesehatan 3 dan 4 Paragraf!

Kesimpulan:

Berbicara mengenai kebersihan memang sangat penting sekali untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam lingkungan sekolah. Untuk menuliskan karya tulis berupa karangan yang berhubungan dengan kebersihan di lingkungan sekolah ini, tentunya kita terlebih dahulu harus paham dan mengetahui materi seputar kebersihan yang akan kita bahas nantinya.

Tips Membuat Karangan Tentang Kebersihan Lingkungan Dengan Bahasa Sunda

Kalau dalam bahasa indonesia kita kenal dengan EYD atau eja’an yang disempurnakan, maka dalam menulis karangan dengan menggunakan bahasa sunda, kita juga harus menggunakan ragam bahasa sunda yang sopan dan juga rapi.
Tips Membuat Karangan Tentang Kebersihan Lingkungan Dengan Bahasa Sunda

Karangan sendiri berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan ide atau gagasan dari sang penulis tentang suatu hal, misalnya tentang kebersihan sekolah. Karangan dikatakan bagus dilihat dari sejauh mana karangan tersebut dapat dipahami oleh pembaca, jika  pembaca paham, maka karangan tersebuit bisa dikatakan bagus.

Oleh karena itu, pengarang harus menyusun tulisan-tulisanya dengan baik. Dengan demikian semua kalimat pada tiap palagraf dalam karangan tersebut harus mengacu pada suatu tema yang di bahas. Artinya, kata-kata yang dibahas ada kaitannya dan saling mendukung dengan judul atau tema karangan yang kita buat.

Baca juga: Contoh Karangan Kegiatan Sehari-hari (Kagiatan Sapopoe) Bahasa Sunda

Lantas apa manfaat yang kita dapatkan dalam membuat karangan dengan bahasa sunda ini? Manfaat dari kita membuat karangan ini adalah untuk melatih murid dalam menulis dengan menggunakan ragam bahasa sunda, sekaligus sarana untuk menuangkan ide kedalam karya tulis.

Dengan demikian, siswa/siswi diharapkan memiliki keterampilan menulis dengan baik yang nantinya akan berguna di suatu saat nanti. Oleh karena itu, contoh karangan bahasa sunda tentang kebersihan lingkungan sekolah diatas hanya sekedar untuk bahan referensi saja, jadi sebaiknya buatlah sendiri karangannya.

Nah bagaimana, mudah bukan? Nah mungkin itu saja mengenai artikel contoh karangan tentang lingkungan sekolah dengan judul memelihara lingkungan sekolah dengan menggunakan bahasa sunda dan artinya. Semoga dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam membuat tugas karangan disekolah atau dirumah kamu.

Populer

Flashnews