Contoh Karangan Argumentasi Bahasa Sunda dan Artinya

Karangan argumentasi dalam bahasa Sunda sebenarnya sama saja, yakni merupakan karangan yang memiliki tujuan untuk membuktikan suatu kebenaran, agar para pembaca tersebut yakin kepada kebenaran yang terdapat dalam karangan yang kita buat tersebut, sehingga untuk membuktikan semua itu kita juga membutuhkan beberapa data dan fakta untuk meyakinkan pembaca.

Ciri-ciri dari karangan argumentasi bahasa Sunda

a. Kalimah nu meyakinkeun pamaca ngeunaan kana hiji pamadegan nu ditulis
b. Pamadegan nu ditulis dilengkepan data, fakta, grafik, gambar, atawa tabel
c. Henteu kudu ngajelaskeun subjektivitas si penulis
d. Dina kalimahna teu ngandung emosi nu nulis
e. Ngawengku logika sarta penalaran

Baca juga: 3+ Contoh Karangan Narasi Bahasa Sunda Singkat & Artinya

Karangan Argumentasi Tentang Pencemaran Udara Bahasa Sunda Singkat

Karangan Argumentasi Tentang Pencemaran Udara Bahasa Sunda Singkat

Di jaman ayeuna geus loba pisan sampah di mana-mana, hal ieu bisa ku urang tempo di sakuriling tempat urang. Sampah-sampah eta asalna ti jalma-jalma anu teu tanggung jawab sarta males kana miceun sampah kana tempatna.

Sampah-samah nu kakumpul tangtuna bisa nimbulkeun bau nu kurang merenah, ku kituna bisa nimbulkeun pencemaran udara. Salain kitu, tumpukan sampah oge ngajadikeun sarang dina macem-macem sarang panyakit nu ngabahayakeun.

Sumber panyakit nu timbulkeun dina tumpukan sampah eta, bisa ka bawa ku udara atawa angin nu bisa kahirup ku urang. Akibatna, urang bisa gering jeung tangtuna bisa oge nular oge ka jalma nu lian nu ngahirup udara kasebat.

Terjemahan:

Dijaman seperti sekarang ini banyak sekali sampah dimana-mana, hal ini bisa kita lihat disekitar tempat kita sendiri. Sampah tersebut berasal dari masyarakat yang tidak bertanggung jawab dan malas membuang sampah pada tempatnya.

Sampah yang terkumpul tentunya dapat menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga dapat menimbulkan pencemaran pada udara. Selain itu, tumpukan sampah juga menjadikan sarang berbagai penyakit yang berbahaya.

Sumber penyakit yang muncul dari tumpukan sampah tersebut, bisa terbawa melalui udara atau angin yang dapat terhirup oleh hirup. Akibatnya kita bisa sakit dan tentunya juga bisa menular kepada orang lain yang menghirup udara tersebut.

Baca juga: 2+ Karangan Bahasa Sunda Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Contoh Karangan Argumentasi Basa Sunda Tentang Kerusakan Lingkungan

Contoh Karangan argumentasi Basa Sunda Tentang Karusakan Lingkungan

Karuksakan lingkungan tos lumangsung di mana-mana, hampir disakumna disababaraha di wilayah urang sepertos, leuweung, laut, walungan jeung lain sajabana, ku sabab karuksakan eta kiwari alam teh geus kaleungitan kelestariannya.

Hal ieu disababkeun ku manusa nu sarakah nu sangeunahna wae nyokot mangpaat ti alam, jeung teu merdulikeun kana kalestarian lingkungan jeung kasalamatan nu lian. Kiwari urang geus nempo loba musibah-musibah nu kajadian saperti banjir, taneuh urug, jeung sajabana.

Contona banjir anu lumangsung misalna, eta teh disababkeun ku jalma nu miceun sampah papaduan ka walungan, nuar tangkal papaduan, sarta dirobahna irigasi resapan cai jeung lain sajabana. Henteu ngan ukur dina walungan, karuksakan lingkungan oge lumangsung di leuweung. Kiwari seueur jalmi anu nuar tangkal pikeun kapentingan pribadina wungkul.

