Artikel Bahasa Sunda Tentang Lingkungan, Alam, Udara dan Artinya

Dibawah ini adalah contoh artikel bahasa sunda yang lebih tepatnya berkaitan dengan alam dan lingkungan hidup, sehingga artikel yang akan dibahas dalam bahasa sunda kali ini meliputi semua yang berhubungan dengan alam seperi udara atau pencemaran udara, dan sebagainya. Baiklah berikut langsung saja simak artikelnya dibawah ini.

Artikel Bahasa Sunda Tentang lingkungan Alam,Udara Singkat dan Artinya

Contoh Artikel Bahasa Sunda Tentang Lingkungan dan Alam, Udara dan Artinya

Urang téh mangrupakeun mahluk ciciptan Alloh. Kitu deui jeung alam, sasatoan, sarta tutuwuhan. Jadi, urang teu bisa leupas tina alam. Geura waé ti mimiti nyeuseup hawa, geus sabaraha lobana hawa nu ku urang iseupan. Mun urang teu nyeuseup hawa, tangtuna urang moal bisa ngambekan.

Mun urang keur diuk atawa leumpang, karasa anginna ngahiliwir. Angin sok nebak dangdaunan nepi ka aroyag. Mun gedé mah, angin téh matak gedé bahayana. Tatangkalan bisa rungkad. Kenténg imah ogé bisa ngarapung. Aya angin muih tarik, disebutna angin puyuh.

Urang teh gumantung ka alam. Misal mun keur nginum, urang tantuna perlu cai. Kitu deui keur mandi. Isuk-isuk urang bisa moyan lantaran aya cahaya panon poé. Kitu deui mun moé papakéan matak garing ku ayana cahaya panon poé. Alam dunya ogé bakal poék mongkléng mun euweuh cahaya panon poé.

Coba hég perhatikeun mun ti peuting. Urang tinggali ka langit, bakal katempo bulan jeung béntang. Bulan moncorong buleud. Mun tengah-tengah bulan, bulan caangna mabra. Ari béntang caangna téh ting karelip. Mana kitu gé bakat ku jauh. Kusabab kitu, lingkungan alam urang teh kudu dijaga. Sabab, ngajaga lingkungan téh mangrupakeun kawajiban urang sadaya.

Artinya:

Kita itu merupakan makhluk ciptaan Allah. Begitu juga dengan alam, hewan, serta tumbuhan. Jadi kita tidak dapat lepas dari alam. Coba saja kita mulai dari menghirup udara, sudah berapa banyak hawa yang kita hisap. Apabila kita tidak menghirup udara, tentu saja kita tidak dapat bernafas.

Apabila kita duduk atau berdiri, terasa anginnya berhembus. Angin juga menerpa daun-daun hingga bergoyang. Apabila besar, angin tentu saja membahayakan. Pohon-pohon dapat terjatuh. Genting rumah dapat terbang. Ada angin yang memutar, disebutnya angin puyuh.

Kita itu tergantung dengan alam. Misalnya untuk minum, kita membutuhkan air. Begitu juga dengan mandi. Pagi-pagi kita dapat berjemur karena ada cahaya matahari. begitu juga apabila menjemur pakaian dapat kering karena adanya cahaya matahari. Alam dunia akan gelap gulita apabila tidak ada cahaya matahari.

Coba kita perhatikan saat malam. Kita dapat melihat langit, akan terlihat bulan dan bintang. Bulan terlihat bulat, apabila ditengah-tengah bulan, sangat terlihat terang. Kalau bintang terlihat berkelip-kelip, karena sebab sangat jauh. Oleh sebab itu, lingkungan alam kita harus dijaga. Sebab, menjaga lingkungan itu merupakan kewajiban kita semuanya.

Artikel terkait lainnya:  Artikel Sunda Tentang Masalah Lingkungan Hidup Bagi Manusia!

Nah, itu saja contoh artikelnya yang biasanya terdapat dalam tugas untuk kelas 2 sd, dalam mata pelajaran bahasa sunda di sekolah, jangan lupa baca juga artikel berbahasa sunda lainnya pada menu kategori artikel sunda yang sudah disediakan untuk contoh artikel-artikel lainnya. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam pembuatan tugas artikelmu.


Jangan lupa, kunjungi juga channel youtube kami ya gaes, tentang Animasi si Otong anak sekolah lucu di @sundanation. Hatur nuhun!