Surat Pribadi Bahasa Sunda Untuk Orang Tua Beserta Contoh Gambarnya

By | Maret 12, 2019

Menulis memang memiliki banyak manfaat, termasuk dalam menulis surat pribadi. Selain untuk mengekspresikan berbagai prasaan, menulis juga menjadi salah satu cara untuk mencurahkan isi hati yang sedang galau melalui sebuah tulisan yang menjadi wakil dari pribadi seseorang tersebut.

Dengan bahasa yang digunakan dalam tulisan, ini bisa menunjukan kepibadian seseorang yang menulisnya. Seperti misalnya, dalam tugas sekolah membuat surat pribadi bahasa sunda untuk orang tua yang sebenarnya ini untuk menguji sejauh mana kreatifitas berbahasa sunda yang dapat dikembangkan oleh siswa dalam menulis.

Dibawah ini kita akan menuliskan contoh surat pribadi untuk orang tua dalam bahasa sunda seperti untuk ibu dan ayah yang akan dilengkapi juga dengan gambar sistematik dari bagian-bagian isi surat pribadi untuk lebih mempermudahkan kita dalam membuat surat pribadi dalam bentuk bahasa sunda yang baik.

Karena terkadang ketika seseorang menulis surat pribadi ini melupakan suatu kesalahan-kesalahan kecil, seperti misalnya salah dalam menuliskan tempat dan tanggal, salah dalam menuliskan tujuan surat, salah dalam menempatkan tanda baca koma atau titik, dan salah dalam menuliskan ejaan yang tepat.

Nah untuk itu, pada materi ini kita akan belajar bersama-sama menulis surat pribadi untuk orang tua seperti untuk ibu dan ayah sekaligus memahami sistematik dari surat pribadi bahasa sunda tersebut melalui gambarnya.

Surat Pribadi Bahasa Sunda Untuk Orang Tua

Surat pribadi untuk orang tua digunakan sebagai alat komunikasi antara anak dengan orang tuanya seperti untuk ibu ataupun bapaknya, yang isinya menyangkut hal-hal atau kepentingan pribadi, meskipun bahasa dalam surat ini tidak resmi, tetapi harus dibuat sopan dan jelas.

SURAT PRIBADI UNTUK IBU BAHASA SUNDA BESERTA CONTOH GAMBARNYA

Pada contoh surat pertama ini misalnya seorang siswa meminta izin kepada orang tuanya yang tinggal berjauhan untuk mengikuti studytour di sekolahnya, maka berikut contoh surat yang dapat dituliskannya anak tersebut. Klik gambar untuk memperbesar.

Surat pribadi bahasa sunda untuk orang tua beserta contoh gambarnya
Surat pribadi bahasa sunda untuk orang tua

Bogor, 14 desember 2020

Kahatur bapa/ibu,
Di jakarta.

Assalamualaikum wr wb,
Mugia dina sumpingna serat ieu tiasa masihan béwara anu bagja kanggo ibu kalih bapak di jakarta. Kumaha bu, pa damang? Samulihna abdi dina danget ieu nuju aya dina panang tayungan Allah swt. Kalintang bagjana abdi upami ngadangu ibu sinareng bapak ogé aya dina kaayaan sehat. Amin

Pamaksadan abdi ngintunkeun ieu serat téh nya éta badé ngawartoskeun yén dina dinten sabtu payun, kaping 17 desember 2019. Abdi badé ngiring study tour ka bandung. Nah, ku kituna abdi nyuhunkeun pidu’ana ti ibu kalih bapak supados engkin tiasa salamet dugi ka tujuan sareng lancar dina sagala pamaksadan. Lamun jadi mah engkin teh angkatna enjing-enjing langsung ti sakolaan naek bus sinar jaya.

Manawi mung sakitu serat ti abdi, pamugi-mugi ibu kalih bapa masihan restu sareng pidu’ana kanggo abdi. Wassalamualaikum wr, wb.

Wilujeung patepang deui bu,

Kustian

 

SURAT PRIBADI BAHASA SUNDA UNTUK BAPAK DAN GAMBARNYA

Pada contoh yang kedua ini kita akan menggunakan bahasa sunda yang lebih umum, dalam surat ini seorang anak ingin mengabarkan kepada bapaknya yang ada di sukabumi bahwa dia tidak bisa pulang buru-buru ke kampung halamannya dikarenakan pekerjaannya yang belum selesai.

Bandung, 14 desember 2020

Kahatur bapa Andi,
Di sukabumi.

Assalamualaikum pa?
Pa kumaha kabarna diditu? Mugi-mugi dina ka ayaan damang nya? Alhamdulilah abdi ogé di dieu damang pa ayeuna mah. Ari kamari mah kungsi muriang, tos saminggu teu damel tapi alhamdullilah  ayeuna mah tos cageur pa.

Pa, dina sasih payun téh abdi tacan tiasa waka uih ka sukabumi, ku sabab padamelan di dieu tacan réngsé sadayana. Padahal mah abdi téh tos siap-siap keur uih kaditu, atuh da kumaha deui bosna ogé tacan masihan waktos, saurna ceunah engkin baé sasih marét lamun badé uih mah ceunah.

Nya abdi teu tiasa kumaha-maha lamun tos saurna kitu mah, mugi-mugi baé tiasa réngsé buru-buru nya padamelana? Sabab abdi gé tos lami hoyong pisan papendak sareng bapa jeung emi di sukabumi. Mugi  sasih payuna abdi tiasa uih nya pa? Amin.

Sakitu baé pa anu tiasa abdi kabarkeun dina serat ieu, engkin abdi pasihan kabar deui nya pa kapayuna. Wassalamualaikum pa.

Salam deudeuh,

Kustian

Demikianlah contoh surat pribadi bahasa sunda yang dapat disampaikan anak kepada orang tuanya. Karna pada umumnya, surat pribadi inibersifat personal atau bebas, sehingga tidak memiliki patokan yang baku.

Surat ini bisa dituliskan menggunakan bahasa sunda sehari-hari sesuai kebiasaan, dan berisi masalah-masalah yang pribadi. Namun secara umum begitulah susunan surat pribadi yang baik, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *