Daftar Nama Tokoh Wayang Terkenal Dalam Cerita Pewayangan

Nama-nama tokoh dalam cerita pertunjukan wayang atau pewayangan dalam bentuk karya tertulis sebenarnya ada banyak sekali jumlahnya. Cerita wayang pada dasarnya adalah cerita tentang dewa-dewa, seperti yang bernama Hyang Manikmaya atau Betara Guru dan Hyang Ismaya atau Semar, salah satu contohnya seperti pada lakon wayang pandawa lima.

Baca juga: Ringkasan Perang Baratayuda Cerita Antara Pandawa Lima dengan Kurawa

Tokoh wayang sudah sudah diturunkan dalam lebih dari 2 generasi serta telah dipentaskan oleh banyak dalang, baik dalam cerita wayang golek, wayang kulit dan wayang orang. Berikut adalah daftar nama-nama tokoh wayang selengkapnya.

Daftar Nama Tokoh Punakawan

Tokoh Wayang Yang Terkenal Dalam Cerita Pewayangan

Punakawan adalah sebutan umum untuk para pengikut kesatria dalam khasanah kesusastraan Indonesia, terutama di tanah Jawa. Para panakawan ditampilkan dalam pementasan wayang kulit, wayang golek, ataupun wayang orang sebagai kelompok penebar humor untuk mencairkan suasana.

Tokoh Punakawan dalam cerita wayang golek di jawa barat

1. Semar Badranaya
2. Cepot (Astra jingga)
3. Dawala
4. Gareng

Tokoh Punakawan yang ada di Jawa Tengah

1. Semar
2. Gareng
3. Petruk
4. Bagong

Tokoh punakawan dalam cerita wayang di Bali

1. Tualen
2. Merdah
3. Sangut
4. Delem

Tokoh punakawan untuk wayang versi Banyumas, Jawa Tengah.

1. Semar
2. Gareng
3. Petruk
4. Bawor

4 Tokoh yang Berperan sebagai Pelengkap Punakawan

1. Togog
2. Bilung
3. Limbuk
4. Cangik

Nama Tokoh Terkenal Dalam Cerita Wayang Ramayana

Rahwana
Rama
Shinta
Hanoman
Anjani
Bharata

Tokoh Wayang Yang Terkenal Dalam Cerita Mahabharata

Arjuna
Abimayu
Bima
Gatot kaca
Kresna
Nakula
Pandu
Sadewa
Yudhistira
Antasena

Indeks
  1. Daftar Nama Tokoh Punakawan
  2. Nama Tokoh Terkenal Dalam Cerita Wayang Ramayana
  3. Tokoh Wayang Yang Terkenal Dalam Cerita Mahabharata
  • SiFat Dan WaTak Dari Tokoh Pewayangan (Wayang)
  • SiFat Dan WaTak Dari Tokoh Pewayangan (Wayang)

    Tokoh Wayang (Pewayangan) Beserta Sifat dan Wataknya

    Dibawah ini adalah beberapa daftar dari nama-nama tokoh wayang atau pewayangan yang termuat dalam sebuah karya sastra yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi tentang pertunjukan wayang, berikut daftar nama tokoh wayang yang sudah dikumpulkan.

    1. ABIMANYU

    ABIMANYU merupakan putra Arjuna, yang merupakan salah satu tokoh dari 5 satria Pandawa dengan Dewi Sumbadra, putri Prabu Basudewa, raja Negara Mandura dengan Dewi Badrahini. Abimanyu mempunyai 13 orang saudara lain ibu, yaitu Sumitra, Bratalaras, Bambang, Irawan, Kumaladewa, Kumalasakti, Wisanggeni, Wilungangga, Endang Pregiwa, Endang Pregiwati, Prabakusuma, Wijanarka, Anantadewa dan Bambang Sumbada.

