Contoh Wawancara Bahasa Sunda Tentang Pendidikan Sekolah Kita!

Contoh Wawancara Bahasa Sunda Tentang Pendidikan – Dunia pendidikan erat sekali kaitannya dengan kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Bagi sebagian siswa proses kegiatan ini terkadang sering dianggap tidak selamanya menyenangkan. Alhasil, banyak sekali kita temukan siswa yang malas dan bahkan bolos sekolah.

Alasan dan masalah mereka tidak masuk sekolah pun tentunya beraneka macam, salah satunya ada yang menganggap bahwa kegiatan ini kurang begitu menyenangkan, hingga membuat malas bahkan untuk pergi ke sekolah.

Baca juga: Contoh Wawancara Dengan Guru Tentang Budaya, Bahasa Sunda

Nah, dalam dialog wawancara bahasa sunda kali ini, basasunda.com akan menuliskan sebuah contoh wawancara tentang atau seputar pendidikan sekolah, wawancara ini bertujuan untuk mencari sebuah informasi bagaimana cara menjadikan kegiatan proses belajar mengajar disekolah ini bisa menyenangkan.

Dunia pendidikan

dialog wawancara bahasa sunda seputar pendidikan sekolah

@images by armaininurjali.com

Di dalam dunia pendidikan, selain untuk belajar memang bertujuan juga agar para siswanya memiliki kehidupan yang menyenangkan, seimbang, dan tidak membosankan, sabab kehidupan menyenangkan tidak cukup hanya dengan ilmu pengetahuan, tetapi juga harus ada dasarnya seperti kecerdasan, kesehatan, percaya diri, pemikiran, dan keterampilan atau skill.

Mengatasi hal masalah yang berkaitan tentang pendidikan, seorang anak akan merasa jenuh jika tidak bisa membagi waktu antara belajar dan bermainnya, seperti yang dilansir oleh program Akademisi dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Guru besar bidang Ilmu manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini, Rhenald Kasali juga pernah mengatakan bahwa pendidikan harus menjadi dunia yang menyenangkan bagi anak-anak agar mereka tidak merasa bosan.

Contoh Wawancara Bahasa Sunda Tentang Pendidikan Sekolah Agar Menjadi Tempat yang Menyenangkan

Contoh awancara bahasa sunda tentang pendidikan sekolah yang menjadi tempat menyenangkan

Nah, Berikut adalah sebuah dialog wawancara bahasa sunda yang membahas mengenai pendidikan sekolah, yang memang harus menjadi tempat yang menyenangkan dan disukai oleh siswa di sekolah, teks wawancara ini juga bisa kamu gunakan bersama dengan teman sebangku kamu.

Narasumber:
Pewawancara:
Tema: Pendidikan Sekolah

Pendidikan Sakola kudu jadi Tempat anu di Pikareuseup ku Siswa

Nu nanya: “Assalamualaikum, punten? Tiasa abdi nyuhunkeun waktosna sakedap kanggo ngawawancara ngenaan kana kagiatan pendidikan sakola?”

Narasumber: “Wa’alaikum salam, mangga tiasa.”

Nu nanya: “Kumaha carana supaya kagiatan pendidikan di indonesia téh bisa dipikareuseup ku barudak atanapi siswa di sakola?”

Narasumber: “Kagiatan pendidikan di sakola kudu bisa jadi dunya anu dipikareuseup ku siswa. Ku kituna, maranéhana bisa ngarasa bingah pikeun datang ka sakola sareng ngarasakeun kagiatan belajar anu tumaninah, kaasup narima materi pelajaran nu di dibimbing ku guruna.”

Nu nanya: “Kunaon sakola kudu jadi tempat anu dipikareseup ku siswa?”

Narasumber: “Supaya kagiatan proses diajar tiasa mikin ngabingahkeun, sabab satiap siswa tangtuna miboga masalah sewang-sewangan nu aya patalina sareng kagiatan belajar.”

Nu nanya: “Terus kumaha carana nungkulan siswa nu boga masalah dina kagiatan pendidikan di sakola?”

Narasumber: “Jadi lamun siswa ngalaman masalah nu aya patalina sareng dunya pendidikan, mangka para guru katut orang tua siswa, kudu gancang masihan titénan pikeun milarian solusina.”

Nu nanya: “Salain cara kasebat apa aya cara anu sanésna deui?’

Narasumber: “Aya, nyaéta urang bisa ngamangpaatkeun teknologi pikeun ngabantosanana. Contona nyaéta hp smarphone (ponsel), misalna dina proses belajar urang bisa ngagunakeun teknologi keur ngatasan masalah pendidikan, misalna ngabantosan PR atanapi pancen di sakola, jeung sajabana sacara wicaksana.”

Nu nanya: “Terus kumaha supaya siswa teu gampil kena masalah jeung proses kagiatan belajar di sakola teu ngabosenkeun?”

Narasumber: “Ku kituna, sadaya jalmi anu kalibét dina dunya pendidikan kudu saling ngingetkeun supaya siswa teu ngan ukur haben kana belajar, tapi maranehana oge butuh ulin. Mung kitu, siswa moboga kahirupan anu di pikareseupeun, saimbang, jeung proses belajar henteu ngabosenkeun, sabab kahirupan anu dipikareseup mah lain ngan ukur neangan élmu hungkul.”

Nu nanya: “Terus kumaha pangharepan dina kagiatan pendidikan sakola ka kapayunna?”

Narasumber: “Para siswa dipikahareup bisa nyiapkeun diri pikeun ngalakukeun inovasi supaya lulus sakola engkéna jeung asup kana dunya pagawean, maranéhana bisa nyaluyukeun kana kaayaan lingkungan anyar di sabudereunana dimangsa ka hareup.”

Nu nanya: “Rupina cekap sakitu wawancarana, hatur nuhun kana informasina. Wassalamualaik wr, wb.”

Narasumber: “Muhun sami-sami. Wa’alaikum salam wr, wb.”

Nah, demikianlah seputar informasi dunia pendidikan yang dapat saya jadikan menjadi sebuah dialog wawancara pada kesempatan kali ini, sekian artikel mengenai contoh wawancara bahasa sunda seputar tentang pendidikan.

Semoga bisa bermanfaat untuk referensi tugas wawancara mu disekolah. Jangan lupa baca juga artikel rekomendasi lainnya ya?

Baca juga: Contoh Wawancara Bahasa Sunda Tentang Cita-Cita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *