Materi Kawih – Menyanyikan, Memahami dan Mencari Purwakantinya

Materi Kawih, Menyanyikan dan Memahami Serta Mencari Purwakantinya

Setiap orang tentunya memiliki kesukaan masing-masing terhadap berbagai aliran jenis lagu atau dalam bahasa sunda kita sebut dengan kawih. Jangan lagu K-pop saja yah yang di nyanyikan, mari kita coba dengan kawih-kawih Sunda karena banyak juga loh dari kawih Sunda ini yang enak untuk didengarkan.

Karnena menurut penelitian para ahli, bahwa dengan mendengarkan lagu tertentu ini dapat menaikkan kemampuan bekerja serta mengurangi stress sampai ke 30%. Wah ternyata banyak sekali ya manfaat dari mendengarkan lagu atau lagu ini.

Baca juga: Manfaat ngadengekeun musik nu umum urang rasakeun!

Nah, pada pelajaran bahasa Sunda tentang kawih ini, khususnya materi kelas 8 ini mari kita belajar bersama-sama tentang Kawih Sunda. Pada pelajaran ini kita akan belajar tentang menyanyikan kawih atau lagu Sunda, memahami isi kawih, mencari purwakanti kawih dan menceritakan isi kawih.

Mendengarkan Kawih Sunda

Mendengarkan Kawih Sunda

Pertama-tama, mari kita dengarkan terlebih dahulu kawih di bawah ini melalui kaset maupun CD yang bia dinyanyikan oleh bapak atau ibu guru di sekolah.

Kawih Pahlawan Toha

Getih suci nyiram bumi
tulang sétra mulang lemah
babakti sungkem pertiwi
cikal bugang putra bangsa

Nyatana Muhamad Toha
pahlawan Bandung Selatan
patriot ti Dayeuh Kolot
tugu diwangun ngajadi ciri
taraté nu mangkak ligar di émpang
Muhammad Toha jadi bukti gugurna pahlawan bangsa

Baca juga: Kumpulan 35+ Contoh Kawih atau Kakawihan Bahasa Sunda!

B. Memahami Isi Kawih Sunda

Kawih Sunda itu banyak sekali jenis-jenis dan alat yang dapat mengiringinya. Seperti, ada kawih yang diiringi oleh calung, degung, kecapi, suling, malah ada juga kawih yang hanya diiringi dengan keyboard atau gitar saja.

Untuk tema atau judulnya juga bermacam-macam, ada kawih yang menceritakan tentang cinta, kehidupan, tentang alam, cinta kepada tanah air, dan lain sebagainya. sedangkan tema kawih yang judulnya pahlawan Toha di atas mengangkat tema tentang kepahlawanan.

Memahami Isi Kawih Sunda

Jadi, isinya menceritakan tentang kejadian gugurnya pahlawan Muhammad Toha, yakni salah seorang dari pahlawan atau pejuang kemerdekaan dari Jawa Barat.

Baca juga: 40+ Contoh Kawih Sunda Modern (Wanda Anyar) dan Klasik

Pahlawan sunda yang satu ini dikenal luas namanyal di nusantara, karena begitu besarnya jasa pahlawan Toha ini, sehingga digambarkan pada kawih sunda diatas. Pada isi kawih di atas, dapat kita pahami bahwa Muhammad Toha ini gugur atau mati dalam keadaan syahid dan suci.

Ini dapat kita pahami pada lirik kawih tersebut yakni pada kata “getih suci nyiram bumi tulang sétra mulang lemah“. Selanjutnya Muhammad Toha juga disebut sebagai “cikal bunga putra bangsa” Kata-kata ini dapat dijelaskan bahwa dia merupakan korban pertama pada peperangan.

Ya, meskipun sebenarnya tentu saja sudah banyak yang menjadi korban saat perang itu, namun karena besarnya jasa Muhammad Toha ini, maka sampai dia dianggap sebagai bunganya putra bangsa. Pantas saja dia dianggap demikian, karena memang Muhammad toha ini mengorbankan dirinya sendiri pada saat kejadian perang di bandung lautan api ketika menghancurkan gudang mesiu.

