Kata Kata Sungkeman Untuk Ayah dan Ibu Atau Orang Tua Sedih

Kata kata sungkeman untuk ayah dan ibu atau orang tua dibawah ini menurut saya numayan sedih yang dapat diucapkan dari seorang anak kepada kedua orang tuanya. Istilah sungkeman sendiri dapat kita artikan sebagai tanda bakti atau sujud, bisa juga merupakan prosesi adat yang dilakukan dari seseorang yang biasanya lebih muda kepada orang yang lebih tua dengan tujuan sebagai bentuk penghormatan maupun sebagai bentuk permintaan maaf.

Nah, di bawah ini adalah kata-kata sungkeman yang dapat diucapkan kepada Ayah dan Ibu atau orang tua dari seorang Anak yang biasanya juga dilakukan ketika hari-hari besar seperti lebaran, idul fitri,  ataupun pada saat prosesi acara-acara tertentu seperti pernikahan maupun meminta restu kepada kedua orang tua kita, dan berikut adalah contoh naskah teksnya.

Kata Kata Sungkeman Untuk Ayah dan Ibu Atau Orang Tua

Kata Kata Sungkeman Untuk Ayah dan Ibu Atau Orang Tua SedihAyah dan Ibu …

Hari ini kami bersimpuh dihadapmu untuk menyampaikan rasa terima kasih kami, atas segala pengorbanan yang telah ibu dan ayahberikan kepada kami, sehingga kami bisa seperti sekarang ini. Tidak terbayangkan betapa perihnya Ibu dan ayah dalam mendidik kami, ayah dan ibu senantiasa membimbing kami, ayah dan ibu cukupkan kebutuhan kami tanpa pamrih.

Di ujung sujud, ayah dan ibu rangkaikan nama-nama kami untuk memohon keridhoan-Nya, keselamatan, kebahagiaan bagi kami di dunia dan akhirat. Masih belum cukup, dipenghujung malam ayah dan ibu tumpahkan segala pengharapan kepada Ilahi, agar kami benar-benar menjadi Anak yang bermanfaat.

Ayah dan Ibu …

Jalan kami masih panjang, maka kami sangat membutuhkan keberadaan ayah dan Ibu di sisi kami. Kami sangat membutuhkan belaian lembut ayah dan ibu. Kami sangat membutuhkan doa-doa ayah ibu..

Ayah dan Ibu …

Maafkanlah kami, kami belum mampu membuat kalian bahagia. Namun dalam hati ini tertanam tekad bahwa Suatu saat ayah dan ibu akan tersenyum bangga dan penuh syukur karena Allah kabulkan doa ayah dan ibu yang tak pernah berhenti mengalir.

Ayah dan ibu …

Saat ini, kami baru mampu lantukan doa “Allahumaghfirli wali walidayya warham huma kama rabbayani soghiraa.” Yaa Allah, limpahkanlah kasih sayang-Mu pada ayah dan Ibu kami, sebagaimana ia telah mengasihi kami diwaktu kecil.

Yaa Allah, kami mohon mudahkan lah segala urusan ayah dan ibu kami. Ya Allah, jika suatu saat Engkau memanggil ayah dan ibu kami, berilah kesempatan pada mereka untuk tersenyum bahagia, tersenyum penuh syukur atas kami. Ya Allah kabulkan hajat kami. Aamiin. Alhamdulillah hirabbil’alamiin.

Kesimpulan:

Meskipun tradisi sungkeman ini lebih akrab dengan prosesi adat Jawa dan sunda khususnya dalam hal pernikahan, misalnya dilakukan ketika kedua mempelai memohon doa restu kepada kedua orang tuanya. Namun, dalam konteks lain seperti dalam beberapa sistuasi lainnya sungkeman ini juga diartikan menjadi wujud dari permintaan maaf maupun bakti kepada orang tua seperti ibu dan ayah.

Baca juga:  Puisi sungkeman bahasa sunda kepada orang tua

Demikianlah contoh sungkeman kepada ayah dan ibu yang yang dapat diucapkan dari seorang anak kepada orang tuanya semoga dapat bermanfaat.

Populer

Flashnews