    2. ABIYASA

    ABIYASA merupakan putra Resi Palasara dari pertapaan Retawu dengan Dewi Durgandini, putri Prabu Basuketi, raja Wirata. Abiyasa memiliki sifat serta perwatakan yang pandai, sangat cerdas, arif serta bijaksana, alim, soleh, dan berwibawa. Abiyasa dikenal juga dengan dengan sebutan Resi Wiyasa dalam  dalam cerita Mahabharata.

    3. DIMANGGALA

    ARYA ADIMANGGALA konon merupakan putra Arya Ugrasena dengan Ken Yasida, yang merupakan seorang swarawati keraton Mandura. Setelah Ken Yasida dikawinkan dengan Antagopa, seorang gembala yang menetap di padepokan Widarakandang sebingga ia dianggap sebagai putra dari Ken Yadisa atau Ken Sagupi dengan Demang Antagopa.

    4. AMBA

    DEWI AMBA merupakan putri sulung dari tiga bersaudara, putri Prabu Darmahumbara, raja negara Giyantipura dengan permaisuri Dewi Swargandini. Kedua adik kandung Dewi Amba bernama Dewi Ambika atau Ambalika serta Dewi Ambiki atau Ambaliki.

    5. AMBALIKA

    DEWI AMBALIKA atau Dewi Ambiki merupakan putri bungsu dari 3 bersaudara hasil perkawinan dari putri Prabu Darmahambara, raja negara Giyantipura dengan permaisuri dewi Swargandini. Kedua saudara kandungnya adalah Dewi Amba dan Dewi Ambika.

    6. ANGGADA

    ANGGADA adalah seorang tokoh yang berwujud kera berbulu merah, tetapi dapat berbicara dan sangat beradat istiadat seperti layaknya manusia. Anggada merupakan putra Resi Subali dari pertapaan Sunyapringga dengan Dewi Tara, putri sulung Bathara Indra dengan Dewi Wiyati. Ia berwatak gagah perkasa dan sangat sakti, pemberani, cerdik, pandai, tangkas dan juga pemarah.

    7. ANGGISRANA

    ANGGISRANA merupakan tokoh kepala barisan raksasa dari negara Awangga pada masa pemerintahan Prabu Kalakarna. Anggisrana berwujud raksasa dengan gigi tonggos, berpangkat tumenggung. Anggrisrana memiliki sifat pemberani, tangkas, banyak tingkah serta pandai bicara. Namun selain itu dia juga kejam, serakah, selalu menurutkan kata hati dan mau menang sendiri.

    8. ANGGRINI

    DEWI ANGGRINI merupakan istri Prabu Ekalaya yang merupakan raja negara Paranggelung. Ia berparas cantik sebab merupakan putri bidadari Warsiki. Dewi Anggraini memiliki sifat setia, murah hati, baik budi, sabar, sopan santun, serta sangat berbakti terhadap suami.

    9. ANILA

    Dalam dunia pewayangan Anila merupakan tokoh yang berwujud wanara atau kera yang berbulu biru tua. Kalau berjalan sangat cepat sekali bagaikan angin. Ia merupakan salah satu senopati perang bala tentara kera dari kerajaan Kiskenda di bawah pimpinan Prabu Sugriwa.

    10. ANJANI

    DEWI ANJANI merupakan putri sulung Resi Gotama, brahmana dari pertapaan Erraya, dengan Dewi Indradi yang merupakan bidadari keturunan Bathara Asmara. Dewi Anjani memiliki 2 orang saudara kandung yang bernama Subali dan Sugriwa. Dalam pewayangan Dewi Anjani digambarkan sebagai tokoh yang berparas sangat cantik serta menarik hati.

    11. HANOMAN

    ANOMAN atau HANOMAN salah satu tokoh yang berwujud kera putih, akan tetapi dapat berbicara serta berada istiadat seperti layaknya manusia. Hanoman juga dikenal dengan nama lain seperti Anjaniputra (putra Dewi Anjani), Bayudara (putra Bathara Bayu), Bayusiwi, Guruputra (putra Bathara Guru), Handayapati (mempunyai kekuatan yang sangat besar), Yudawisma (panglima perang), Haruta (angin), Maruti, dan Palwagaseta (kera putih).