Pada baris kedua, dalam lirik Kawih pahlawan toha ini menceritakan bahwa Muhammad Toha merupakan salah seorang dari Dayeuh Kolot, Bandung Selatan. Untuk mengenang jasanya, maka dibentuk atau dibuatkan tugu yang dikelilingi oleh danau yang banyak bunga teratai disana.

Latihan Tugas 1

Untuk menambah wawasan kita mengenai pengetahuan tentang kawihsunda selajutnya, maka silahkan jawab beberapa pertanyaan dalam bahasa sunda dibawah ini.

1. Sebutkeun kawih-kawih anu témana rupa-rupa kadaharan minimal lima judul!
2. Sebutkeun kawih-kawih anu témana kaéndahan alam minimal lima judul!
3. Sebutkeun kawih-kawih anu témana ngeunaan cinta minimal lima judul!
4. Sebutkeun kawih séjénna anu témana kapahlawanan minimal lima judul!
5. Saha Muhammad Toha téh? Caritakeun kalawan jéntré naon jasana ka nagara!
6. Naha Muhamad Toha dianggap korban munggaran di pangperangan?
7. Naha Muhamad Toha dianggap maot sahid?
8. Kumaha perasaan hidep sabada maca rumpaka kawih Pahlawan Toha?
9. Keur naon diwangun tugu anu dikuriling ku émpang pinuh kembang taraté?
10. Sebutkeun pahlawan Jawa Barat séjénna anu kungsi kasebut dina kawih!

2. Purwakanti Pada Kawih Sunda

Purwakanti Pada Kawih Sunda

Bahasa yang digunakan pada kawih biasanya sangat terasa sekali keindahannya. Bukan saja pada pemilihan kata-katanya, melainkan juga dengan adanya purwakanti pada kawih tersebut sehingga menjadi sangat terasa sekali keindahannya. Purwakanti sendiri adalah kesamaan atau kedekatan suara diantara kata-kata, baik pada ujung maupun paris baris suatu bait.

“Ari nu dimaksud purwakanti téh padeukeutna sora dina tungtung kecap atawa kalimah. Jadi, sarupaning mamanis basa nu diudagkeun kana sora, boh vokal boh konsonan”

Pada kawih pahlawan Toha misalnya, sangat terasa sekali purwakantinya baik pada baris maupun pada keseluruhan liriknya, silakan diperhatikan kembali pad lirik kawih pahlawan Toha di atas. Dan berikut dibawah ini adalah rincian dari lirik Kawih tersebut.

• Getih suci nyiram bumi (murwakanti dina sora i)
• tulang sétra mulang lemah (murwakanti dina sora a)
• babakti sungkem pertiwi (murwakanti dina sora i)
• cikal bugang putra bangsa (murwakanti dina sora a)
• Nyatana Muhamad Toha (murwakanti dina sora a)
• pahlawan Bandung Selatan (murwakanti dina sora a)
• patriot ti Dayeuh Kolot (murwakanti dina sora o)
• tugu diwangun ngajadi ciri (murwakanti dina sora u jeung i)
• taraté nu mangkak ligar di émpang (murwakanti dina sora a)
• jadi ciri gugurna pahlawan bangsa (murwakanti dina sora i jeung i)

Baca juga: Fungsi Lagu Daerah Untuk Pembentukan Karakter Anak

Kesimpulan

Nah, jadi pada Kawih Sunda ini memiliki judul dan temanya masing-masing dan setiap judul juga memiliki maknanya berbeda-beda, dan kawin sunda juga bisa diiringi oleh berbagai alat musik seperti kecapi, suling, degung gitar maupun keyboard.

Mungkin itu saja pembahasan pada materi singkat tentang kawih sunda kali ini,s emoga dapat menambah wawasan kita dalam mengetahui Kawih Sunda khususnya untuk materi pelajaran bahasa Sunda di sekolah, terimakasih atas waktunya.

Populer

Flashnews