Sabab kajadian taneuh urug misalna nu lumangsung bisa disababkeun ku hal nu kitu. Sabab, nuaran tatangkalan nu kaleuleuwihan bisa nyebabkeun taneuh kaleungitan tanagi keur tahanan cai, ku kituna cai anu datang sabot hujan turun bisa nyebabkeun taneuh urug.

Naha musibah-musibah anu lumangsung kasebat tacan oge nyadarkeun ka urang sadaya yen alam kiwari teh tos ka cemar. Alam rusak teh aya campur leungeun manusa keneh. Ku sabab eta, hayu mimiti ti ayeuna urang ngajaga kalestariana saperti miceun sampah katempatna, ulah nuar tangkal papaduan, sarta ngahindaran kalakuan negatip laina.


Artinya:

Kerusakan lingkungan terjadi dimana-mana, hampir meliputi sebagian di wilayah kita seperti hutan, laut, sungai dan lain sebagainya. karena kerusakan itu alam menjadi kehilangan kelestariannya.

Sebenarnya hal ini disebabkan oleh manusia yang serakah yang hanya memanfaatkan alam untuk kepentingan pribadi, yang tidak peduli terhadap kelestarian lingkungan dan keselamatan orang lain. Saat ini kita telah melihat banyak sekali bencana yang terjadi seperti banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya.

Misalnya banjir yang terjadi, hal ini disebabkan oleh orang-orang yang membuang sampah sembarangan ke sungai, menebang pohon, merubah sistem irigasi dan resapan air dan lain-lain. Tidak hanya di sungai, kerusakan lingkungan juga terjadi di hutan. Saat ini banyak orang yang menebang pohon hanya untuk kepentingan mereka pribadi.

Karena peristiwa tanah longsor yang terjadi bisa disebabkan oleh hal-hal tersebut. karena penebangan pohon dengan jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan tanah kehilangan energinya dalam menahan air, sehingga air yang keluar saat hujan bisa menyebabkan tanah longsor.

Mengapa bencana-bencana yang terjadi tersebut belum juga menyadarkan kita semua, bahwa alam kini sudah tercemar. Alam rusak karena campur tangan manusia. Untuk itu, mari kita mulai dari sekarang menjaga kelestariannya seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak menebang pohon sembarangan, serta menghindari perilaku negatif lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Teks Deskripsi Dengan Bahasa Sunda

Langkah Menulis Karangan Argumentasi dalam Bahasa Sunda

Untuk dapat menulis karangan argumentasi dalam basa sunda, kita harus dapat bertumpu pada langkah-langkah penulisannya yang biasanya digunakan sebagai patokan atau persyaratan dalam membuat karangan argumentasi dalam basa sunda yang baik, berikut adalah langkah-langkahnya.

Menentukan dulu topik karangan argumentasi yang akan kita buat, misalnya tentang pentingnya makanan bagi kesehatan atau agar lingkungan bersih, dan lain sebagainya.

Menentukan tujuan dalam karangan argumentasi yang akan kita buat tersebut, misalnya tujuannya untuk meyakinkan para pembaca bahwa kesehatan itu sangat penting dengan mengkonsumsi makanan yang sehat atau lingkungan bersih itu sangat penting bagi kesehatan, dan sebagainya.

Agar para pembaca yakin dengan uraian atau karangan yang kita buat, maka kita perlu mencari bahan-bahan yang cukup agar dapat mengembangkan topik tulisan yang akan kita buat seperti mencari referensi bahan di internet.

Terakhir, mulailah menyusun kerangka karangan berdasarkan topik yang akan kita bahas dengan tujuan yang sudah kita tentukan sebelumnya tersebut

Nah, itulah sedikit contoh mengenai karangan argumentasi dalam bahasa sunda yang singkat, mohon maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisan artikel diatas, untuh contoh karangannya sisilahkan dikembangkan kembali penulisannya.

Populer

Flashnews