    12. ANTABOGA

    Sang Hyang Nagasesa atau Sang Hyang Anantaboga merupakan dewa penguasa dasar bumi. Tokoh ini diceritakan beristana di Kahyangan Saptapratala, atau lapisan ke 7 dasar bumi.

    13. ANTAGOPA

    ANTAGOPA merupakab anak Buyut Gupala, yakni seseorang yang memelihara kebuyutan Widarakanda (Jawa) pada jaman Prabu Basukunti di negara Mandura. Sejak kecil ia menjadi seorang gembala binatang, ia dapat juga menggembala manusia. Didalam tokoh wayang Antagopa memiliki sikap hidup yang sederhana, setia, jujur serta patuh pada perintahan.

    14. ANANTAREJA

    ANANTAREJA merupakan putera dari Bima, yakni salah satu dari 5 satria Pandawa. Ia mempunyai 2 orang saudara lelaki lain ibu yang bernama Raden Gatotkaca, putra Bima dengan Dewi Arimbi, serta Arya Anantasena, putra Bima dengan Dewi Urangayu.

    15. ANTASENA

    ANTASENA merupakan Putra dari Bima, yang juga merupakan salah satu dari lima satria Pandawa. Ia memiliki 2 orang saudara seayah namun lain ibu yang bernama Antareja, dan Gatot kaca.

    16. ARIMBA

    ARIMBA atau Hidimba adalah putra sulung Prabu Arimbaka, raja raksasa dari negara Pringgandani dengan Dewi Hadimba. Ia mempunyai 7 orang adik kandung yang bernama Dewi Arimbi, Arya Prabakesa, Brajadenta, Brajamusti, Brajalamatan, Brajawikalpa, dan Kalabendana.

    17. ARIMBI

    DEWI ARIMBI atau Hidimbi merupakan putri kedua dari Prabu Arimbaka, raja raksasa dari negara Pringgandani, dengan Dewi Hadimba. Ia memiliki 7 orang saudara kandung yang bernama Arimba, Arya Prabakesa, Brajadenta, Brajamusti, Brajalamatan, Brajawikalpa dan Kalabendana.

    18. ARIMUKA

    DETYA ARIMUKA adalah seorang senopati perang dari negara Giyanti pura dalam masa pemerintahan Prabu Darma hambara. Menurut cerita, tokoh Arimuka tercipta dari ari-ari Prabu Darmahambara yang karena daya kesaktian brahmana Pasurama yang berubah wujud menjadi raksasa.

    19. ARJUNA

    ARJUNA merupakan tokoh dari putra Prabu Pandu Dewanata, raja negara Astinapura dengan Dewi Kunti. Arjuna merupakan anak ke-3 dari lima bersaudara satu ayah, yang dikenal dengan nama Pandawa. Dua saudara satu ibu, bernama Punta dewa dan Bima, sedangkan dua saudara lain ibu, yakni putra Pandu yakni Nakula dan Sadewa.

    20. ARJUNASASRA

    PRABU ARJUNASASRA dalam cerita dikisahkan, bahwa saat mudanya bernama Arjunawijaya, yakni putra Prabu Kartawirya raja negara Maespati dengan permaisuri Dewi Hagnyawati. Prabu Arjunasasra dipercaya sebagai raja penjelmaan Bathara Wisnu, yang dapat berubah menjadi Brahala sewu, raksasa sebesar bukit, berkepala seratus, bertangan seribu yang semuanya memegang berbagai macam senjata.

    21. ASMARA

    SANGHYANG ASMARA merupakan Dewa Kasih Sayang yang diberi tugas untuk mendamaikan suami dan istri yang sedang menghadapi permasalahan seperti jauh dari kebahagiaan, sehingga menjadi pasangan yang penuh dengan cinta kasih, setia dan penuh bahagia. SANGHYANG ASMARA ditokohkan berparas sangat tampan dan tingkah lakunya sangat menarik perhatian.

    22. ASWANI KUMBA

    Ditya ASWANI KUMBA merupakan putra kedua Arya Kumbakarna dengan Dewi Aswani. Ia memiliki kakak kandung yang bernama Kumba-Kumba. Aswani kumba tinggal bersama dengan orang tuanya disebuah negara Leburgangsa, wilayah negara Alengka.

    Dalam cerita wayang ASWANI KUMBA ditokohkan sebagai seseorang yang memiliki sifat dan watak sangat sakti, pemberani, jujur, setia dan sangat atuh.

    23. ASWATAMA

    BAMBANG ASWATAMA berambut dan bertelapak kaki kuda, karena ketika mengandung dirinya, konon Dewi Krepi sedang beralih rupa menjadi kuda Sembrani, dalam upaya menolong Bambang Kumbayana yang terbang menyeberangi lautan.

    24. BADRAHINI

    DEWI BADRAHINI merupakan seorang hapsari dari keturunan Bathara Bramana yang turun dari Sanghyang Taya, Dalam cerita disebutkan bahwa Dewi Badrahini menjadi istri ke-3 dari Prabu Basudewa, raja negara Mandura.

    25. BAGASPATI

    BAGAWAN BAGASPATI dalam kisah diceritakan saat mudanya bernama Bambang Anggana Putra, yang merupakan putra Resi Jaladara dari Pertapaan Dewasana dengan Dewi Anggini, keturunan Prabu Citragada dari raja negara Magada.

    26. B A G O N G

    Tokoh BAGONG konon awal mulanya terjadi dari bayangan Sanghyang Ismaya atas sabda Sanghyang Tunggal, ayahnya. Ketika Sanghyang Ismaya akan turun ke Arcapada, ia mohon kepada ayahnya meminta seorang kawan untuk menemaninya.

    27. BALADEWA

    PRABU BALADEWA yang waktu mudanya bernama Kakrasana, merupakan putra Prabu Basu dewa dari raja negara Mandura dengan permaisuri Dewi Mahendra.

    28. BANAPUTRA

    PRABU BANAPUTRA merupakan raja dari negara Ayodya. Banaputra adalah putra Prabu Dadi dengan permaisuri. Dewi Renggani, yang merupakan seorang bidadari keturunan Sanghyang Triarta, putra Sanghyang Darmayaka.

    29. BANJARANJALI

    Tokoh BANJARANJALI merupakan putra PrabuHiranyakasipu, yakni raja pertama dari negara Alengka dengan permaisuri Dewi Nariti, putri Prabu Nasa raja negara Banapura.

    30. BANOWATI

    Tokoh DEWI BANOWATI merupakan putri dari Prabu Salya, raja negara Mandaraka dengan permaisuri Dewi Pujawati yang merupakan putri tunggal Bagawan Bagaspati dari pertapaan Arga belah.

    31. BARATA

    BARATA dalam tokoh wayang bermula dalam cerita Ramayana, Brata adalah putra Prabu Dasarata, raja negara Ayodya dengan permaisuri ketiga Dewi Kekayi, putri Prabu Kekaya raja negara Padnapura.

    32. BARATMADYA

    Tokoh RESI BARATMADYA merupakan putra dari Resi Maruta di Harga jembangan, jasirah Atasangin. Ia masih keturunan ke-5 dari Sanghyang Brahma dengan permaisuri Dewi Saci.

    33. BARUNA

    Tokoh BATHARA BARUNA sering disebut juga dengan nama Bathara Waruna, merupakan sosok yang berwujud Dewa berwajah ikan dan seluruh badannya bersisik ikan, itu sebabnya Bathara Baruna dapat hidup di air dan di darat.

    34. BASUDEWA

    Tokoh PRABU BASUDEWA merupakan putra sulung dari Prabu Basukunti, raja negara Mandura dengan permaisuri Dewi Dayita, putri Prabu Kunti, raja Boja.

    35. BATHARA BASUKI

    BATHARA BASUKI dikenal pula dengan nama Bathara Wasu, diceritakan tokoh yang memiliki sosok yang berwujud ular putih, Ia adalah putra Bathara Wismanu, keturunan dari Sanghyang Taya, adik Sanghyang Wenang.

    36. PRABU BASUKUNTI

    PRABU BASUKUNTI saat muda bernama Suradewa, merupakan putera sulung dari Prabu Wasukunteya, raja Negara Mandura dengan permaisuri Dewi Sungganawati.

    37. BASUPATI

    PRABU BASUPATI atau tokoh ini juga dikenal dengan sebutan Prabu Basuparicara (Mahabharata). Basupati Putra Bathara Srinada, raja negara Wirata yang pertama dengan permaisuri Dewi Bramaniyuta, Putri Bathara Brahma.

    38. BAYU

    SANGHYANG BAYU, dalam tokoh pewayangan juga sering disebut Hyang Pawaka (angin). Merupakan tokoh Dewa yang melambangkan kekuatan.

    39. BHISMA (DEWA BRATA)

    Didalam cerita Dewa Brata memiliki ajian yang sakti yang membuatnya hidup lebih lama. Sebab, ia mewarisi Ajian sakti dari ayahnya, dimana dengan ajian tersebut dapat membuatnya menjalani hidup di dunia sangat lama. Sesuai takdir dewata, Bhisma berumur sangat panjang.

    40. BILUNG

    Bilung adalah seorang tokoh raksasa kecil yang bersahabat dengan Togog, mereka selalu berdua kemapun pergi. Setiap bertemu dengan Petruk selalu menantang berkelahi & mengeluarkan suara kukuruyuk seperti ayam jago.

    Dalam tokoh pewayangan Bilung berperan menjadi Punakawan yang berpihak kepada musuh, biasanya Bilung akan memberi masukan yang baik kepada majikannya, tetapi bila tidak didengarkan, dia akan berbalik memberi berbagai masukan yang buruk.

    41. BOGADENTA

    BOGADATTA atau Bogadenta merupakan putra dari Prabu Drestarasta, yakni raja negara Astina dengan permaisuri Dewi Gandari, putri Prabu Gandara dengan Dewi Gandini dari negara Gandaradesa.

    42. BOMANTARA

    PRABU BOMANTARA adalah raja negara Trajutisna. Prabu Bomantara masih keturunan dari Bathara Kalayuwana, putra Bathara Kala dengan Bathari Durga Pramuni dari kahyangan Setragandamayit.

    43. BRAHMA

    SANGHYANG BRAHMA atau Brama adalah putra kedua Sanghyang Manikmaya, raja Tribuana dengan permaisuri pertama yakni Dewi Umayi.

    44. BRAJADENTA

    BRAJADENTA merupakan putra ke-3 dari Prabu Arimbaka, raja raksasa negara Pringgandani dengan Dewi Hadimba. Brajadenta mempunyai 7 orang saudara kandung.

    45. BRAJALAMATAN

    BRAJALAMATAN merupakan putra ke-6 Prabu Arimbaka, raja raksasa negara Pringgandani dengan Dewi Hadimba. Brajalamtan juga memiliki 7 orang saudara kandung.

    46. BRAJAMUSTI

    BRAJAMUSTI adalah putra ke-5 dari Prabu Arimbaka, raja raksasa negara Pringgandani dengan Dewi Hadimba. Brajamusti mempunyai tujuh orang saudara kandung.

    47. BRATALARAS

    BAMBANG BRATALARAS merupakan putra Arjuna yang merupakan salah satu dari tokoh dari ke-5 satria Pandawa, putra Prabu Pandu, raja negara Astina dengan Dewi Kunti, putri Mandura.

    Demikianlah beberapa daftar dari nama-nama tokoh wayang atau pewayangan. Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan nama-nama dari tokoh pewayangan yang sudah disebutkan diatas, karena tokoh-tokoh ini sering di bawakan dalam pertunjukan wayang kulit maupun kesenian wayang golek.