Cara Menemukan atau Menentukan Tema Cerita Dongeng, Pasti Bisa!

Tema dalam cerita dongeng merupakan ide pokok yang menjadi sumber dalam sebuah cerita dongeng. Tema adalah sebuah gagasan ide pokok fikiran tentang sesuatu hal seperti dalam membuat cerita dongeng. Jika kita ibaratkan seperti rumah, tema adalah sebagai pondasinya.

Selain itu, tema juga menjadi hal yang paling pertama dilihat oleh para pembaca, sehingga apabila temanya bagus atau menarik maka bisa dipastikan cerita tersebut akan memberikan niilai yang lebih dan menarik minat pembaca untuk membaca cerita tersebut.

Cara Menentukan atau Menemukan Tema dalam Cerita Dongeng

Cara Menentukan atau Menemukan Tema dalam Cerita Dongeng

Tentunya mungkin kalian pernah bertanya setelah membaca sebuah cerita dongeng mengenai tema, seperti “apa sih tema cerita dongeng fabel ini?” Lantas apakah dapat diketahui sendiri temanya, dan bagaimana cara kita menentukan tema dalam sebuah cerita tersebut?

Nah, cara untuk menemukan atau menentukan sebuah tema dalam cerita dongeng misalnya saja dongeng fabel sunda dapat diketahui dengan cara membaca keseluruhan isi cerita dan kemudian memahaminya, apabila diperlukan bacalah secara berulang-ulang agar kita paham isi ceritanya.

Baca juga: Pengertian Lengkap Tentang Ciri Dan Unsur Dari Cerita Dongeng

Setelah itu, tentukan siapa tokoh utama dalam cerita tersebut yang sedang mengalami konflik, masalah, atau kejadian. selanjutnya tentukan masalah atau konflik yang terjadi atau dialami oleh tokoh utama tersebut. Nah, biasanya tema dalam cerita dongeng tersebut berkaitan erat dengan permasalahan dari tokoh utama tersebut.

Cara Menemukan tema cerita :
├───Baca keseluruhan cerita
├─── Pahami cerita
│   ├─── Tentukan tokoh utama
│   └─── Tentukan masalah yang dialami
├─── Simpulkan tema


Bagaimana mudah bukan? Sebagai contoh silahkan lihat cerita dongeng dalam bahasa indonesia dibawah ini agar lebih mudah dan lebih paham, kemudian carilah tema dongengnya sendiri.

“Dongeng Fabel Burung Nuri”

cara Menemukan Tema dalam Cerita fabel

Anis adalah seekor burung nuri yang tinggal di hutan luas bersama binatang lainnya. Anis Merasa paling cantik sehingga menjadi sombong. Tidak mau bergaul dengan teman-temannya yang sesama burung dan suka memamerkan diri.

Di seluruh hutan ini, tidak ada burung lain yang secantik diriku, kata Anis dengan suara lantang di hadapan teman-temannya.

Kalian semua pasti mengagumi kecantikan aku ini. Teman-temannya yang juga sesama burung hanya bisa menggeleng-gelengkan kepalanya. Mereka enggan bermain dengan Anis dikarenakan sifatnya yang sombong tersebut.

Suatu hari ketika Anis sedang terbang sendirian mengelilingi hutan luas. Tanpa disengaja, dia menabrak sebuah ranting pohon yang tinggi. Sayapnya patah dan diapun terjatuh ke tanah, badannya lemah dan tidak berdaya. Anis merasa kesakitan dan tubuhnya tidak dapat digerakkan.

Kemudian, dari kejauhan Anis mendengar suara elang. Suara tersebut semakin dekat, dan Anis pun merasa sangat ketakutan sekali. Jantungnya pun berdebar sangat kencang. Elang tersebut pun terbang melayang tepat di atasnya dan bersiap untuk menerkamnya.

Ketika Elang itu akan menerkam Anis, sekawanan burung tiba-tiba datang dan mereka bersuara ribut sekali untuk mengusir sang Elang. Melihat sekelompok burung yang jumlahnya banyak tersebut, Elang pun mengurungkan niatnya untuk memangsa Anis dan kemudian terbang menjauh untuk mencari mangsa yang lainnya.

Anis, ini kami teman-teman mu. Kamu tenang saja, karena kami datang untuk menolongmu. kata burung-burung tersebut.

Anis yang masih tergeletak di tanah merasa terharu. Ternyata, sekelompok burung-burung tersebut adalah teman-temannya sendiri yang selama ini tidak dipedulikannya. Mereka lalu terbang menghampiri Anis dan membawanya pulang ke rumahnya.

Setelah dirawat beberapa hari, akhirnya Anis sembuh kembali seperti sedia kala. Ia selalu teringat akan kebaikan teman-temannya yang sudah menyelamatkannya waktu itu.

Sejak saat itu juga, Anis menjadi tidak sombong lagi. Kini ia senang bermain bersama teman-temannya yang sesama burung yang baik hati. (Fino Yurio K)-m *Tamat*

Mencari Tema dalam “Cerita Dongeng Burung Nuri”

Apakah tema dari cerita dongeng diatas, dan apa amanat yang terkandung dari sebuah cerita tersebut? Nah, untuk menentukan maupun menemukan tema dari cerita dongeng tersebut kita terlebih dahulu tentukan langkah-langkahnya seperti dibawah ini:

1. Menentukan siapa tokoh-tokohnya

Tokoh dalam cerita diatas adalah Anis (seekor burung nuri) Beserta teman-temannya sesama burung

2. Menentukan konflik (masalah atau kejadian)

Masalah dalam cerita diatas dialami oleh Anis, sebuah burung nuri yang memiliki sifat sombong terhadap teman-temannya. Ketika anis tidak berdaya dan akan dimangsa oleh elang, teman-temannya datang untuk menolong serta menyelamatkannya, teman yang selama ini tidak diperdulikan olehnya.

Hasil

Dari langkah-langkah ini kita dapat temukan atau tentukan tema yang terdapat dalam cerita dongeng fabel burung nuri diatas, yaitu dengan tema: Anis, si burung nuri yang sombong.

Nah, mungkin itu saja penjelasan mengenai bagaimana kita menemukan maupun menentukan tema dari sebuah cerita dongeng, mudah-mudahan dapat bermanfaat, dan hatur nuhun!

Populer

Flashnews