Materi Wawancara Bahasa Sunda Untuk Persiapan Tugas Sekolah

By | Oktober 11, 2017

Materi wawancara bahasa sunda – Wawancara yaitu salah satu kegiatan untuk melancarkan komunikasi seperti dalam penggunaan bahasa sunda, sebenarnya kegiatan wawancara ini sudah berlangsung dimasyarakat, disadari atau tidak kegiatan wawancara ini pernah kita lakukan sehari-hari.

Misalnya, ketika kita bertanya-tanya kepada seseorang atau teman untuk mengetahui sebuah informasi penting secara lebih jelas, pasti kita akan melemparkan beberapa pertanyaan-pertanyaan kepadanya layaknya seorang wartawan, nah hal itu sudah menyerupai sebuah kegiatan wawancara, jadi wawancara itu tidak sesulit yang dibayangkan.

Materi Wawancara Bahasa Sunda

Secara umum wawancara sendiri memang biasanya dilakukan oleh seorang wartawan, reporter, atau orang yang ingin mendapatkan sebuah informasi penting dari seseorang atau kelompok, nah dalam hal ini merekalah yang disebut dengan narasumber atau orang yang di wawancarai atau yang dimintai keterangan.

Jadi secara garis besar, tujuan dari wawancara itu adalah untuk mendapatkan sebuah informasi dari orang lain atau narasumber. Tentu saja dalam melakukan sebuah wawancara ada seseorang yang bertanya dan ada orang yang ditanya, sehingga wawancara termasuk kegiatan dengan cerita dua arah.

Materi Persiapan Melakukan Kegiatan Wawancara Bahasa Sunda

Materi wawancara bahasa sunda

Nah, lalu apa yang harus disiapkan sebelum kita melakukan kegiatan wawancara? Sebelum kita melakukan kegiatan wawancara, kita harus terlebih dulu mempersiapkan sejumlah pertanyaan yang berhubungan dengan materi agar lebih mudah menentukan siapa narasumber atau orang yang akan kita wawancarai dengan tepat.

Sehingga kita tidak salah dalam menentukan narasumber nantinya. Jadi kalau ingin informasi yang berkitan dengan kesenian, tentu saja kita harus datang ke narasumber yang ahli dalam bidang seni, begitu juga lainnya, jadi jangan salah orang yah?!

Baca Juga: Contoh gambar susunan makalah hasil wawancara bahasa sunda

 

Menyusun Kalimat Untuk Keperluan Bahan Tugas Wawancara

Dalam menyusun kalimat untuk bahan tugas wawancara ini sendiri, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan, diantaranya adalah:

• Menentukan tujuan

Tentukan terlebih dahulu tujuan kita melakukan wawancara ini, misalnya untuk mendapatkan sebuah informasi tentang suatu hal informasi pribadi, atau untuk tujuan tugas bahasa sunda misalnya, atau tujuan lainnya.

• Tentukan topik wawancara

Menentukan topik wawancara sangatlah penting untuk memudahkan kita melakukan tugas wawancara nantinya. Seperti topik wawancara seputar pendidikan, kebersihan, kesehatan, atau yang lainnya. Sehingga dengan demikian nantinya akan mempermudah kita dalam menentukan narasumber yang tepat.

• Menyusun dan membuat pertanyaan

Menyusun pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi atau topik yang sudah dipilih, seperti yang sudah disebutkan diatas. Usahakan membuat pertanyaan yang tidak terlalu sulit untuk dijawab, singkat, dan mengarah langsung dengan sasaran.

• Minta izin kepada narasumber

Sebelum melakukan wawancara langsung, alangkah lebih baiknya kita meminta izin terlebih dahulu kepada orang yang bersangkutan yang akan kita wawancarai sebagai narasumbernya. Ungkapkan tujuan serta maksud kita melakukan wawancara tersebut.

• Memperkenalkan diri kepada narasumber

Setelah meminta izin, kita juga harus memperkenal diri terlebih dahulu sebelum memulai wawancara, ini bertujuan agar narasumber tersebut merasa lebih nyaman ketika kita bertanya nanti.


• Menyampaikan maksud wawancara

Menyampaikan maksud kita kepada narasumber dalam melakukan kegiatan wawancara ini, misalnya agar siswa-siswi dapat mencontoh kisah sukses dari seorang narasumber, dan lain sebagainya.

• Bertanya dengan jelas

Melemparkan pertanyan-pertanyan dengan jelas dan sebisa mungkin langsung mengarah. Oleh karena itu, kalimat pertanyaan yang kita susun jangan terlalu panjang, dan sebisa mungkin pendek serta mengarah langsung kepada sasaran.

• Menyiapkan catatan dan alat rekam

Mencatat poin-poin penting atau merekam proses kegiatan wawancara dari narasumber, Hal ini tentu saja harus dilakukan agar hasil wawancara lebih sempurna.

• Wawancara seperlunya, dan jangan terlalu lama

Poin yang terakhir yang juga perlu kita perhatikan adalah jangan terlalu lama dalam melakukan wawancara kepada narasumber agar beliau tidak terasa terganggu. Jadi, hal seperlunya saja yang kita ditanyakan.

 

Nah mungkin itu saja sekilas mengenai materi wawancara bahasa sunda, sedangkan untuk contoh-contoh wawancaranya saya rasa cukup banyak kok yang sudah dituliskan di blog basasunda.com, semoga bermanfaat dan terimakasih atas waktunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *