Kumpulan Contoh Iklan Bahasa Sunda Materi dan Gambarnya

Contoh Iklan Bahasa Sunda – Iklan adalah suatu bentuk sarana komunikasi yang biasa digunakan lewat berbagai media dalam menyampaikan suatu informasi, misalnya seperti produk atau barang, gagasan, jasa, layanan, dan lain sebagainya kepada orang lain atau masyarakat luas.

Iklan yang baik tentu saja harus objektif dan juga jujur, menarik, singkat, jelas, serta tidak bertentangan dengan unsur SARA. Selain itu, dalam penyampaian harus mudah dipahami, mudah diingat, persuasif, serta sebisa mungkin dapat mengundang rasa penasaran masyarakat.

Baca Juga: Ciri-ciri serta perbedaan bewara dengan iklan bahasa sunda

Iklan memang menjadi suatu proses komunikasi yang sangat penting sekali untuk sarana pemasaran, seperti untuk menjual barang, jasa, memberi layanan, atau gagasan serta ide lainya, baik itu iklan dalam bahasa indonesia maupun bahasa sunda sendiri.


Tak heran iklan ini diartikan oleh kebanyakan orang sebagai segala bentuk promosi penawaran barang terhadap suatu produk atau jasa, yang disampaikan lewat beberapa media, seperti televisi, radio, media online, dan media cetak.

Perbedaan Iklan Komersil Dan Non Komersil

Iklan sendiri ada dua jenis, yakni ada iklan komersil (iklan standar) dan juga iklan non komersil atau iklan yang bersifat sosial seperti layanan masyarakat. Dibawah ini adalah perbedaanya, dan saya buatkan juga beberapa contoh iklan dalam bahasa sunda beserta gambarnya.

A. Iklan Komersil (Iklan Standar)

Iklan standar atau biasa disebut dengan iklan komersil, merupakan iklan yang ditata secara khusus untuk keperluan memperkenalkan ataupun untuk menjual seperti produk, barang, jasa, atau pelayanan untuk konsumen.

Tujuan iklan komersil ini tentu saja untuk mendapatkan keuntungan secara ekonomi. Iklan komersil memang banyak sekali disekitar kita, terutama di televisi. Lalu bagaimana dengan iklan dalam bahasa sunda? Nah, berikut ini merupakan contoh iklan komersil menggunakan bahasa sunda.

Contoh Iklan Komersil Bahasa Sunda dan Gambarnya

Iklan Menjual Baju

Contoh Iklan Baju Bahasa Sunda

LIMITED EDITION!!!
Acuk Saé ti bandung, nu sanés mah moal bakal boga!! Di jamin Hadé, Manggga geura pesen!! Édisi kawates! Khusus ayeuna hungkul.. Meser 3 haratis 1 !!!

Iklan Hp Dalam Bahasa Sunda

Contoh Iklan menjual hp

Anyar!!
SUNDA PHONE!!
Hp khusus pikeun urang sunda, sistem android paling anyar 6.0 kamera 20 MP, Ram 4 GB, internal 32 GB, ngan sa’ukur 1 jutaan,. Garansi 1 taun!! Mangga, enggal geura di pesen…!!

Iklan Dagang Kopi

Contoh Iklan penjualan Kopi Bahasa Sunda

MOAL GAGAL DIJAMIN!. Kopi “CAP KALONG” kopi nikmat, 100% kopi asli ti tatar pasundan. Mangga ulah asa-asa, geura enggal cobian kopi istimewa kanggo urang sunda. Raoskeun bédana sareng kopi nu liana!!! Mangga, tiasa dipesen kana no telepon ieu : (021) xxx..

Kumpulan Contoh Iklan Bahasa Sunda Laina


Anggoan 7 Dinten, JARAWAT LANGSUNG KABUR!! Obat jarawat “JERAMI” paling mujarab, hasil ramuan obat-obatan tradisional ti kolot baheula, dijamin ampuh pisan pikieun ngaleungitkeun jarawat. Jarawat teu cager 7 dinten, mangga balikeun deui ubarna!!!

Mantap!!! sapédah anyar “SUNPEDAH” sapédah paling kuat sa-jawa barat!! Sapédah portable tiasa di lipet-lipet neupi ka alit kacida.. pesen ayeuna! Gratis ongkir!

HADE PISAN !!
Payung anti bocor, dijieun tina bahan berkualitas pilihan! Bahan kuat moal bocor, moal soék, pokona tahan sagala-galana, dijamin!!! awét! Saumur hiruppp! Geura mésér ayeuna, (promo) meser 2 haratis 1!!!

PROMO AHIR TAUN!! Baso berkah! “BASO URAT” paling ageung, diskon 50% kanggo sadaya dulur,  terutamina anu tuang di dinten sabtu sareng minggu, pangaos cocok dikantong palajar. Mangga cobian, dijamin wareggg…!!

 
Iklan diatas hanya sebagai contoh saja, jadi nama produknya mungkin saya buat aneh, untuk itu silahkan diubah agar lebih spesifik lagi iklan bahasa sundanya. Silahkan bisa juga dibuat lebih panjang dengan menambahkan spesifikasi dari produknya.

B. Iklan Non-Komersil (Sosial Atau Layanan Masyarakat)

Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bersifat non-profit sehingga hanya mencari keuntungan yang bersifat sosial, bukan keuntungan komersial secara langsung. Tujuan iklan ini untuk membentuk citra baik ditengah masyarakat, dan iklan ini biasanya berupa ajakan.

Contoh Iklan Bahasa Sunda Sosial, Layanan Masyarakat Atau Iklan Non-komersil


Dalam hal ini tentu mudah sekali membedakannya, iklan komersial banyak sekali kita jumpai disekitar kita terutama di televisi, dan iklan non komersil lebih sering kita jumpai dilingkungan pendidikan seperti di sekolah misalnya, karna iklan jenis ini biasanya hanya berisi kalimat ajakan saja.

Iklan tentang menghemat Air 

Iklan tentang menghemat Air bahasa sunda

“Lain Ukur Pulsa Nu Kudu di Hémat
Nga-hémat cai, berarti éta hartina urang
ogé ngahémat jutaan liter cai didunya ieu..”

Iklan Sosial Tentang Pendidikan

Iklan Sosial Tentang Pendidikan bahasa sunda

“Hayu sakola..!!
Barudak indonesia kudu sakola!
sakola téh nyieun urang pinter
sabab disakola loba anu ku urang terang
sareng loba babaturan, sarta pangalaman liana!!”

Iklan Sosial Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Iklan Sosial Bahaya Merokok Bagi Kesehatan bahasa sunda

“Pareman roko salira ti ayeuna ogé
 sateuacan roko ngarenggut nyawa sarta lingkungan sakitaran urang!”

 
Untuk contoh iklan sosial bahasa sunda lainya, bisa lihat disini: contoh iklan layanan masyarakat bahasa sunda

Intinya, dalam membuat iklan misalnya dalam bahasa sunda ini, yang perlu diperhatikan ialah sedapat mungkin iklan tersebut terlihat menarik, menimbulkan minat, membuat penasaran dengan menggunakan kata-kata yang menarik perhatian, jujur dan yang terakhir ringkas dan jelas.

Maaf tidak semua teks contoh iklan bahasa sundanya saya buatkan gambar, karena agar tidak memberatkan halaman pada blog ini. Semoga bermanfaat, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan artikel diatas. Hatur nuhun..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *