Stiker Hemat Energi Bahasa Sunda, Kumpulan Contohnya!

Dalam membuat stiker hemat energi dalam bahasa Sunda ini berarti kita harus mempersiapkan terlebih dahulu sebuah teks, bacaan atau wacana mengenai hemat energi. Sedangkan energi yang menjadi sumber energi itu berbagai macam ada yang disediakan oleh alam dan ada yang harus diolah terlebih dahulu.

Baca juga: Poster Iklan Bahasa Sunda Lengkap Dengan Contoh Gambarnya

Contoh stiker sederhana yang dapat dibuat misalnya apabila kita mau mengajak orang lain agar menghemat listrik, kita dapat menggunakan kalimat bahasa sunda seperti ini.

"Gunakeun listrik saperluna"

"Kadé hilap mareuman Tv lamun teu di tingali"

Selain berhubungan dengan listrik, bisa juga dengan sumber daya alam seperti bensin, solar, minyak tanah, batu bara, dan sumber energi lainnya yang asalnya dalam tanah, tujuan kita dalam membuat stiker hemat energi ini tentunya saja agar kita dapat menghemat dan tidak menghambur-hamburkannya.

Indeks
  1. Contoh Stiker Bahasa Sunda Tentang Hemat Energi
  2. Contoh Teks Kata-kata Hemat Energi Basa Sunda

Contoh Stiker Bahasa Sunda Tentang Hemat Energistiker hemat energi bahasa sunda

Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh stiker bahasa sunda tentang hemat energi sebagai bahan referensi, bisa kamu ubah sedikit kata-katanya untuk membantu penyelesaian tugas pelajaran bahasa sunda disekolahmu.

Desain stiker bahasa sunda tentang hemat energi Desain stiker bahasa sunda hemat BBM

Desain stiker menghemat air keran

Contoh Teks Kata-kata Hemat Energi Basa Sunda

Dan berikut adalah kata kata dalam bahasa sunda yang bisa digunakan dalam stiker seperti pada gambar diatas.

"Istirahatkeun lampu lampu, lamun teu dianggoan. Listrik ka kontrol, dompet aman dikantong!" (Istirahatkan lampu, jika tidak digunakan)

"Lain ukur BBM nu kidu dihemat, mareman keran sing tertib eta hiji cara ngahemat jutaan liter cai di dunya ieu." (Bukan saja BBM yang harua di hemat, mematikan keran dengan tertib merupakan salah satu cara menghemat jutaan liter air di dunia ini)

"Ulah poho tutup deui keran cai lamun tos dianggoan, hayu urang ngahemat cai." (Jangan lupa tutup lagi keran airkalau sudah digunakan, mari kita menghemat air)

"Limbah disakitar urang bisa jadi sumber energi alternatif" (Limbah sisekitar kita bisa jafi sumber energi alternatif)

"Sumber energi mahal, ulah di hahambur!" (Sekarang sumber energi mahal, jangan di buang percuma)

"Sumber energi beak hirup balangsak, hayu urang hemat BBM" (Sumber energi habis hidup susah, mari kita menghemat BBM)

"Sapedah, solusi sehat, pikeun ngahemat BBM jeung ngurangan kamacetan!" (Bersepeda solusi sehat untuk menghemat BBM dan mengurangi kemacetan!)

Penutup:

Dalam tugas pembuatan stiker tentang hemat energi seperti ini selain kita diajarkan untuk menghemat energi terutama yang ada dalam lingkungan sekitar kita juga biasanya untuk ditempelkan dalam papan informasi di sekolah, seperti halnya poster dalam bahasa Sunda yang ukurannya lebih besar dari stiker ini.

Baca juga: 50+ Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda dan Gambarnya

Nah, demikianlah beberapa contoh stiker yang isinya mengajak kita untuk menghemat sumber daya energi yang ada pada lingkungan sekitar dalam bahasa Sunda. Semoga dapat bermanfaat khususnya untuk materi pelajaran di kelas 3 dan kelas 4.