Kumpulan Contoh Wawaran Bahasa Sunda Tentang Perlombaan 17 Agustusan

Pada contoh kali ini kita akan membuat contoh kalimat wawaran atau pengumuman tentang 17 agustus yang isinya berisi informasi mengenai perlombaan untuk ditujukan kepada masyarakat ataupun orang lain.

Mereka mau ikut atau tidaknya sih tidak masalah, karena kalimat wawaran sendiri hanya untuk memberitahukan sebuah informasi kepada orang lain tanpa memerlukan jawaban yang pasti, meskipun kalimat wawaran yang akan kita buat ini berisi kalimat ajakan.

Baca juga: Kumpulan contoh kalimat wawaran panyaram atau panitah singkat bahasa sunda

Pangertian Wawaran

Wawaran yang berarti dalam bahasa indonesianya adalah pengumuman, yaitu kalimat untuk memberitahukan atau dalam bahasa sundanya mere beja atawa bewara, yang disampaikan kepada orang banyak.

Cara menyampaikan wawaran :

Cara menyampaikan wawaran sendiri terdiri dari 2 macam, yakni : Cara lisan atau diucapkan secara langsung. Cara lisan ini bisa kita temui saat di musolla, majlis ta’lim ataupun waktu saat upacara.

Yang kedua adalah cara tulisan, yaitu wawaran dalam bentuk tulisan yang ditempel, misalnya yang ditempel di mading sekolah, koran atau surat kabar, majalah, dan lain sebagainya.

Cara membuat wawaran :

Sedangkan dalam membuat kalimat wawaran yang harus kita perhatikan adalah :

  • Paham dengan isi pengumuman

Jadi maksudnya, kita harus pahami terlebih dahulu isi pengumuman yang ingin kita sampaikan tersebut. Seperti misalnya ketika kita akan membuat wawaran tentang perlombaan 17 agustus. Kita tentukan terlebih dahulu maksud acara tersebut, kapan waktunya, kepada siapa wawaran tersebut dituju, hari apa, dan sebagainya.

  • Menggunakan intonasi yang tepat

Intonasi perlu diperhatikan seperti layaknya kita membawakan sebuah warta sunda, seperti memperhatikan tinggi rendah suara kita, ketika menyampaikan wawaran secara lisan, terlihat anehkan kalau pengumumannya misalnya berhubungan tentang musibah atau kesedihan, tapi di ucapkan dengan nada yang keras atau terlalu bersemangat? Jadi intonasi ini perlu di perhatikan.

  • Menggunakan kalimat yang singkat dan sederhana

Buatlah wawaran dengan menggunakan kalimat yang lugas atau tepat sasaran, artinya kalimat tersebut tidak bertele-tele dalam penyampaianya, kalau bisa kita buat singkat dan sederhana tetapi langsung menuju ke inti atau maksud dari wawaran tersebut.

Baca juga: 3 Contoh Surat Resmi Bahasa Sunda Karang Taruna Persiapan 17 Agustus!

2 Contoh Wawaran Lomba 17 Agustusan Tentang Perlombaan Bahasa Sunda


Nah, setelah kita mengetahui sekilas penjelasan mengenai kalimat wawaran ini, sekarang kita akan membuat beberapa contoh wawaran tentang lomba 17 agustus dalam bahasa sunda, baik secara tulisan ataupun secara lisan.

Kumpulan Contoh Wawaran Secara Tulisan Dalam Acara Lomba 17 Agustusan

Kumpulan Contoh Wawaran Bahasa Sunda Tentang Perlombaan 17 Agustusan Secara Lisan Dan Tulisan
Contoh Wawaran Bahasa Sunda Tentang Perlombaan Agustusan

Conto :

Dina mieling proklamasi HUT RI anu ka 75, SMP X KOTA BOGOR bade ngayakeun acara perlombaan dina acara 17 agustusan. Dupi waktosna nu insya allah bade dilaksanakeun dina:

Dinten : Saptu
Kaping : 16 Januari 2019
Tempat : Lapangan SMP X KOTA BOGOR
Tabuh  : 08.00 dugi rengse

Anu bade ngiringan tiasa daftar ka panitia di kelasna sewang-sewangan. Hatur nuhun..

Kauninga ku
Pupuhu SMP X

Pupuhu panitia
H, Ahmad Kosasih, S.Pd

Contoh Wawaran Secara Lisan Bahasa Sunda Tentang Perlombaan 17 Agustusan


Conto 1:

“Assalamualaikum wr wb. Simkuring salaku panitia 17 agustusan RT 01/02 bade ngadugikeun hiji bewara ka para bapa, ibu, murangkalih bilih anu aya minat ngiring lomba 17 agustus, tiasa daftar ka panitia ti ayena keneh.

 

Dupi perlombaana dimulai tabuh 8.00 enjing. Tempatna di pakarangan sakola SMPN 4. Sakitu bewara ti sim kuring. Hatur nuhun.”

 

Conto 2:
“Assalamu’alikum wr.wb. Bapa-bapa, ibu-ibu insyaallah sadinten deui RT urang RT 02/01, bade ngayakeun lomba 17 agustusan.

 

Anu boga marulang kalih, mangga tiasa didaptarkeun ngiringan lomba. Lombana sapertos lomba balap karung, balap kurupuk, balap koleci, ngasupkeun paku dina botol, jeung seueur deui.

 

Nu insya allah bade dilaksanakeun di lapangan smpn 3, dinten senen 17 agustus 2019 tabuh 08.00 enjing . Hatur nuhun kana perhatosanana, wassalamualaikum wr, wb.”

Nah mudah bukan? Intinya ketika akan membuat kalimat wawaran ini yang harus diperhatikan adalah beberapa poin-poin diatas. Dan artikel diatas hanya sekedar untuk referensi contoh saja.

Silahkan dibuat wawaran tentang perlombaan 17 agustus bahasa sunda lainnya yang lebih bagus lagi, saya yakin kamu pasti lebih pandai. Demikianlah, kurang lebihnya mohon ma’af semoga bermanfaat. Hatur nuhun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *