4+ Contoh Bewara Bahasa Sunda Singkat Berbagai Kegiatan Sekolah

Pengertian Bewara – Dalam bahasa sunda bewara berarti suatu pemberitahuan atau pengumuman yang disampaikan oleh seseorang kepada orang banyak. Intinya tujuannya adalah agar orang yang di beritahukan dapat mengerti dengan maksud yang kita sampaikan.

Nah, disini kita tidak akan membahasnya lebih jauh karna diartikel sebelumnya kita juga sudah pernah membahas tentang perbedaan bewara dengan iklan dalam bahasa sunda dan dilengkapi juga beserta dengan beberapa contoh-contohnya.

Baca juga: Perbedaan bewara dengan iklan bahasa sunda beserta contoh-contohnya

Ciri pada bewara

Untuk lebih mudahnya, dalam penulisan bewara yang tertulis sendiri bisa dengan memperhatikan unsur-unsur dibawah ini, karena bewara memiliki ciri-ciri yang bisa kita temukan di dalamnya, antara lain adalah:

Memiliki judul atau pokok kegiatan yang akan dibewarakan

Adanya isi, perihal atau maksud yang akan dibewarakan, seperti nama kegiatan atau sesuatu lainnya

Penulisan waktu dan tempat dari kegiatan atau acara penyelenggaraan

Serta adanya tujuan dari bewara tersebut


Diatas adalah beberapa unsur yang bisa kita temukan di dalam bewara yang tertulis, beberapa unsur tersebut memang harus ada dalam penulisan bewara dalam bahasa sunda.

Kumpulan Bewara Bahasa Sunda Singkat

Kumpulan Contoh Bewara Bahasa Sunda Singkat

Nah langsung saja, dibawah ini adalah beberapa contoh bewara dalam bahasa sunda berdasarkan dari beberapa kegiatan seperti misalnya yang berhubungan tentang kesenian, lingkungan, kegiatan pramuka dan tentang kebersihan sekolah.

Contoh Bewara Bahasa Sunda Tentang Kesenian

Bewara yang pertama ini berhubungan dengan kesenian, isinya tentang pemberitahuan kepada siswa-siswi yang akan mengikuti seni lukis untuk hadir tepat waktu, untuk kegiatan yang lainnya bisa di sesuaikan.

Contoh Bewara Bahasa Sunda Berbagai Kegiatan di Sekolah

Béwara


Di uningakeun ka sadaya siswa siswi kelas XI SMA Mandiri, nu badé ngiring kagiatan karya seni lukis kanggo tiasa hadir dina:

Dinten: Sabtu
Kaping: 22 Juni 2020
Jam: 07.00 WIB
Tempat: Aula SMA Mandiri

Diharepkeun sadaya siswa siswi ulah datang telat, sareng nyandak sadaya perlengkapan anu parantos di informasikeun sateuacana.

Sakitu bewara anu tiasa didugikeun, haturnuhun kana sadaya perhatianana.

 

Biro Kasiswaan

(Nama jeung gelar)

Contoh Bewara Bahasa Sunda Tentang Lingkungan Sekolah

Lanjut ke bewara berikutnya ada sebuah pemberitahuan seputar tentang lingkungan sekolah yang biasa juga tertempel di mading-mading kelas, yang isinya mengenai tentang pemberitahuan kegiatan bersih-bersih dilingkungan sekolah.

Béwara


Dina raraga persiapan miéling dinten pahlawan, pihak sakola badé ngayakeun kagiatan kerja bakti sareng bersih-bersih rohang kelas dina dinten Senén, 09 November 2020. Kusabab kitu, ka sadayana siswa-siswi SMP Negeri 17 Bandung kedah nyandak paralatan kayaning:

1. Pacul
2. Sapu nyéré
3. Arit
4. Elap
5. Embér
6. Jsb

Catetan : Pikeun kelas-kelas anu parantos gaduh paralatan kasebat, teu kedah nyandak deui ti bumi sewang-sewangan. Sakitu anu tiasa dibewarakeun, hatur nuhun kana sagala perhatianana.

Bandung, 02 November 2020

(Dr. Saepudin, M.Pd.)

Wakil Pupuhu Sakolah bag. Kasiswaan

Contoh Bewara Bahasa Sunda Tentang Kegiatan Pramuka

Bewara bahasa sunda tentang pramuka ini berisikan sebuah pengumuman yang isinya tentang pemberitahuan dalam memperingati hari ulang tahun pramuka dan pihak sekolah akan mengadakan upacara dalam kegiatan pramuka di sekolahnya.

Béwara


Di béwarakeun kanggo sadayana siswa siswi kelas VI SD SUKA HATI, yén dinten salasa kaping 14 februari 2020 kedah nganggo baju pramuka sareng kalengkepanana, pikeun miéling dinten pramukan anu ka-.., Ku kituna pihak sakola badé ngayakeun upacara peringatan dina:

Dinten: Salasa 14 februari 2020
Tabuh: 07.30 WIB
Tempat: Lapangan Sakola

Diharepkeun sadayana siswa tiasa sumping dina waktos anu parantos disebatkeun, hatur nuhun kana sagala perhatiana.

 

Pupuhu pramuka

H. Agus Spd

Contoh Surat Bewara Bahasa Sunda Tentang Kebersihan

Nah, pada contoh yang terakhir ini merupakan sebuah contoh surat pengumuman atau bewara yang dikeluarkan oleh pihak sekolah mengenai kegiatan atau perihal ajakan kepada siswa tentang kerja bakti dalam membersihkan lingkungan di sekolahnya.

Organisasi Siswa Intra Sekolah
Sekolah Menengah Pertama Negeri X Bandung
Jl. Kelapa gading no. 102 Bandung


Dina raraga ngajagi kabersihan di lingkungan sakola, simkuring salaku pangurus OSIS SMPN X Bandung bade ngayakeun “Kerja Bakti Siswa”.

Kagiatan ieu badé dilaksanakeun salami 2 (dua) dinten nyaéta enjing, dinten salasa sareng rebo. Langkung tepatna dina kaping 28 dugi ka 29 april 2020. Kagiatan anu baris dilaksanakeun di antawisna nyaéta ngabersihkeun:

  1. Rohang kelas
  2. Toilet siswa jeung guru
  3. Perpustakaan
  4. Pakarangan sakola

Simkuring, salaku pangurus OSIS mikahareup siswa-siswi sadayana tiasa ngiring kana kagiatan ieu, ti kelas VII dugi ka kelas IX.

Sakitu bewara anu tiasa did ugikeun, haturnuhun kana sagala perhatiana siswa-siswi sakalian.

Ttd.
Ketua Osis

Arie Lesmana

Artikel terkait: 7+ Contoh Pengumuman Bahasa Sunda Lengkap!

Nah, mungkin itu saja beberapa kumpulan contoh mengenai bewara dalam bahasa sunda singkat, yang berhubungan tentang kegiatan kesenian, kebersihan lingkungan sekolah, dan juga kegiatan pramuka. Semoga bisa bermanfaat sebagai bahan referensi dalam membuat béwara di sekolah.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *