Salam Dalam Bahasa Sunda, dan Kosa Kata Ucapan Sehari Hari

Ucapan salam dalam bahasa sunda sendiri adalah sampurasun dan jawabannya adalah rampes. Belajar tentang berbagai macam salam atau pangwilujeng merupakan salah satu pembelajaran tentang wawanohan atau perkenalan dalam bahasa sunda.

Mengucapkan salam ini sebaiknya diucapkan ketika kita akan mengawali pembicaraan, misalnya saat bertemu orang lain dan saat akan berkenalan seperti akan memperkenalkan diri atau ngawanohkeun dan lain sebagainya.

Indeks
  1. Macam-macam Salam dan Pangwilujeng Bahasa Sunda
    1. Contoh Ucapan Salam dalam Bahasa Sunda

Macam-macam Salam dan Pangwilujeng Bahasa Sunda

Baca juga: 10+ Perkenalan Diri Bahasa Sunda dan Contoh Percakapannya!

Contoh Ucapan Salam dalam Bahasa Sunda

Untuk menyapa seseorang secara umum, biasanya menggunakan kata salam yakni "sampurasun" jika diartikan secara mudah kedalam bahasa indonesia layaknya seperti kita mengucapkan "halo", dan kemudian akan jawab dengan kata "rampes".

Namun penggunaaan kedua kata tersebut sebenarnya jarang sekali digunakan sehari-hari dan terkadang hanya digunakan pada acara-acara tertentu saja, bahkan yang menjawab dengan kata "rampes" pun tidak semua orang. Meskipun demikian, ada baiknya kita mengetahui tentang penyebutan salam dalam bahasa sunda ini.

Salam Dalam Bahasa Sunda

Salam Dalam Bahasa Sunda
1. "SAMPURASUN" dijawab "RAMPÉS"

Kata sampurasun kepanjangan dari "sampurna ning insun" yang memiliki banyak pengartian dikalangan sastrawan, ada yang mengartikan bahwa kata sampurasun artinya adalah sempurnakan diri anda, hampura ingsun (hampura abdi) atau maafkan jika saya mempunyai kesalahan, dan sebagainya.

"Jadi, orang Sunda sebelum melakukan sesuatu, sudah meminta maaf terlebih dahulu yang diungkapkan dalam kata sapa:an SAMPURASUN"

Namun yang jelas, kata sampurasun adalah kalimat dengan level tutur kata yang sopan, yang baik diucapkan misalnya untuk mengawali pembicaraan ketika bertemu orang lain dan lain sebagainya.

Jadi, apabila ada yang mengucapkan salam dengan Sampurasun maka bisa dijawab dengan ucapan "Rampes" atau "Mangga" yang artinya adalah silahkan.

2. Ucapan Salam dengan Pangwilujeng

Ucapan salam selain menggunakan kata sampurasun, lalu ada lagi yaitu Pangwilujeng atau mengucapkan Selamat, yang bisanya digunakan pada saat awal pembicaraan atau ketika saat berkenalan.

Contoh :

WILUJENG = SELAMAT
WILUJENG SUMPING = SELAMAT DATANG
WILUJENG ÉNJING = SELAMAT PAGI
WILUJENG SONTEN = SELAMAT SORE
WILUJENG TEPANG = SELAMAT BERTEMU
WILUJENG WENGI = SELAMAT MALAM
WILUJENG NYAKSÉNI = SELAMAT MENYAKSIKAN

Perlu diketahui, bahwa kata-kata atau frasa wilujeng ini sebenarnya memiliki sifatnya formal, sehingga biasa juga digunakan dalam acara-acara tertentu seperti pidato, penyambutan tamu undangan, dan  lain sebagainya.

Baca juga: Kumpulan pidato bahasa sunda

Sedangkan untuk menanyakan kabar kepada orang lain, kita dapat menggunakan kata: "kumaha, damang?" yang artinya bagaimana keadaan mu? atau apakah baik-baik saja?. Dan untuk menjawab "baik" tinggal menjawabnya dengan "Damang" dan apabila keadaan kurang baik dapat menggunakan kata "Teu damang" dan sebagainya.

Selanjutnya ucapan untuk menyatakan rasa terimakasih, gunakanlah kata "Hatur nuhun" dan boleh juga ditambah kata "pisan" yang artinya menjadi "terima kasih sekali" atau "terima kasih banyak". Sebenarnya menggunakan kata "nuhun" juga sudah cukup, akan tetapi "hatur nuhun" akan dianggap lebih sopan.

Dan untuk ungkapan maaf bisa dengan kata "punten" digunakan seperti untuk permisi sedangkan "hampura" adalah untuk permohonan maaf. Punten, digunakan saat kita akan melewati seseorang yang lebih tua atau dianggap sopan, dan digunakan saat akan menanyakan sesuatu kepada orang lain, dan jika kita terpaksa mengganggu kegiatan seseorang bisa mengucapkan "punten ngawagel" (maaf mengganggu).

Sedangkan kalau kata "hampura", biasanya digunakan jika kita melakukan kesalahan. Jawaban untuk punten dan hampura adalah mangga atau bisa juga "teu sawios-wios (teu ku nanaon) yang keduanya artinya tidak apa-apa, namun yang pertama tentunya lebih sopan.

Ucapan Salam dan Ungkapan Sehari-hari

Ucapan Salam dan Ungkapan Sehari-hari dalam bahasa sunda

1. Salam ketika menyapa, Permisi (bertamu)

  • Ucapkan: Sampurasun jawabannya Rampés

2. Salam ketika permisi (Bertanya, mau merepotkan, dan melewati seseorang)

  • Ucapkan: Punten, jawabannya mangga (silahkan)

3. Selamat datang

  • Ucapkan: Wilujeng sumping

4. Selamat Pagi

  • Ucapkan: Wilujeng Énjing

5. Selamat Siang

  • Ucapkan: Wilujeng Siang

6. Selamat malam

  • Ucapkan: Wilujeng Wengi

7. Selamat Ulang Tahun

  • Ucapkan: Wilujeng tepang taun

8. Maaf

  • Ucapkan: Hapunten (sopan), hampura (kasar)

9. Terima kasih

  • Ucapkan: Hatur nuhun

10. Makasih

  • Ucapkan: nuhun

11. Dengan Hormat

  • Ucapkan: Sinareng hormat

12. Yang saya hormati

  • Ucapkan: Nu ku simkuring dipikahormat.

Nah, mungkin itu saja mengenai ucapan salam dalam bahasa sunda beserta beberapa kosa kata yang biasanya diucapkan sehari-hari yang berhubungan ketika mengucapkan salam, mohon maaf apabila ada kesalahan pada penulisan artikel diatas, terimakasih atas waktunya.