Adat, Tradisi dan Budaya

Jampe Sunda Kuno, Jangjawokan Sima Aing Sima Maung!

×

Jampe Sunda Kuno, Jangjawokan Sima Aing Sima Maung!

Sebarkan artikel ini

Jampe sunda kuno memiliki nilai sastra yang patut kita lestarikan, meskipun saat pembuatannya bukan untuk kepentingan kalangan tertentu, namun jampe juga dapat disebut sebagai karya sastra karena merupakan warisan budaya sunda dari kolot baheula atau karuhun yang diturunkan secara turun temurun, disamping didalamnya memiliki pemilihan kata yang indah yang termasuk kedalam estetika bahasa.

Jampe atau mantra menurut bahasa sangsekerta yang dikenal oleh masyarakat sunda kuno memiliki artian yakni ucapan-ucapan atau kalimat yang dianggap memiliki kekuatan gaib apabila dikerjakan sambil dibarengi dengan bermacam-macam persyaratan tertentu sebelum pengerjaannya.

Advertise By Adsense
Advertise By Adsense

Baca juga: Ilmu Sunda Buhun Lengkap, Mantra Peninggalan Karuhun!

Adapun macam-macam fungsi jampe atau mantra ini digunakan dulunya untuk menghilangkan rasa sakit, menghindari bahaya, mengusir hantu (jurig) dan lain sebagainya. Apabila dilihat dari fungsinya, secara terperinci jampe itu bukan karya sastra, namun apabila dilihat dari segi pemilihan bahasa termasuk kedalam karya sastra puisi karena liriknya memiliki kekuatan yang masuk kedalam estetika bahasa.

Kumpulan Contoh Jampe Sunda Kuno

Jampe sunda kuno, jangjawokan sunda sima aing sima maung

Jampe ketika melewati tempat yang angker (mahluk gaib)

Ada jampe yang disebutnya sebagai rajah, ini untuk permohonan maaf kepada yang menguasai suatu tempat (mahluk gaib), meminta ijin supaya terhindar dari segala macam bahaya agar tidak menyesatkan ketika sedang melewati tempat yang angker misalnya, atau untuk menghindari bangsa dedemit yang suka menggangu manusia.

Unu-unu di mana ngedeng
Ngedeng tong di mana-mana
Teuing ti peuting saiang
Pertiwi ti beurang
Saiang muntara lulun ali-ali
Batara guru bisi datang
Wisaya ti tukang tulang ka saiang
Batara gamblang bisi datang
Wisaya ti gigir bintih ku saiang
Naga gunting bisi datang
Wisaya ti hareup beulit ku saiang
Ngarajah bisi datang
Wisaya ti luhur tuduhkeun ku saiang
Naga gamblang muhung ruping
Bungtan ku layung batara guru.

Jampe Beunghak Beuteung

Cakakak di leuweung
Injuk talina
Dihakan dibeuweung
Hitut jadina
Plong blos plong blong……

Jampe Nyimpen Beas

Mangga nyi pohaci
nyimas alame nyimas mulane
geura ngalih ka gedong manik ratna inten
abdi ngiringan
ashadu sahadat panata, panetep gama
iku kang jumeneng lohelapi
kang ana teleking ati
kang ana lojering Allah
kang ana madep maring Allah
iku wuju salamaet ing dunya salamet ing akherat

As’hadu alla illaha illalloh
wa’ashadu anna Muhammaddarrasolullah
abdi seja babakti kanu sakti, agung tapa
nyanggakeun sangu putih sapulukan
kukus kuning purba herang
tuduh kang seseda tuhu
datang ka sang seda herang
tepi ka kang seda sakti
nu sakti neda kasakten
neda deugdeugan tanjeuran

Jampe ngisikan (mencuci beras)

Mangga nyimas alene nyimas maulene
geura siram dibanyu mu’min
di Talaga Kalkaosar
abdi ngiringan
nyi pohaci budugul wulung
ulah jail babawaan kaula
heug..
nyi pohaci barengan jati
ulah jail kaniaya
ka nyi pohaci sukma jati
heug..

Jampe Arék Mandi

Nawaétu Ranggani namaning istri
dat ludiat dat cahyaning pangéran
jisim abdi ngangken cahyaning pangéran

Jampe Keur Mandi

Cahaya mamandi cahya
ya iku anganggo cahyaning macan gebong
maka wulung ati
digugul sia bagulong-gulong
beunang gulungan pantang sia bagolong
tek anceup tek sieup ka awaking

Jampe Maké Minyak

Minyak aing minyak watu
dipidu di sihung maung
diocék di panonpoé
sekar taji suru gajah
nya gajah tunggal katau
wus kabeubeur
wus kabeungkeut atina si anu
atawa atina wong sajagad kabéh

Jampe Nyerepkeun Élmu dina Sapoé Sapeuting

Seri Tapa Mulanggana
awak panipuh buana
anyipuh Sang Hyang Tapa
nur dat nur sipat
nurtes bakaling manusa
trét cai bakaling manusa
lailaha ilalloh Muhammad darosululloh

Jampe Nyaba

saméméh indit kudu ngagedig bumi tilu kali sarta maca:
bumi tuli jagat buta
rep peteng wong sajagat kabéh

Jampe masamoan

Jampe masamoan (berkunjung) dibawah ini bertujuan agar memiliki kekuatan yang tersinari pohaci yang ada didalam dirinya. Bahkan ada semacam perintah bathin kepada bathin siapapun yang ada ditempat pasamoan tersebut untuk tunduk dan menerima ke hadirannya.

Nu ngariung jiga lutung
Nu ngarendeng jiga monyet
Nya aing mandahna!
Maung pundung datang turu
Badak galak datang depa
Galudra di tengah imah
Kakeureut kasieup ku pohaci awaking.

Jangjawokan Sunda Sima Aing Sima Maung

Sima aing sima maung” merupakan salah satu jangjawokan atau jampe sunda yang cukup terkenal dan tidak sedikit pula masyarakat sunda yang masih mempergunakannya, tentunya dengan beberapa persyaratan tertentu sebelumnya pengamalan.

Adapun salah satu fungsinya, yakni agar lebih disegani lawan, contoh misalnya ketika ada seseorang yang ditakuti konon dengan membaca jampe ini orang yang dimaksud akan segan kepadanya. Ada beberapa versi dari jangjawokan ini, berikut adalah beberapa diantaranya.

Conto 1

Sima aing sima maung
Sima manusa satitik manggiri
Satangkal jeung badan
Marah sia geus kapungkas
Sangkiricik ngaran sia keur leutik
Sangkuricak ngaran sia keur budak
Kapingkas kapungkas amarah sia ku aing
Sing asih..
Welas asih ka diri aing.

Conto 2

Sima aing sima maung
Wana asih badak
Metu, metu, mati gening
Oh si… (pulan) bin… (pulan)

Keindahan kata-kata begitu sangat terlihat dalam merangkai wirahma atau kalimat yang membuat indah terdengarnya dan begitu mempengaruhi yang mendengarkan jampe-jampe bahasa sunda diatas. Jampe sunda itu ada bermacam-macam, ada yang disebut dengan ajian, mantra, rajah, jangjawokan dan lain sebagainya.

Baca juga: