Poster Iklan Bahasa Sunda Lengkap Dengan Contoh Gambarnya

By | Juni 7, 2022

Poster iklan bahasa sunda – Poster merupakan media publikasi yang berupa tulisan, gambar, atau juga merupakan suatu kombinasi antara keduanya. Membuat poster iklan dalam bahasa sunda tujuannya sama, yaitu untuk memberikan informasi terkait produk, jasa, ajakan, dan sebagainya kepada orang banyak.

Poster iklan juga sering dikaitkan sebagai hasil karya seni ataupun desain grafis yang berisi komposisi antara teks atau tulisan dengan gambar, yang di buat diatas media yang berukuran besar (seperti kertas, kain, dsb).

Kumpulan poster iklan dalam basa sunda

Contoh Poster Iklan Bahasa Sunda

Pada umumnya poster iklan yang sering kita lihat biasanya sering berada di jalanan, ditempel di dinding, atau tempat ramai yang lainnya dengan maksud untuk mencari perhatian orang-orang dengan sekuat mungkin.

“Poster menjadi salah satu media ampuh dalam mempromosikan suatu iklan, produk, kegiatan, jasa, ajakan, atau bahkan sarana media pendidikan dan masih banyak yang lainnya, sesuai kehendak si pembutnya.”

Baca: Perbedaan BEWARA Dengan IKLAN Sunda Dan Contohnya

Poster biasanya di pasang di tempat-tempat ramai, yang di rasa strategis, seperti di jalan, di sekolah, pasar, kantor, mall, tempat wisata, dan tempat-tempat ramai lainnya, agar pesan atau informasi dalam poster iklan tersebut dapat disampaikan kepada masyarakat luas, poster iklan umumnya bersifat mengajak masyarakat.

Contoh Poster Iklan Bahasa Sunda

Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh poster hasil pembuatan dengan menggunakan bahasa sunda, beserta maksud atau tujuannya:

Poster Akibat Ngagunakeun Narkoba

Poster Akibat Ngagunakeun Narkoba bahasa sunda


Simpulan gambar Poster: Poster ini menjelaskan tentang bahaya narkoba dan akibat-akibat yang terjadi apabila menggunakannya dalam lingkungan sekitar, poster ini mengajak kita untuk menjauhkan diri terhadap narkoba.

Poster iklan Ngahindaran Korona

Poster Iklan Tentang Kesehatan Ngahindaran Korona

@ Japelidi



Poster sunda dengan tema kesehatan diatas mengangkat tema tentang pencegahan virus korona serta cara-cara untuk menjauhkan diri dari serangan virus korona dengan menggunakan bahasa sunda.

Poster Tentang Bahaya Ngaroko Keur Kasehatan

Poster bahaya merokok bagi kesehatan dalam bahasa sundaKutipan teks kalimat poster: Liren ngaroko, pilihan nu sae kanggo diri. Sabab Seueur pangaruh goreng tina ngaroko, salah sahiji resiko beuratna nyaeta pupus!

Poster Stop Ngaroko!

Poster bahasa sunda tentang bahaya merokok

Poster di atas menjelaskan tentang bahaya merokok yang bisa mengganggu kesehatan kita. Poster tersebut menjelaskan tentang bahaya yang terkandung pada rokok jika di hisap setiap harinya. Dengan kata lain, poster ini mengajak kita untuk hidup sehat tanpa merokok.

Contoh Teks Poster Sunda Pentingna Maca Buku

poster basa sunda pentingna maca buku

Kutipan Kalimat teks poster: “Hayu urang pikaresep kana maca buku. Maca tiasa ningkatkeun kamampuh otak, ngaronjatkeun pangaweruh, sarta nambihan pangabisa urang! Tumpukan buku moal ngahianatan mangsa hareup salira. Hayu urang maca, hiji buku teu acan cekap midamel salira ngarasakeun dunya”.

Poster Pentingna Urang Maca Buku

poster spiderman oge maca buku


Poster dalam bahasa sunda diatas mengangkat tema tentang pendidikan, mengenai pentingnya kita membaca buku karena ilmu yang terdapat pada buku banyak sekali dan dapat kita pelajari untuk bekal di masa depan nanti.

Poster Tentang Ngajaga Lingkungan Sakola

Poster ngajaga lingkungan sakola

Poster ini mengangkat tema tentang pentingnya menjaga lingkungan sekolah, dengan cara membuang sampah pada tempatnya, dengan menggunakan kalimat yang singkat namun langung mengarah pada maksud dan tujuannya.

