Orang Sunda mempunyai produk budaya yang hingga saat ini masih dipertahankan terutama di daerah pedesaan yang disebut dengan yang jangjawokan. Penganut Agama Sunda Wiwitan tradisional juga mengenal istilah jangjawokan Sunda ini.
Di jawa barat sendiri, istilah jangjawokan masih dikenal serta masih banyak sebagian masyarakat yang masih mempelajari dan mengajarkannya. Jangjawokan atau jampe-jampe seperti halnya ucapan namun dengan tujuan magis untuk tujuan tertentu.
Penggunaan Jangjawokan
Peran jangjawokan sendiri pada jaman dahulu, keberadaannya itu sebagai pengganti dari penyembuhan modern, seperti dokter, pikolog, atau apapun yang terkait masalah penyebuhan fisik dan psikis. Kekuatan magisnya terletak pada kebersihan dan kesungguhan hati dari si pengucapnya.
Masyarakat Sunda biasa menggunakan jangjawokan ini untuk kegiatan sehari-hari, seperti setiap laku lampah, bekerja, berdoa, saat pengolahan padi, dan lain sebagainya. Jangjawokan ada yang diucapkan secara lirih seperti berbisik dan ada juga yang mengucapkannya dalam hati, seperti misalnya jangjawokan ketika menyepah (nyeupah).
Asal Muasal Istilah Jangjawokan di Masyarakat Sunda
Wahyu Wibisana, dalam buku sastranya pernah menjelaskan bahwa ada 2 buah bentuk puisi Sunda yang bisa dikatakan bersifat buhun atau kuno, yakni Ajimantra dan bentuk puisi pada carita pantun. Istilah ajimantra sendiri diambil dari bentuk naskah kuno “Sanghyang Siksa Kandang Karesian“.
Sedangkan puisi pada carita pantun sudah ada sejak tahun 1518, sama artinya dengan istilah mantra sekarang. Puisi didalam cerita pantun nampak dari “rajah” dan “nataan“. Jangjawokan merupakan kata lain atau sama artinya dari Ajimantra. Istilah ajimantra digunakan dalam Naskah Siksa KandaNg Karesiyan, yang ditulis pada tahun 1518 M.
Sedangkan penggunaan istilah Jangjawokan sendiri tidak diketahui kapan digunakannya? Karena orang Sunda dulu lebih banyak menggunakan istilah Jangjawokan dan ajian dari pada Ajimantra, sehingga istilah ajimantra kurang begitu dikenali.
Arti Jangjawokan (Ajimantra)
Istilah “Aji” di dalam kamus bahasa Indonesia disebutkan yang menyebabkan seseorang menjadi sakti, sedangkan kata “mantra” ditafsirkan sebagai perkataan yang mendatangkan kekuatan gaib, atau susunan kata berunsur puisi (seperti rima, dan irama) yang dianggap mengandung kekuatan gaib.
Ciri Ciri Jangjawokan
Menurut Wahyu Wibisana, jangjawokan itu memiliki ciri-ciri yang khusus, diantara akan dijelaskan seperti dibawah ini.
1. Menyebutkan nama kuasa yang bersifat khayal atau bukan sebenarnya, seperti nama-nama Pohaci, Sanghiyang Asri, Batara, Batari, dan sebagainya.
2. Pada kalimat Jangjawokan orang yang mengucap seolah-olah berada di posisi yang kuat, secara otomatis akan berhadapan dengan pihak yang lebih lemah.
3. Berhubungan dengan puisi karena Jangjawokan merupakan kelanjutan dari gaya sastra Sunda dan carita pantun, yang di dalamnya terdapat perintah, desakan maupun himbauan yang tegas.
4. Adanya Rima yang berfungsi magis, yang membuat ingatan seseorang menjadi kuat bagi orang mengucapkannya.
5. Adanya kode bahasa dalam Aji mantra yang hidup di Baduy maupun di Priangan, sehingga bahasa jangjawokan mudah diserap atau disesuaikan dengan lidah si pengucapnya.
6. Terkesan sebagai sastra lama atau kuno yang pernah muncul sesudah sastra Sunda.
Contoh Jangjawokan Jampe-Jampe Sunda
Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh-contoh Jangjawokan, Ajimantra atau jampe-jampe yang diturunkan ecara turun temurun oleh karuhun atau orang tua sunda terdahulu.
Jangjawokan Paranti Ngajajamuan Awéwé Supaya Jadi Parawan Deui
Saratna dina buah cau kulutuk anu sacinggir gedéna lobana opat belas ésé. Puasa sapoé sapeuting. Ieu du’ana:
Bismillahirrohmanirrohim
Kulit raket otot raket
daging raket balung raket
pet pet dipepetan.
Jangjawokan Asihan (Penarik) atau Perintah Batin (Rasa)
Contoh 1
Seureuh seuri
Pinang nanggeng
Apuna galugaet angen
Gambirna pamuket angen
Bakona galuge sari
Coh nyay, parupat nyay, loeko lenyay
Cucunduking aing taruk harendong
Cucunduking aing taruk paku hurang
Keuna asihan awaking
Asihan si leuget teureup.
Contoh 2
Ka Indung anu ngandung
Ka Rama anu ngayuga
Ka Indung nu teu ngandung
Ka Rama anu teu ngayugakadu lur opat kalima pancer
Pang nepikeun ieu hate
Ka Indung na anu ngandung
Ka Rama na anu ngayuga
Ka Indung na nu teu ngandung
Ka Rama anu teu ngayugaKadulur na opat kalima pancer
Kalawan kanu ngurus ngaluis
Hirup jeung huripna… (si anu)
Pamugi sing ….
Baca juga: Asihan Sunda Buhun, Kumpulan Jangjawokan Asihan Pemikat!
Contoh jangjawokan perintah bathin terlihat dari jangjawokan tentang Asihan (penarik) diatas, ditemukan ada perintah bathin (rasa) dari pembaca jangjawokan kepada bathin (rasa) orang yang dituju, untuk melaksanakan apa yang dikehendakinya.
Jangjawokan Permohonan Ijin
Jampe Unggah (Memasuki Rumah)
Ashadu sahadat bumi
Ma ayu malebetan
Bumi rangsak tanpa werat
Lan tatapakan ing Muhammad
Birahmatika ya arohmana rohomin
Jampe Turun (Pergi dari Rumah)
Allohuma ibu bumi
Medal tapak tatapakan
Turun wawa yang ing Muhamad
Birahmatika ya arohma rohimin.
Jika dilihat lebih lanjut, kedua jampe diatas merupakan jangjawokan yang berisi permohonan bathin kepada sesuatu yakni ”Yang Gaib” dimintakan ijin terlebih dahulu kepada ”Yang Maha Gaib”, atau dapat juga disimpulkan bahwa semua dapat terjadi atas kehendak dari yang Maha Gaib.
Jangjawokan Pemberi Perintah
Jampe nyimpen beas (Menaruh beras)
Mangga Nyi Pohaci
Nyimas Alane Nyimas Mulane
Geura ngalih ka gedong manik ratna inten
Abdi ngiringan…
Jampe Ngisikan (mencuci beras)
Mangga Nyimas Alene Nyimas Mulane
Geura siram dibanyu mu’min
Di Talaga Kalkaosar
Abdi ngiringan…
Jampe nyimpen Beas (Menyimpan beras)
Mangga Nyi Pohaci
Nyimas Alane Nyimas Mulane
Geura ngalih ka gedong manik ratna inten
Abdi ngiringan…
Ka Jangjawokan Paragi dibuat Aya
Jangjawokan dapat disebut juga sebagai jampe sehari-hari, sebelum akan pepergian keluar rumah, masyarakat sunda dahulu biasanya akan mengucapkan sebuah jampe, contohnya seperti dibawah ini.
Sukma nu mipit, sukma nu dipipit
Tunggal badan kalawan nyawa
Nyi Pohaci Mayaherang
Nyi Pohaci Mayalenggang
Ulah geder ulah reuwas
Cunduk anu mupu
Datang anu ngala
Nya maneh sarasa tunggal
Kahanan sri kadunan
Kandi candoli aci permana dewa
Aci asihan.
Jangjawokan paranti di pupur
pupur aing pupur panyambur
panyambur panyangkir rupa
nyalin rupa ti dewata
nyalin sari widadari
di deuleu tihareup sieup
di sawang ti tukang leunyang
di tilik ti gigir leungik
mangka weulas mangka asih kanu di pupur
di tenjo ku saideur kabeh
Jangjawokan Ngalintar atawa Nguseup Supaya Loba Laukna
Aki Rékrék Turaya
anak patutan turunkeun
aing nya pangkonan sia
Banyu emas nu lénggang putih
Bayu emas nu lénggang hérang
bumi meneng //bayu meneng -7-
Ku Sang Kilat kumoncorong ratna putih
Sang Ibut Putih undur ku Sang Kilat Sakti
Ya isun sang D(e)mit Jati. Tamat
Dari beberapa Jangjawokan tersebut baik pemberi perintah, peminta ijin, maupun asihan, penyatuan batin dari kandungan yang terdapat pada jangjawokian dilakukan melalui proses berpuasa ataupun semacam tirakat, hal ini mungkin untuk menumbuhkan kesungguhan serta keteguhan hati dan keyakinan agar tujuan bisa dicapai.
Penutup
Sangat sulit untuk mendefinisikan Jangjawokan ini, karena apabila dilihat dari isi kandungan di dalam jangjawokan tersebut sendiri, memang ada pernyataan untuk meminta kepada kekuatan gaib, namun juga ditemukan adanya upaya untuk menguatkan batin dan menegaskan tentang Dzat atau yang maha kuasa.
Apabila jangjawokan ini jika dinyatakan sebagai perintah, itupun sulit didefinisikan mengingat ada pula jangjawokan yang isinya memohon atau menghimbau agar yang dimohonkan dapat diberikian dengan ikhlas.
Kesimpulan:
Jangjawokan merupakan hasil cipta kersa dan rasa Ki Sunda yang memiliki sejarah yang mandiri, sejalan dengan perkembangan dan sejarah dari pemahaman tentang keyakinan diri, bahkan keberadaannya pun berperan penting sebagai penyembuh pada masa itu, jadi bukan hanya sekedar puisi yang dapat dinikmati kata-katanya, namun diyakini pula memiliki kekuatan spiritual yang tinggi.