10 Pakakas Kabersihan, Alat Kebersihan Dalam Bahasa Sunda

Kebersihan merupakan aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan, baik di lingkungan sekitar maupun di lingkungan sekolah. Untuk menjaga kebersihan tersebut tentunya kita membutuhkan alat-alat kebersihan (pakakas kabersihan) yang efektif dan efisien.

Baca juga: 50+ Pakakas Sunda Dan Fungsinya, Ngaran Parabot Dapur, Dll

Indeks
  1. Gambar Nama Alat Pakakas Kabersihan Bahasa Sunda
    1. 10 Alat kebersihan dalam bahasa sunda
  2. Nama-Nama Alat Kebersihan Bahasa Sunda dan Fungsinya

Gambar Nama Alat Pakakas Kabersihan Bahasa Sunda

Berikut dibawah ini adalah beberapa gambar dari nama-nama alat kebersihan dalam bahasa sunda yang umum digunakan.

Nama Alat Pakakas Kabersihan Bahasa Sunda

10 Alat kebersihan dalam bahasa sunda

Sebenarnya ada banyak sekali alat atau perkakas kebersihan yang sering kita pakai untuk kebutuhan sehari-hari yang berada disekitar kita. Namun dibawah ini hanya beberapa nama saja alat kebersihan dalam bahasa sunda tersebut

  1. Sapu Injuk
  2. Sapu Nyere
  3. Lap panangan
  4. Kekesed
  5. Pengki
  6. Sikat Injuk
  7. Kamoceng
  8. Sikat lante
  9. Kored
  10. Tapas Kalapa
  11. Kesed
  12. Ceumpal

Nama-Nama Alat Kebersihan Bahasa Sunda dan Fungsinya

1. Sapu nyere

Sapu nyere (lidi) terbuat dari beberapa batang daun kelapa atau daun pohon aren yang kemudian di ikat. Sapu nyere memiliki peran penting dalam membersihkan sampah di sekitar rumah. Selain itu bisa digunakan untuk menyapu genangan air yang terbentuk di halaman, tembok, dan bahkan kamar mandi.

2. Sapu Injuk

Sapu Injuk  digunakan untuk menyapu bagian dalam rumah. Bagian bawah yanag terbuat dari serat pohon aren yang dijalin menjadi satu, berwarna hitam seperti rambut. Selain itu, pegangan dan gagang dibuat dari kayu bambu atau rotan dan kemudian diikat.

3. Sapu Jarami

Sapu Lantai Jarami adalah sapu yang dibuat khusus untuk menyapu lantai di rumah atau ruangan karena terbuat dari batang jerami, yang memiliki berat yang ringan. Dengan bahan lentur dari bambu cuing, gagang sapu ini sangat baik untuk menghilangkan debu kecil dan halus.

4. Pengki

Pengki, juga disebut serokan, adalah alat kebersihan yang biasa digunakan di luar rumah bersama dengan sapu lidi. Pengki biasanya terbuat dari bambu yang dianyam tanpa gagang, memiliki bentuk seperti sekop yang datar.

5. Sikat Injuk

Sikat injuk dibuat dengan menggunakan serat pohon aren yang diikat pada kayu berbentuk kotak. Digunakan untuk membersihkan lantai dan kamar mandi serta pakaian dan perabotan rumah.

6. Sapu Palupuh

Sapu Palupuh merupakan alat khusus yang digunakan untuk membersihkan lantai rumah panggung (di Jawa Barat disebut palupuh) terbuat dari batang bambu yang dipotong dan dibelah kecil-kecil sehingga menyerupai lidi. Gagang atau pegangannya terbuat dari bilah bambu atau kayu yang ujungnya diikat.

7. Kamoceng

Kemoceng adalah alat untuk membersihkan debu yang memiliki bagian bulu yang terikat menjadi satu bagian. Bentuk dan bahan kemoceng beragam, termasuk yang terbuat dari bulu, kain, rafia, atau dengan batang yang terbuat dari kayu, besi, atau rotan.

8. Elap

Elap adalah kain yang digunakan untuk membersihkan perabotan, peralatan rumah hingga untuk mengepel lantai.

9. Kored

Kored adalah alat berbentuk cangkul kecil yang digunakan untuk membersihkan rumput di ladang, pematang sawah, atau sawah.

10. Tapas Kalapa

Tapas Kalapa atau sabut kelapa dulunya dapat digunakan untuk hal kebersihan seperti untuk mencuci peralatan yang kotor seperti piring, gelas, dan sebagainya. Namun kini sudah tergantikan dengan spons.

11. Kesed

Keset merupakan alat pembersih yang berguna untuk membersihkan alas kaki yang yang kotor, seperti sepatu atau sandal sebelum masuk ke dalam rumah. Letaknya biasanya di luar rumah atau sebelum melewati pintu. Kesed ini Terbuat dari ijuk atau anyaman sabut kelapa., serta bentuknya persegi dan lonjong.

12. Ceumpal

Ceumpal merupakan semacam lap kain yang biasanya digunakan untuk mengangkat bperalatan yang panas di dapur, misal ketika akan mengangkat panci, katel, citel, kastrol, dan peralatan panas lainnya.

Baca juga: 40+ Istilah Patukangan Bahasa Sunda Contoh Kalimat dan Pertanyaan

Nah, demikianlah nama-nama alat kebersihan atau pakakas kabersihan bahasa sunda lengkap beserta dengan gambar dan penjelasannya, semoga bermanfat dan dapat dijadikan sebagai bahan referensi dalam belajar basa sunda di sekolah.