Babasan Kaduhung Tara ti Heula, Arti dan Maknanya

Arti dan Makna Kaduhung Tara ti Heula

Babasan dan paribasa sunda dari “kaduhung tara ti heula” ini memiliki makna bahwa setiap tindakan ataupun perbuatan yang dilakukan seseorang itu bisa memiliki konsekuensinya sendiri. Karena tugas seseorang adalah untuk selalu bisa memperhitungkan resiko yang bisa didapat saat kita bertindak melakukan sesuatu.

Jadi tindakan yang akan kita lakukan baiknya diperhitungan terlebih dahulu dengan matang, agar tidak ada rasa penyesalan di kemudian hari. Nah, begitulah pesan atau makna dari babasan atau peribahasa Sunda kaduhung tara ti heula ini.

Makna Babasan Kaduhung Tara ti Heula

Babasan Kaduhung Tara ti Heula, Arti dan Maknanya

“Kaduhung tara ti heula maksudnya adalah bahwa Penyesalan itutidak datang terlebih dahulu”.

“Kaduhung tara ti heula”
Ngarasa hanjakal mah moal saméméh migawé

Sehingga dengan demikian, sudah dapat dipastikan bahwa kita harus selalu dapat mengedepankan sikap berhati-hati dalam setiap tindakan yang kita lakukan. Selain dari peribahasa dan babasan sunda diatas tentunya masih banyak pula peribahasa ataupun babasan yang lainnya, yang memiliki makna hampir mirip dengan peribahasa Kaduhung tara ti heula tersebut.

Baca juga: ✓ Babasan Bahasa Sunda Lengkap Dengan Arti dan Contoh Kalimatnya

Dari babasan ini tentunya dapat kita jadikan sebagai acuan dalam kesantunan atau tatakrama ketika berinteraksi sosial dari masyarakat sudah ini. Berikut basasunda.com akan menuliskan beberapa contoh babasan yang lainnya yang memiliki makna yang hampir mirip dengan pribahasa diatas.

“Dukun lintuh panyakit matuh”
Kalah loba ngaluarkeun duit keur mayar dukun cageur mah henteu

“Galagah kacaahan”
Nganteur atawa ngalajur napsu lantaran kabaud ku batur

“Hampang leungeun”
Babari neunggeul

“Inggis ku bisi rempan ku sugan”
Sieun ku rupa-rupa hal anu tacan tangtu kasorang

“Uncal kaauban surak”
Ngadenge beja tacan sidik tuluy diandelkeun enya baé

“Kawas kuda leupas ti gedogan”
Ngumbar kahayang lantaran geus euweuh nu ngahalang-halang

Baca juga: √ Pribahasa Bahasa Sunda Lengkap 200+ Contoh Dan Artinya

Dari peribahasa dan babasan diatas memiliki kesamaan pola dalam setiap aspek dalam tatakrama yang ditujukan berdasarkan dari babasan maupun peribahasa dari masyarakat sunda ini. Dengan demikian istilah bahasa sunda ini memiliki karakter wirahma, wiwaha, wirasa, wibawa, dan wiraga.

Populer

Flashnews