Kutipan teks poster:

“Jaga kabersihan sakola urang, kalayan miceun sampah kana tempatna, Jalma nu pinter, jalma nu miceun sampah kana tempatna.”

Poster Iklan Sosial Masyarakat

Pada contoh poster iklan diatas bertujuan untuk mengajak kita berbagi dalam hal kebaikan kepada seama khususnya di hari jum’at.

Kutipan kalimat sunda dalam poster:

“Jum’at berkah. Tos siap salira babagi? Sedekah teu kudu ngadagoan kaya. Tong pundung mung ngan ukur tiasa masihan sakedik keur sedekah, sabab pasti aya kabagjaan engkina. Sedekah di poe jumat pahalana saperti sedekah di bulan romadon”.

Tips Singkat Dalam Menulis poster

Jika kita perhatikan dari contoh poster bahasa sunda diatas hampir mirip seperti halnya iklan dalam bahasa sunda, karena si poster ini juga sama-sama merupakan suatu cara untuk memberitahukan suatu gagasan atau ide, hal penting, atau ide baru kepada masyarakat luas.

Perbedaan poster dengan iklan, hanya terletak pada:

  • Daya tarik iklan daya tariknya dapat melalui kata-kata, gambar, efek suara, dan gerak. Iklan bisa dipasang atau dimuat pada media-media masa.
  • Sementara itu, daya tarik poster hanya mengandalkan kombinasi antara gambar dengan kata-kata atau kalimat saja. Selain itu, poster biasanya hanya dipasang di tempat-tempat umum.

Jenis-jenis Poster Sesuai Fungsinya

Jenis jenis poster jeung fungsina

  • 1. Poster niaga: Poster jenis ini fungsinya untuk menawarkan ataupun memperkenalkan suatu barang-barang yang baru.
  • 2. Poster kegiatan: Poster ini fungsinya untuk memberitahukan kejadian atau peristiwa penting, misalnya informasi penting untuk di ketahui atau untuk di ikuti masyarakat, seperti misalnya poster konser musik, sepakbola, kampaye, dan lain sebagainya.
  • 3. Poster layanan masyarakat: Poster jenis ini fungsinya untuk memberikan penjelasan, berita, informasi yang tujuannya untuk membuat kesadaran masyarakat mengenai suatu hal mengangkat kepentingan bersama, memberikan informasi yang baik. Seperti misalnya tentang kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Baca: Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda dan Gambarnya

Bagaimana Cara Menulis Poster Dengan Bahasa Sunda?


Langka-langkah dalam membuat poster berbahasa sunda secara umum kita hanya mempergunakan bahasa yang sopan dan sesuai saja, sehingga tidak menggunakan kata-kata yang kasar. Dan langkah-langkah secara garis besarnya adalah sebagai berikut:

1. Tentukan Subjek (pokok bahasan)

Menentukan pokok bahasan atau subjek mengenai informasi apa yang akan disampaikan atau yang akan kamu jadikan poster. Tentukan juga apa yang akan di bahas dalam poster tersebut, nantinya untuk sekedar sosialisasi atau hanya untuk promosi? Misalnya tentang “pentingnya membaca.”

2. Merumuskan pesan yang akan disampaikan

Poster biasanya dibuat dengan kalimat-kalimat inti yang langsung mengenai informasi yang disampaikan, sehingga kalimat poster di buat singkat agar mudah di pahami dan dibaca dan bisa kamu disampaikan dengan baik maksud dari informasi tersebut.

Misalnya poster tentang pentingnya membaca, kita dapat mencari intisari dari kalimat pentingnya membaca tersebut, serta menyusun kalimat dengan singkat, dan jelas.

Memilih kata-kata yang menarik dan mudah diingat, serta menuliskan dengan huruf besar dan dengan paduan warna yang menarik sehingga mudah dibaca dan diingat.

3. Menggunakan gambar

Gambar adalah salah satu alat untuk memperkuat dalam penyampaian informasi dalam poster, gunakan gambar dengan ukuran lebih besar dari tulisan, karena ini cara untuk menarik minat pembaca.

Kesimpulan:

Poster merupakan media penyampaian informasi kombinasi tulisan dengan gambar berukuran besar di tempel di tempat umum yang bersifat ajakan, poster dibagi menjadi 3 yaitu poster iklan niaga, poster kegiatan, dan poster layanan masyarakat.

Nah, mungkin itu artikel kali ini tentang contoh poster iklan bahasa sunda dan sedikit tips tentang cara membuat kalimat dan memadukannya dengan gambar, semoga bisa bermanfaat. Terimakasih atas waktunya.